Universitas

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Universitas123 - Akademik

Profil

UNIVERSITAS Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) resmi berdiri pada tahun 2013. Tapi cakal bakalnya sudah lebih dari 40 tahun. Berawal dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) tahun 1979, lalu mendirikan Akademi Perawat (Akper) tahun 1985, dan Akademi Bidan (Akbid) tahun 1997dan kemudian Akbid dan Akper melebur menjadi Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) pada tahun 2006, dan di tahun 2013 Stikes berubah menjadi Unusa. Perjalanan panjang ini telah meninggalkan pengalaman berharga ketika berubah menjadi universitas.

Itulah sebabnya  meski baru berusia 6 tahun, Unusa telah berlari jauh. Bahkan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Jawa Timur (L2Dikti Jatim—dulu Koopertis) menobatkan Unusa sebagai Perguruan Tinggi Swasta Baru dengan Pertumbuhan Tercepat di tahun 2018.

Berbagai prestasi baik akademik maupun tata kelola, serta kemahasiswaan telah dicapai Unusa dalam usia mudanya. Karena itu wajar jika kemudian muncul istilah “lahir lalu berlari”, untuk menggambarkan cepatnya pertumbuhan yang dijalani. Kiranya, usia tidak lagi menjadi halangan untuk terus maju.

Di tengah banyaknya prestasi tersebut, Rektor Unusa tetap mengajak sivitas akademika berintrospeksi diri dan merenung terhadap apa yang telah kita capai, agar ke depan bisa lebih baik lagi. Rektor mengingatkan agar warga Unusa tetap bersyukur namun tidak menjadi besar kepala dan menepuk dada.

Keunggulan

Unusa memiliki lima fakultas --Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK); Fakultas Kesehatan Masyarakat (F.Kes); Fakultas Kedokteran (FK); Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital (FEB TD); dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan 20 program studi.

Dari 20 program studi yang dimiliki Unusa, lebih separuh terkait dengan prodi berbasis kesehatan, seperti keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, kesehatan dan keselamatan kerja, gizi, analis kesehatan.

Beberapa program studi (prodi) di Unusa fokus pada kebutuhan-kebutuhan SDM di rumah sakit, prodi sistem informasi misalnya, bagaimana mengembangkan dan menyiapkan sistem informasi berbasis kebutuhan rumah sakit. Demikian juga prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) misalnya, bagaimana lulusannya disiapkan mampu mengelola unit kesehatan sekolah (UKS).

Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unusa menerapkan kurikulum mayor-minor. Mahasiswa dapat memilih program studi yang dapat menunjang kompetensi tambahan yang diinginkan tanpa kehilangan komptensi inti pada prodi yang ditekuninya.

Biaya Kuliah

Rp3,000,000.00 - Rp28,000,000.00

Kontak

humas@unusa.ac.id

Lokasi
Universitas123 - Beasiswa

Beasiswa

21 Beasiswa ditampilkan

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo