Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Statistika

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Data Scientist dari UII untuk Hadapi Tantangan Pengelolaan Big Data

Program studi Statistika adalah program studi pertama di fakultas MIPA yang mempersiapkan lulusannya sebagai seorang yang ahli data (data scientist). Program studi Statistika UII telah mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No.3909/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020. Program studi ini menerapkan kurikulum ENTHUSIASTICS  dengan konsentrasi Data Sains, Aktuaria, Bisnis dan Sosial, Industri serta Manajemen Kebencanaan. Era teknologi informasi saat ini mengakibatkan  ledakan data di setiap instansi dan industri baik dalam level nasional maupun internasional. Kebutuhan data scientist yang bisa mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisa, menginterpretasikan dan menyajikan data masih sangat minim dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan akibat banjirnya data tersebut. Seperti yang banyak dilansir di berbagai situs web pekerjaan terbaik dunia di tahun 2017, data scientist memiliki pendapatan tertinggi per tahun, karena seseorang yang terampil dalam statistika akan mempu ditempatkan diberbagai bidang. Data scientist sangat dihargai dalam analisa data untuk mengukur dan memprediksi keadaan perusahaan di masa mendatang berdasar data agar dapat diambil tindakan manajemen yang tepat dan menguntungkan bagi perusahaan.

Saat ini Program Studi Statistika UII menjadi trend setter dalam pengembangan kajian tentang analisis Big Data dengan menyelenggarakan workshop, pelatihan, konferensi internasional yang menghadirkan langsung perusahaan dan ahli dunia dalam Big Data seperti Google, Cloudera, UTM Big Data Center dan lainnya.

Peluang Karir

Lulusan Prodi Statistika memiliki peluang untuk mengembangkan kariernya sebagai tenaga ahli di bidang statistik. Alumni Statistika UII telah tersebar di berbagai profesi karier di berbagai instansi baik negeri maupun swasta seperti di Badan Pusat Statistik (BPS), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Pengawas Teknologi Nuklir (BAPETEN), Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Perguruan Tinggi, Pemerintahan Daerah, Pertambangan, Perbankan, Perusahaan Asuransi, Lembaga Konsultasi, Industri, dan lain-lain.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123