Universitas Islam Indonesia

Teknik Mesin

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Ruang Belajar bagi Engineer Masa Depan

Sejak tahun 2016, Prodi Teknik Mesin UII telah memperoleh status akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Capaian tersebut merupakan bukti komitmen Prodi Teknik Mesin UII pada perbaikan mutu berkelanjutan. Dengan berfokus pada bidang manufaktur, terutama pada kompetensi desain produk berbantuan komputer dan automasi industri, Prodi Teknik Mesin UII melakukan pengembangan secara terstruktur dalam penyusunan kurikulum yang menitikberatkan pada kemampuan analisis yang didukung oleh keterampilan aplikatif sesuai kebutuhan industri.

Disamping melengkapi fasilitas laboratorium standar yang wajib dimiliki oleh jurusan teknik mesin, Prodi Teknik Mesin UII juga mengembangkan laboratorium unggulan sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan seperti laboratorium CAD/CAM/CNC, Mekatronika, Sistem Produksi dan Sistem Manufaktur yang dilengkapi dengan peralatan mutakhir sesuai perkembangan teknologi terkini.

Dengan berbagai software resmi dari Autodesk, Dassault Systèmes, DELCAM dan 3Design, mahasiswa dibekali dengan berbagai keterampilan desain yang sangat berguna sebagai bekal untuk terjun di dunia industri. Kemampuan mahasiswa di bidang ini telah terbukti dengan diraihnya penghargaan di tingkat Asia Oceania dalam lomba desain perhiasan maupun di tingkat nasional dalam lomba mobil listrik. Di bidang otomasi, mahasiswa juga telah membuktikan keunggulannya dengan menjuarai berbagai lomba robotika tingkat regional maupun nasional.

Untuk mendukung kompetensi lulusan, Prodi Teknik Mesin UII juga menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri, dalam bentuk kerja praktik, magang, tugas akhir dan penelitian. Kerjasama dengan perguruan tinggi di lingkup ASEAN juga merupakan bukti langkah konkret program studi dalam meningkatkan kualitas lulusan dalam menghadapi persaingan global. Lulusan Prodi Teknik Mesin UII telah banyak yang sukses berkarir di perusahaan multi nasional, berwira usaha maupun studi lanjut di luar negeri. Dengan mengadopsi kurikulum Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) Indonesia dan Washington Accord, serta dukungan tenaga pengajar bergelar doktor, kandidat doktor dan master dari universitas ternama di dalam dan luar negeri, Prodi Teknik Mesin UII siap untuk memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik, sesuai dengan kompetensi lulusan yang dibutuhkan.

Peluang Karier

Lulusan Prodi Teknik Mesin UII dapat berprofesi sebagai Product Design Engineer, Manufacturing Engineer, Project Engineer, Research Engineer dan Technopreneur pada bidang kerja Industri Manufaktur, Otomotif, Proses, Pengolahan Pangan, Bangunan dan Konstruksi, Pertambangan, Jasa, Pembangkitan Tenaga, Institusi Pendidikan dan Penelitian serta instansi Pemerintah. Sebagian alumni Prodi Teknik Mesin UII telah mampu berkarier di mancanegara dan tak sedikit pula lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di beberapa perguruan tinggi terkemuka, baik di dalam dan luar negeri.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo