Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Magister Informatika

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Rekognisi Global Untuk Calon Master Informatika Profesional

Program Studi Magister Informatika (PMTF) UII adalah penyelenggara pendidikan jenjang magister di bidang Teknologi Informasi (TI) yang berada di bawah Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII). PMTF berupaya untuk menjadi program magister rujukan yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Informatika Medis, Sistem Informasi Enterprise, Forensika Digital dan Data Sain. Keempat bidang ini juga yang menjadi 4 (empat) konsentrasi studi yang ditawarkan oleh PMTF. Dengan dukungan jaringan kemitraan yang luas serta berbagai program sertifikasi, PMTF berkomitmen untuk dapat menciptakan lulusan magister teknik informatika yang siap berperan sebagai pengambil keputusan, peneliti dan penyedia solusi teknologi informasi di bidang Informatika Medis, Sistem Informasi Enterprise, Forensika Digital atau Data Sain.

Peluang Karier

Konsentrasi Informatika Medis: Pemimpin di bidang teknologi informasi klinis, pengelola perawatan kesehatan, pengembang teknologi-teknologi baru di bidang medis serta tenaga pendidik di bidang informatika medis.

Konsentrasi Sistem Informasi Enterprise: Pemimpin, pengelola di bidang TI (CIO/CTO), penyedia SDM untuk kepentingan bisnis mulai dari skala kecil (UMKM) hingga perusahaan skala besar (Enterprise), katalisator dan implementator TI, pengembang teknologi informasi (IT Analyst, Designer, Architect)

Konsentrasi Forensika Digital: Auditor atau investigator forensik, auditor keamanan jaringan dan sistem teknologi informasi, konsultan atau staf ahli terkait kejahatan siber baik internal maupun eksternal.

Konsentrasi Sains Data: Konsentrasi Sains Data berfokus pada analisis dan pemodelan data dari berbagai domain keilmuan dan juga data dari dunia praktik seperti industri. Program ini menitikberatkan pada pemahaman yang kuat akan konsep-konsep fundamen seperti Machine Learning, Deep Learning, dan Causal Modeling. Program ini juga memprioritaskan kemampuan teknis aplikatif yang handal. Dengan dua target penciri ini, Konsentrasi Sains Data Magister Informatika UII menargetkan lulusan dengan kemampuan teori dan praktis yang mumpuni untuk berbagai macam profesi, mulai dari akademisi (seperti dosen, peneliti) hingga profesional di dalam dunia industri (seperti data scientist, machine learning engineer, big data administrator). Program ini didukung dengan staf pengajar yang memiliki latar belakang keilmuan dan penelitian yang kuat, serta sederet pengalaman aplikatif di dalam dunia praktik. Selain itu, program ini juga didukung dengan fasilitas komputasi yang terkini, yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan simulasi dan eksplorasi yang mendalam, ketika melakukan analisis dan pemodelan data.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123