Universitas Islam Indonesia

Fakultas Hukum

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Pendidikan Hukum bagi Calon Advokat Profesional Berintegritas

Program Studi Hukum Program Sarjana FH UII memiliki kurikulum yang didesain untuk menghasilkan Sarjana Hukum yang berintegritas dan professional berdasarkan nilai-nilai keislaman, kebangsaan, kemandirian, dan keuniversalan yang siap berperan sebagai praktisi hukum, akademisi, dan pegiat masyarakat. Selain mendapat peringkat A reakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (2018), Prodi Hukum ini juga telah dinobatkan sebagai Program Studi Hukum Jenjang Sarjana dari Perguruan Tinggi Swasta pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi internasional dari ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2019 dengan peredikat Better then Adequate. Prodi ini juga memiliki Program Internasional yang dibuka sejak tahun 2001 dan telah menerima mahasiswa asing untuk mendalami ilmu hukum khususnya terkait hukum positif di Indonesia dan hukum islam.

Dengan berbekal kerjasama yang luas, Prodi Hukum UII menawarkan banyak kegiatan akademik dan non-akademik baik skala nasional maupun internasional kepada mahasiswanya. Sejalan dengan ini, Program Studi Hukum Program Sarjana memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti mobilitas internasional khususnya outbond mobility dalam bentuk Program Kredit Transfer maupun Program Double Degree. Dalam Program Kredit Transfer, mahasiswa berkesempatan untuk belajar selama 1 semester di Youngsan University atau Islamic International University of Malaysia. Mata kuliah yang diambil selama satu semester disana dapat di transfer ke UII setelah kembali pulang ke Indonesia. Sedangkan Program Double Degree merupakan program gelar ganda dimana mahasiswa akan belajar di UII selama 2 tahun dan di Youngsan University selama 2 tahun (2+2) dan setelah lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (SH) dan Bachelor of Law (LLB). Saat ini penjajakan program gelar ganda juga sedang dilakukan dengan University of Coventry di Inggris.

Lulusan Prodi Hukum Program Sarjana FH UII telah menyebar di berbagai profesi bidang hukum baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Diantara alumni yang dikenal kontribusinya dalam membangun negeri seperti: Prof. Dr. Moh. Mahfud, MD, S.H., S.U. (Menko Polhukam RI); Dr. Artidjo Alkotsar, S.H., M.H. (Mantan Hakim Agung RI); Dr. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum. (Mantan Ketua KPK); Dr. Salman Luthan, S.H., M.H. (Hakim Agung RI); Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si. (Mantan Ketua Komisi Yudisial RI).

Pendaftaran&Seleksi

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo