Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Teknik Industri

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Sarjana Teknik Industri dengan Kompetensi Unggulan di Bidang Sistem ERP

Program Studi Teknik Industri (PSTI) berdiri pada tahun 1982, memiliki empat bidang konsentrasi yaitu Sistem Manufaktur, Operational Research, Manajemen Industri, serta Desain Sistem Kerja dan Ergonomi. Sejak tahun 2003 Prodi Teknik Industri telah mendapatkan akreditasi dari BAN PT dengan peringkat A (Terbaik). Dalam rangka menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi persaingan kerja secara global, Prodi Teknik Industri menyelenggarakan kelas reguler dan International Program (IP) dengan menggunakan pengantar Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar.

Prodi Teknik Industri memiliki enam laboratorium sebagai fasilitas pendukung proses pembelajaran mahasiswa yaitu; (1) Lab. Sistem Manufaktur Terintegrasi (SIMANTI), (2) Lab. Inovasi dan Perancangan Organisasi (IPO), (3) Lab. Statistik Industri dan Optimasi (SIPO), (4) Lab. Pemodelan Simulasi Industri (Delsim), (5) Lab. Desain Sistem Kerja dan Ergonomi (DSKE), dan (6) Lab. Lab. Enterprise Resources Planning (ERP). Lab ERP merupakan satu-satunya laboratorium Teknik Industri di Indonesia yang bekerjasama dengan SAP University Alliance Program. Kurikulum Prodi Teknik Industri dirancang untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki akhlak mulia, berkemampuan problem solving dan inovatif. Prodi Teknik Industri berkomitmen pada pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta dakwah islamiyah.

Melalui PSTI, mahasiswa berkesempatan untuk bekerja dan melakukan aktivitas peningkatan produktivitas selama enam bulan di sentra batik, perusahaan Yamaha Music Indonesia dan perusahaan lain yang telah menjadi mitra. Melalui program tersebut mahasiswa mendapat pengalaman bekerja, soft skills, dan berkontribusi bagi masyarakat. Mahasiswa juga berkesempatan mengikuti program dual degree dengan universitas di Belanda (Saxion University of Applied Sciences) dan beasiswa dari universitas di Taiwan (National Cheng Kung University, National Taiwan University of Science and Technology).

Peluang Karier

Prodi Teknik Industri saat ini telah meluluskan lebih dari 4.500 alumni yang berkumpul dalam satu wadah Ikatan Alumni Teknik Industri (IKATI). Melalui jaringan IKATI, terbuka banyak peluang diberbagai perusahaan multinasional seperti Yamaha Music Indonesia, Astra Internasional, Telkomsel, Pertamina dan lain-lain serta berkarir menjadi wirausaha yang sukses. Beberapa bidang yang sesuai dengan bidang teknik industri antara lain manajer: production planning and inventory control, purchasing, supply chain management, risk management, konsultan SAP/ ERP, productivity improvement, occupational safety and health administration, pegawai negeri, dosen, wirausaha, bank, dan bidang lain yang relevan.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123