Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Ekonomi Islam

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Ambil Peran dalam Pembangunan Ekonomi, Keuangan,dan Perbankan Syariah

Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) FIAI UII merupakan Prodi Ekonomi Islam pertama di Indonesia yang mendapatkan izin operasional dari Departemen Agama RI pada tahun 2003. Lulusan PSEI FIAI UII berpeluang menjadi akademisi, praktisi professional, pelaku usaha dan peneliti muda di bidang keuangan dan perbankan Islam, keuangan publik Islam dan Bisnis Islam. Desain pembelajaran dilaksanakan dengan pemanfaatan IT dalam suasana menyenangkan serta penekanan pada pembelajaran aktif sehingga terwujud  suasana akademik yang kondusif.

Dosen pengajar PSEI FIAI UII terdiri dari akademisi, praktisi, dan wirausahawan yang memiliki kualifikasi akademik yang diperoleh dari universitas yang terakreditasi, baik dari dalam maupun luar negeri yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

Upaya dalam membentuk kompetensi yang sesuai kebutuhan dan standar dunia kerja baik internal dan eksternal termasuk tuntutan pasar kerja, PSEI FIAI UII dilengkapi dengan Pusat Kajian dan Konsultasi Ekonomi Islam (PK2EI), laboratorium Bank Mini dan Laboratorium Pasar Modal Syariah (Galeri Investasi Syariah) yang pertama di Indonesia. Selain itu, kerjasama dengan beberapa lembaga keuangan syariah, perusahaan dan instansi pendidikan baik didalam maupun luar negeri, memungkinkan mahasiswa untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja melalui skema praktek kerja lapangan baik didalam maupun luar negeri.

Lulusan PSEI FIAI UII dapat berkarir di lembaga pendidikan, Lembaga pemerintah, maupun di industri keuangan syariah (perbankan syariah, pasar modal syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, koperasi syariah, OJK, serta DPLK Syariah), Lembaga Keuangan Publik (Dirjen Pajak, Organisasi Pengelola Zakat, NGO, dll)  serta Industri bisnis halal (Industri Pangan, Pariwisata, Hotel Syariah, Modest Muslim Fashion, UMKM, Media, Kosmetik, dan Agrikultur).

Peluang Karir

Perkembangan dunia usaha dan industri yang berbasis syariah masih sangat terbuka luas, seiring dengan munculnya tren produk syariah dalam berbagai bidang usaha dan industri, baik bidang perbankan syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, hotel syariah, bisnis syariah, DPLK Syariah, dan lain-lain. Belum lagi peluang kerja di sektor publik Islam yang potensi dananya juga luar biasa besar. Bahkan proyeksi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dalam berbagai bidang ekonomi Islam hingga 10 tahun ke depan mencapai 547.800 orang. Di sinilah posisi strategis PSEI dalam melahirkan SDM Ekonomi Islam. Lulusan PSEI berpeluang menjadi praktisi profesional di bidang keuangan dan perbankan Islam dan keuangan publik Islam, pelaku usaha dan peneliti muda.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123