Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Fakultas Kedokteran

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Dokter Bintang Lima Plus dari Universitas Islam Indonesia

Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK UII berdiri pada tahun 2001, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 368/DIKTI/Kep/2001 dan telah memperoleh peringkat Akreditasi A, sesuai dengan SK LAM-PTKes (Decree) No. : 0006/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2017. PSPD FK UII sejak pertama kali berdiri sudah menyelenggarakan metode pembelajaran dengan sistem problem based learning dan pendekatan SPICES (student-centered, problem-based, integrated, community-based, elective, dan systematic).

Kurikulum di PSPD FK UII menggunakan kurikulum berbasis kompetensi sesuai rekomendasi Dikti dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) serta telah disesuaikan dengan KKNI dan SNPTI. Kurikulum juga terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dalam proses pendidikan yang merupakan keunggulan untuk mencetak dokter muslim dan mewujudkan visi rahmatan lil’alamin. Tujuan PSPD FK UII adalah sebagai berikut:

  • Mendidik dokter yang profesional, beramal ilmiah dan berilmu amaliah, ber-akhlakul karimah;

  • Mendidik dokter yang mampu berperan sebagai care provider, community leader, decision maker, manager, dan communicator

  • Mendidik dokter yang mampu memberikan pelayanan sebagai primary care doctor melalui pendekatan dokter muslim.

Pendidikan di Program Studi Pendidikan Dokter FK UII terdiri dari dua tahapan yaitu tahap pendidikan Sarjana Kedokteran (S.Ked) dengan satuan kredit semester total yang harus ditempuh sebanyak 148 SKS dan dilanjutkan tahap Pendidikan Klinik sebanyak 43 SKS. Kurikulum pendidikan klinik di PSPD FK UII diimplementasikan dalam 13 stase. Kegiatan belajar pada tahap pendidikan klinik meliputi Bed Side Teaching (BST), tutorial klinik, journal reading, manajemen kasus dan refleksi kasus.

Proses pembelajaran FK UII dilaksanakan di Kampus Terpadu UII dan di beberapa rumah sakit mitra pendidikan dan puskesmas yang tersebar di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Setelah menyelesaikan tahap pendidikan klinik, sebagai exit exam mahasiswa harus mengikuti uji kompetensi Nasional baik CBT maupun ketrampilan (OSCE). Setelah lulus uji kompetensi Nasional maka mereka berhak mengikuti Sumpah dokter FK UII dan menyandang gelar dokter.

Dalam mendukung proses pembelajaran, PSPD FK UII memiliki berbagai fasilitas yang memadai dan representatif seperti ruang diskusi tutorial, ruang kuliah, perpustakaan lengkap, laboratorium keterampilan medis, OSCE centre, e-learning, layanan informasi online, serta rumah sakit pendidikan utama, afiliasi, dan jejaring.


Peluang Karir

Peluang karier untuk dokter sangat luas. Alumni PSPD FK UII banyak yang telah bekerja di berbagai bidang dan institusi baik sebagai dokter umum, dokter spesialis, dosen, peneliti, PNS, perwira karir TNI, dokter perusahaan. Lulusan dokter dapat meneruskan sekolah lanjut di banyak pilihan sesuai dengan jalur karir yang akan ditempuh.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123