Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Teknik Elektro

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Mencetak Talenta Unggul Teknik Elektro di Era Disrupsi

Listrik merupakan urat nadi teknologi modern. Teknologi telekomunikasi, automasi industri, robotika, artificial intelligent, maupun biomedis menjadi pilar utama industry 4.0. Kebutuhan talenta di bidang tersebut meningkat tajam di era disrupsi teknologi saat ini. Prodi Teknik Elektro Universitas Islam Indonesia berkomitmen mencetak talenta unggul di bidang tersebut agar mampu berkompetisi secara global.

Prodi Teknik Elektro telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) dan juga provisional accreditation dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE). Hal ini menunjukkan Prodi Teknik Elektro setara dengan prodi sejenis dari perguruan tinggi negeri. Selain itu dengan akreditasi dari IABEE menunjukkan bahwa kurikulum dan proses pembelajaran telah mengikuti standar internasional yang ditetapkan oleh Washington Accord, menjadikan lulusannya diakui oleh negara lain.

Prodi Teknik Elektro membekali lulusan dengan teknologi pendukung industry 4.0 melalui empat bidang unggulan yaitu Sistem Ketenagalistrikan, Sistem Automasi dan Kendali, Sistem Telekomunikasi dan Sistem Biomedis. Proses pembelajaran didukung oleh tenaga pengajar dengan Pendidikan Doktor dan Master lulusan dalam dan luar negeri. Proses pembelajaran dilakukan secara komprehensif dengan praktik di enam laboratorium meliputi Laboratorium Sistem Ketenagaan, Laboratorium Automasi dan Kendali, Laboratorium Komputer dan Simulasi, Laboratorium Elektronika, Laboratorium Telekomunikasi dan Laboratorium Dasar Teknik Elektro, serta Workshop Robotika.

Hard skills penting yang diberikan di Prodi Teknik Elektro meliputi pemrograman PLC Siemens dan Allen Bradley, SCADA, Instalasi Kelistrikan, perencanaan renewable energy dengan HOMER, elektronika daya, IoT, desain sistem automasi kendali dengan LabView, perencanaan telekomunikasi dengan EMONA, serta penggunaan peralatan biomedis seperti Electrocardiography, Electroencephalography maupun perangkat virtual reality (VR). Dengan kompetensi tersebut lulusan Prodi Teknik Elektro mampu bersaing di dunia kerja maupun mendirikan perusahaan.

Peluang Karier

Lulusan Prodi Teknik Elektro dapat bekerja sebagai engineer di bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi tenaga listrik (contoh: PLN, Indonesia Power, PJB, Geodipa), engineer instrumentasi dan kontrol (contoh: perusahaan oil&gas), engineer telekomunikasi (contoh: Telkom, Telkomsel, Indosat), maupun engineer biomedis (contoh: Rumah Sakit, perusahaan medis). Tidak terbatas engineer, lulusan Prodi ini juga sudah menempati posisi strategis di pemerintahan, BUMN/BUMD, industri perbankan maupun wirausahawan.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123