Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Magister Farmasi

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Program Studi Farmasi Program Magister (PSFPM) Universitas Islam Indonesia adalah program studi yang didirikan pada tahun 2021 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudaan Republik Indonesia No 110/E/0/2021. Berdirinya PSFPM UII dilatarbekalangi oleh tingginya kebutuhan pasar akan lulusan farmasi dengan kompetensi magister untuk menjadi pendidik, peneliti, pembuat kebijakan di pemerintahan, maupun sebagai praktisi di fasilitas kesehatan atau industri farmasi. Keberadaan PSMF di UII ini akan meningkatkan kualitas kuantitas hasil riset serta luaran riset dibidang farmasi dan semakin melebatkan manfaat untuk masyarakat lebih luas.

Pendidikan di PSFPM dirancang untuk mempersiapkan lulusan magister farmasi yang unggul dalam pengembangan sediaan farmasi, pelayanan kefarmasian, dan pengembangan pendidikan berbasis pemanfaatan maha data yang mendukung pembuatan kebijakan dan peningkatan kualitas layanan di fasilitas kesehatan. Perubahan global dalam era industri 4.0 dan society 5.0 akan menciptakan banyak tantangan. Di bidang kesehatan, penggunaan big data dan internet of things (IoT) telah mengubah sistem pelayanan kesehatan. Penyimpanan data pasien online, prediksi penyakit, distribusi atau cakupan pengobatan, sangat dimungkinkan untuk dilakukan dengan mengolah big data. Oleh karena itu, peranan farmasis maupun peneliti di bidang kesehatan dapat tereduksi oleh aplikasi-aplikasi pintar yang akan segera hadir di masyarakat. Perubahan-perubahan tersebut diantisipasi oleh PSFPM UII dengan menyiapkan lulusan yang bisa mengikuti kemajuan zaman, serta siap berkontribusi dan memberikan kemanfaatan, sesuai dengan profil lulusan yaitu PRIME (Practitioner, Researcher and Life Long Learner, Islamic Behaviour and International Orientation, Manager and Entrepreneur Educator and Effective Communicator).


Konsentrasi

Konsentrasi pada PSFPM UII didasarkan kepada local genius dan kebutuhan secara nasional maupun internasional. PSFPM memiliki 2 peminatan yaitu farmasi sains dan farmasi klinis.

  1. Farmasi Sains

Fokus penelitian topik unggulan untuk farmasi sains ini meliputi 1). Pengembangan produk halal, nanofarmasetik, dan drug delivery system berbasis pengobatan profetik dan bahan alam serta material maju 2). Pengembangan bahan alam berbasis bukti sebagai terapi herbal untuk penyakit sindroma metabolik seperti diabetes, kanker, dan penyakit infeksi seperti malaria 3). Pengembangan penelitian farmakogenomik dan metabolomik berbasis maha data.

  1. Farmasi Klinis

Fokus pada kemampuan pelayanan farmasi di fasilitas kesehatan dan penelitian di fasilitas kesehatan. Penelitian unggulan meliputi, 1) Optimalisasi terapi 2). Big data untuk pelayanan farmasi 3). Pengembangan riset laboratorium untuk memberikan rekomendasi terbaik pada pelayanan farmasi 4). Farmakokinetik dan farmakogenomik untuk optimalisasi terapi 5). Farmakoekonomi

Pengembangan penelitian pada PSFPM berfokus pada penelitian:

  1. Pengembangan produk halal, nanofarmasetik, dan drug delivery system berbasis pengobatan profetik dan bahan alam serta material maju

  2. Pengembangan bahan alam berbasis bukti sebagai terapi herbal untuk penyakit sindroma metabolik seperti diabetes, kanker, dan penyakit infeksi seperti malaria

  3. Pengembangan penelitian farmakogenomik dan metabolomik berbasis maha data

Peluang Karir

Bekal keilmuan dan keterampilan di PSFPM UII memberikan keunggulan dan peluang besar untuk berkarir sebagai dosen di perguruan tinggi, praktisi di fasilitas kesehatan, pemerintahan, dan industris, peneliti di lembaga-lembaga penelitian maupun konsultan dan pembuat kebijakan dibidang farmasi.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123