Please Wait
Logo
Universitas Multimedia Nusantara

Teknik Fisika

Teknik Fisika Regular Class Online Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Apa itu Teknik Fisika?

Teknik fisika merupakan ilmu keteknikan yang dipadukan dengan ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika, dan kimia. Melalui program studi ini mahasiswa akan mempelajari mengenai penerapan ilmu fisika dalam menggunakan dan memanfaatkan energi di kehidupan sehari hari. Misalkan sebagai contoh memanfaatkan prinsip-prinsip fisika untuk membangun sebuah gedung yang hemat energi dan ramah lingkungan dengan menginstalasi solar panel di atas atap. Dalam hal ini Teknik Fisika UMN hadir menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangan penerapan ilmu fisika dalam penggunaan energi guna menghadapi industri masa depan.


Kenapa harus pilih Teknik Fisika UMN?

Pembelajaran di program studi Teknik Fisika UMN ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sangat mendukung, salah satunya New Media Tower dan P.K. Ojong Jakob Oetama Tower Universitas Multimedia Nusantara, dua gedung yang telah mendapatkan predikat dan penghargaan sebagai gedung hemat energi secara nasional maupun internasional. Hal ini membuat gedung tersebut ideal untuk dipelajari oleh mahasiswa teknik fisika dalam penggunaan energi sebuah bangunan. Melalui gedung tersebut akan membantu mahasiswa memahami dan mempelajari mengenai gedung hemat energi secara langsung.


Peminatan


Manajemen energi

Melalui peminatan manajemen energi mahasiswa akan mempelajari mengenai sistem sistem yang terdapat di gedung ataupun bangunan yang hemat energi. Selain itu, mahasiswa akan memahami bagaimana menguji keefektifitasan penggunaan dan pemeliharaan energi sebuah gedung melalui sistem monitoring berbasis ICT. Tidak hanya itu, Manajemen Energi juga akan membangun energi baru dan terbarukan dengan mengajarkan mahasiswa teknik fisika mengenai bagaimana memasang solar panel secara mandiri.

Fisika Bangunan

Melalui pemintalan fisika bangunan mahasiswa akan mempelajari mengenai simulasi energi melalui program-program yang berbasis komputer misalkan seperti Building Information Model dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk menganalisis fenomena alam pada sebuah bangunan seperti kelembaban, suhu, cahaya, dan kebisingan.

Instrumentasi

Melalui peminangan instrumentasi mahasiswa akan mempelajari mengenai sistem pengukuran cerdas dan juga optimasi bangunan sehingga mahasiswa akan memahami bagaimana pengendalian instrumen pada suatu bangunan secara otomatis menggunakan program-program yang mendukung.


Prospek Karir

Lulusan dapat bekerja di industri baik di bagian produksi energi maupun pengembang.

Beberapa profil pekerjaan tersebut antara lain:

– Energy efficiency specialist

– Energy auditor

– Energy manager

– Health, safety, and environmental engineer

– Energy consultant

– Technopreneur

Universitas123 - Berita

Lokasi

Yayasan Multimedia Nusantara Universitas Multimedia Nusantara
Utama

Yayasan Multimedia Nusantara Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang, Prop. Banten, Indonesia

User Profile

Universitas123