Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Magister Kimia

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Rekognisi Global Untuk Calon Master Kimia Profesional

Program Studi Kimia Program Magister (PSMK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Islam Indonesia (FMIPA-UII) adalah program studi yang didirikan pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No.1142/KPT/1/2018. Prodi Magister Kimia menjadi prodi ke 7 dibawah naungan FMIPA UII dan prodi ke 4 dibawah naungan Jurusan Kimia FMIPA UII, selain Prodi S1 Statistika, S1 Kimia, S1 Farmasi, Profesi Apoteker, D3 Analisis Kimia dan S1 Pendidikan Kimia. 

Berdirinya PSMK FMIPA UII dilatarbekalangi oleh tingginya kebutuhan pasar akan lulusan kimia dengan kompetensi magister, seperti sebagai peneliti di lembaga riset swasta maupun pemerintah, konsultan/tenaga ahli di berbagai bidang kimia, dosen/guru, maupun wirausahawan (techno/sciencepreneur) berbasis hasil riset. Selain itu, dengan didirikannya PSMK FMIPA UII akan meningkatkan kualitas hasil riset dan luaran dari Jurusan Kimia FMIPA UII pada khususnya, dan UII pada umumnya.

Pendidikan di PSMK FMIPA UII dirancang untuk mempersiapkan lulusan magister kimia yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang sempurna sehingga dapat menjadi landasan pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian untuk menghadapi tantangan perubahan. Perubahan global dalam era industri 4.0 akan menciptakan banyak tantangan yang berhubungan erat dengan bidang industri, kesehatan, energi, dan lingkungan. Oleh karena itu, lulusan PSMK FMIPA UII didesain agar mampu memberikan kontribusi yang besar pada perubahan global ini untuk kebaikan alam semesta.

Kerjasama yang telah terjalin dengan universitas di luar negeri sangat memungkinkan mahasiswa Program Studi Magister Kimia untuk melakukan Student Mobility baik berupa Seat Inatau Kolaborasi Riset, universitas tersebut antara lain:

  • Hokaido University, Jepang

  • Kansai University, Jepang

  • Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia

  • Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Malaysia

  • Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia

  • Princes Songkhla University (PSU), Thailand

  • Curtin University, Australia

Konsentrasi

    Konsentrasi pada PSMK FMIPA UII didasarkan kepada local genius sesuai kebutuhan kimia secara nasional dan internasional. Berikut 3 konsentrasi yang ada di prodi PSMK FMIPA UII.

  • Pengembangan Minyak Atsiri dan Produk Turunannya

  • Pengembangan Material untuk Energi dan Lingkungan

  • Pengembangan Bahan Alam untuk Kesehatan dan Pangan

Peluang Karir

Lulusan Prodi Magister Kimia memiliki peluang karier untuk dapat menerapkan ilmu kimia yang diperoleh dan berkarir pada lembaga-lembaga penelitian (LIPI, BATAN, LEMIGAS, dll), pendidikan (dosen dan guru), sektor industri-industri (semen, obat, migas, dll), lembaga pemerintahan (PEMDA dan Kementrian), Konsultan dibidang kimia dan lingkungan maupun wirausahawan (techno/sciencepreneur).

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123