About Program

Apa itu Teknik Fisika?

Teknik fisika merupakan ilmu keteknikan yang dipadukan dengan ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika, dan kimia. Melalui program studi ini mahasiswa akan mempelajari mengenai penerapan ilmu fisika dalam menggunakan dan memanfaatkan energi di kehidupan sehari hari. Misalkan sebagai contoh memanfaatkan prinsip-prinsip fisika untuk membangun sebuah gedung yang hemat energi dan ramah lingkungan dengan menginstalasi solar panel di atas atap. Dalam hal ini Teknik Fisika UMN hadir menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangan penerapan ilmu fisika dalam penggunaan energi guna menghadapi industri masa depan.


Kenapa harus pilih Teknik Fisika UMN?

Pembelajaran di program studi Teknik Fisika UMN ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sangat mendukung, salah satunya New Media Tower dan P.K. Ojong Jakob Oetama Tower Universitas Multimedia Nusantara, dua gedung yang telah mendapatkan predikat dan penghargaan sebagai gedung hemat energi secara nasional maupun internasional. Hal ini membuat gedung tersebut ideal untuk dipelajari oleh mahasiswa teknik fisika dalam penggunaan energi sebuah bangunan. Melalui gedung tersebut akan membantu mahasiswa memahami dan mempelajari mengenai gedung hemat energi secara langsung.


Peminatan


Manajemen energi

Melalui peminatan manajemen energi mahasiswa akan mempelajari mengenai sistem sistem yang terdapat di gedung ataupun bangunan yang hemat energi. Selain itu, mahasiswa akan memahami bagaimana menguji keefektifitasan penggunaan dan pemeliharaan energi sebuah gedung melalui sistem monitoring berbasis ICT. Tidak hanya itu, Manajemen Energi juga akan membangun energi baru dan terbarukan dengan mengajarkan mahasiswa teknik fisika mengenai bagaimana memasang solar panel secara mandiri.

Fisika Bangunan

Melalui pemintalan fisika bangunan mahasiswa akan mempelajari mengenai simulasi energi melalui program-program yang berbasis komputer misalkan seperti Building Information Model dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk menganalisis fenomena alam pada sebuah bangunan seperti kelembaban, suhu, cahaya, dan kebisingan.

Instrumentasi

Melalui peminangan instrumentasi mahasiswa akan mempelajari mengenai sistem pengukuran cerdas dan juga optimasi bangunan sehingga mahasiswa akan memahami bagaimana pengendalian instrumen pada suatu bangunan secara otomatis menggunakan program-program yang mendukung.


Prospek Karir

Lulusan dapat bekerja di industri baik di bagian produksi energi maupun pengembang.

Beberapa profil pekerjaan tersebut antara lain:

– Energy efficiency specialist

– Energy auditor

– Energy manager

– Health, safety, and environmental engineer

– Energy consultant

– Technopreneur

Jenjang Pendidikan

Bachelor Degree (S1)

Study Area

Teknik Kimia dan Material

Universitas123 - Akademik

Profil

2005 Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mendapat izin dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia untuk beroperasi pada tanggal 25 November 2005. UMN berada di bawah naungan Yayasan Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia.

2006 Universitas Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia. Pada 20 November 2006 keberadaan UMN diumumkan (resmi) di Hotel Santika oleh Dr. Ir Dodi Nandika, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional.

2007 Kuliah perdana angkatan pertama dilaksanakan pada 3 September 2007, dengan mengangkat tema "Pengembangan Sumber Daya Manusia Menyongsong Era ICT." Guna menyukseskan kuliah perdana, UMN mendatangkan dosen tamu seperti Prof. Dr. Ir. Mohamad Nuh (Menteri Komunikasi dan Informasi), Dr(Hc) Jakob Oetama (Pendiri Kompas Gramedia), Roy Suryo (Pakar telematika). Dra. Puspita Zorawar, M.PsiT (Pakar Komunikasi dan Psikologi).

Pada tahun 2009 dua gedung UMN di Scientia Garden diresmikan oleh Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA selaku Menteri Pendidikan Nasional.

Di tahun 2011, UMN mulai membangun gedung ketiganya. Gedung bernama New Media Tower ini diresmikan pada tanggal 28 September 2012. Konsep hemat energi yang diusung oleh New Media Tower membawanya keluar sebagai juara pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building pada ASEAN Energy Award 2014 dan juara pertama kategori gedung baru hemat energi dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013.

2013 Skystar Ventures, inkubator bisnis UMN lahir pada 12 Desember 2013. Melalukystar Ventures diharapkan UMN dapat mencapai visi untuk melahirkan enterpreneur di bidang teknologi (technopreneur).

2016 Program Studi Baru

Empat program studi baru Universitas Multimedia Nusantara mulai beroperasi.

Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Fisika berada di bawah naungan Fakultas Tenik dan Informatika. Program Studi Arsitektur berada di bawah naungan Fakultas Seni dan Desain. Peminatan Sinematografi dan Animasi yang sebelumnya berada di bawah Program Studi Desain Komunikasi Visual menjadi program di tersendiri, yaitu Program Studi Film dan Animasi.

Skystar Ventures

Pada bulan November 2016. Skystar Ventures dinobatkan sebagai inkubator bisnis terbaik kategori Pendampingan dan Pembinaan terhadap Tenant dari Kemenristekdikti dalam ajang Indonesia.

2017 Pengembangan Fasilitas

Guna memperlengkapi perkembangan UMN yang demikian pesat, UMN kembali membangun sebuah gedung berkonsep hemat energi pada Januari 2016. Pada tanggal 27 Januari 2017, dilakukan topping untuk Tower 3 UMN.

Program Studi Baru

UMN kembali membuka program studi baru, yaitu D3 Perhotelan dan Multimedia Journalism. Multimedia Journalism merupakan salah satu peminatan dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

Keunggulan

Universitas Multimedia Nusantara merupakan universitas yang didirikan oleh Kompas Gramedia pada tahun 2006. UNiversitas Multimedia Nusantara memiliki fokus pada bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Selain berfokus pada ICT, UMN juga memiliki fokus pada pelestarian lingkungan. Dalam upaya membangun kampus yang ramah lingkungan yang berkelanjutan, UMN membangun kampus yang dikelilingi oleh pohon rindang dan membangun gedung yang hemat energi.

 

Dalam hal ini, UMN berhasil mendapatkan penghargaan gedung hemat energi se-Asia Tenggara. Dalam salah satu dari empat gedung yang saat ini dimiliki UMN, dibangun sebuah business Incubator dalam upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa. Melihat minat mahasiswa dengan dunia bisnis, UMN pada tahun 2013 menggandeng Skystar Ventures yang merupakan incubator bisnis yang siap menghasilkan perusahaan berbasis teknologi dan informasi.

Kontak

marketing@umn.ac.id

Yayasan Multimedia Nusantara Universitas Multimedia Nusantara
Utama

Yayasan Multimedia Nusantara Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang, Prop. Banten, Indonesia

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo