Universitas Islam Indonesia

Farmasi

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Farmasi Klinis-Komunitas dan Pengembangan Sediaan Obat dari Bahan Alam

Program Studi Farmasi (PSF) UII berdiri sejak tahun 1998 dan telah terakreditasi A dari LAM-PTKes Indonesia. PSF UII telah menghasilkan ribuan lulusan yang berkarya di berbagai bidang kefarmasian seperti apotek, rumah sakit, industri farmasi, maupun balai/badan pengawasan obat dan makanan. Keunggulan spesifik yang ditanamkan pada mahasiswa PSF UII adalah dalam bidang pelayanan kefarmasian dan teknologi farmasi. Mulai tahun akademik 209/2020 PSF UII telah membuka kelas khusus dengan pengantar Bahasa Inggris dan mulai tahun akademik 2021/2022 secara resmi membuka kelas untuk program internasional (IP).

Mahasiswa PSF UII disiapkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan profesi apoteker yang juga sudah berdiri di UII sejak tahun 2002 dan terakreditasi A dari LAMPTKes. Kurikulum PSF UII disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan kompetensi apoteker nasional yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan naskah akademik Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia. PSF UII didukung oleh staf pengajar yang berpengalaman dengan hampir 40% memiliki kualifikasi pendidikan S3 dan hampir 100% memiliki sertifikat pendidik.

Fasilitas penunjang pembejaran di PSF sangat memadai untuk mendukung penanaman keunggulan seperti laboratorium Mini Teaching Hospital dan OSCE centre untuk mendukung keunggulan dalam bidang pelayanan kefarmasian serta laboratorium teknologi farmasi dan Nanopharmacy Research Centre untuk mendukung keunggulan di bidang teknologi farmasi. Dukungan untuk exposure mahasiswa terhadap lingkungan global sangat memadai melalui kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri seperti International Islamic University of Malaysia, University Sains Malaysia, serta University of Wolverhampton – United Kingdom.

Peluang Karir

Lulusan pendidikan farmasi adalah seorang farmasis yang bergelar S.Farm., Apt., sehingga setelah menyelesaikan program studi S1 Farmasi, mereka akan meneruskan studinya pada Program Profesi Apoteker. UII memiliki Program Profesi Apoteker yang berdiri pada tahun 2002. Karir lulusan pendidikan farmasi memiliki peluang untuk menempati bidang pekerjaan di berbagai sarana kefarmasian seperti apotek, rumah sakit dan puskesmas. Selain itu, lulusan pendidikan farmasi juga dapat melaksanakan pengabdian profesi kefarmasian dengan bekerja di lembaga pemerintahan (BPOM dan Dinas Kesehatan), berbagai jenis industri meliputi industri obat, makanan, jamu, obat herbal dan kosmetik, di lembaga penelitian, laboratorium klinis, laboratorium pengujian mutu, lembaga informasi obat, badan asuransi kesehatan serta dapat berkiprah di bidang pendidikan sebagai akademisi di perguruan tinggi.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo