Universitas Islam Indonesia

Informatika

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Mempersiapkan Para Profesional Teknologi Informasi Yang Mumpuni dan Berwatak Mulia

Program Studi Informatika UII (terakreditasi “A”) berkomitmen mendidik mahasiswanya menjadi profesional pemungkin solusi Teknologi Informasi (TI) dengan kualitas pribadi sebagai pemimpin berbasis nilai, entrepreneur, pembelajar sepanjang hayat, dan penebar manfaat. Dalam tiga tahun pertama, mahasiswa mengembangkan keterampilan dirinya agar mumpuni sebagai analis sistem, desainer sistem, dan pengembang solusi TI. Pada tahun keempat, mahasiswa menempuh satu jalur studi: penelitian, pengabdian kepada masyarakat, perintisan bisnis, magang, atau kuliah di luar negeri.

Kurikulum 2020 mengimplementasikan sepenuhnya Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran di luar program studi, baik di dalam maupun di luar UII, termasuk kuliah di luar negeri. Program Studi telah menjalin kemitraan dengan sejumlah universitas luar negeri pada berbagai aktivitas. Informasi rinci di bagian Mobilitas Global.

Mahasiswa dapat mengikuti program akselerasi studi program sarjana dan magister dalam 5 tahun. Bidang kompetensi unggulan program sarjana adalah informatika teori dan sistem cerdas, sains data, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, jaringan dan keamanan komputer, multimedia dan visi komputer, serta informatika medis. Pada program magister, kompetensi tersebut akan diorientasikan pada bidang aplikasi: Sains Data, Sistem Informasi Enterprise, Forensika Digital, dan Informatika Medis. Program Studi didukung dengan Lab. Pemrograman Dasar, Lab. Pemrograman Lanjut, Lab. Data dan Komunikasi, dan Lab. Riset, serta pusat pelatihan IT Centrum dengan sertifikasi keahlian internasional dari Cisco, Oracle, dan EC-Council.

Belajar Informatika di International Program

Program Studi Informatika UII juga menawarkan International Program (IP), yakni kelas internasional di mana proses perkuliahannya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Mahasiswa dipersiapkan secara khusus untuk siap berkarya di tingkat global.

Peluang Karier

Lulusan program studi ini dapat berkarier sebagai analis, perancang, dan pengembang sistem pada berbagai platform teknologi informasi (web dan mobile). Secara spesifik, lulusan dapat bekerja sebagai web developer, mobile application developer, software engineer, data engineer, data analyst, security analyst, IT project manager, database administrator, network administrator, systems administrator, dan IT consultant pada berbagai lembaga pemerintahan, BUMD, BUMN, perusahaan swasta nasional atau multinasional, maupun wirausahawan startup bidang Teknologi Informasi.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo