Apakah kamu tertarik untuk berkuliah di jurusan psikologi? Jika iya, apa alasan memilih jurusan psikologi untukmu? Tentunya semua orang mempunyai alasannya tersendiri. Namun, ada juga orang yang beranggapan bahwa jurusan psikolog tidak akan mendapat penghasilan banyak.

Tidak jarang juga banyak yang menganggap remeh jurusan psikolog. Padahal prospek kerja lulusan psikolog cukup bagus. Selain itu, lulusan psikologi sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Bagi kamu yang penasaran dengan dunia psikolog, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di jurusan ini.

1. Prospek Karier yang Luas

Salah satu alasan kenapa kamu harus memilih jurusan psikologi saat kuliah karena prospek kariernya luas. Beberapa orang pastinya menganggap bahwa lulusan psikolog akan bekerja sebagai karyawan di bagian sumber daya manusia. Nyatanya, tidak sesempit itu lapangan pekerjaannya.

Karena kamu bisa menjadi seorang psikolog, menjadi guru, dosen psikologi, market research, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa dengan bebas menentukan tempat kerja yang kamu inginkan. Entah di sekolah, di rumah sakit, perusahaan, dan lain sebagainya.

2. Menjadi Jurusan Menyenangkan

Keuntungan mengambil jurusan psikologi adalah jurusan ini sangat menyenangkan. Tentunya anggapan ini akan dirasakan oleh orang yang minat belajar di bidang tersebut. Jurusan psikologi hadir dengan pelajaran tentang pribadi manusia yang beragam. Selain itu, kamu bisa menemukan banyak sekali gangguan mental, pola asuh, dan perilaku manusia.

Melalui jurusan psikologi, bisa membantu kamu membuka pikiran secara luas. Kamu bisa mengerti bahwa setiap orang mempunyai sisi mental yang rentan. Namun, yang menjadi pembeda apakah parah atau tidaknya. Dengan mempelajari ilmu tersebut, kamu bisa berinteraksi dengan berbagai kepribadian yang berbeda.

3. Mendapatkan Pengetahuan yang Aplikatif

Bisa dibilang, ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan yang aplikatif dan terus mengikuti perkembangan zaman. Mempelajari psikologi sangat berguna untuk masa depan dan kariermu. Hal ini karena kamu bisa langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat kamu harus menghadapi adik yang sulit diajak berbicara.

Kamu bisa tahu bagaimana cara membuat adikmu terbuka kepadamu. Atau kamu bisa memperhatikan lingkungan sekitar. Bantulah masalah seseorang yang kamu temui dengan memberikan solusi yang tepat.

4. Dapat Membantu Manusia

Salah satu alasan memilih jurusan psikologi karena kamu bisa membantu manusia dalam menyelesaikan masalah. Setiap manusia pasti mempunyai masalah atau masa lalu yang terkubur. Tidak heran jika banyak rasa negatif yang dirasakan oleh kebanyakan manusia. Mulai dari rasa takut, cemas, dan stres.

Semakin kamu mempelajari dunia psikolog, semakin kamu mengerti bahwa manusia adalah makhluk yang rapuh. Kebanyakan dari mereka bersembunyi dari rasa takut dengan pura-pura berani. Nah, kamu bisa membantu orang yang seperti itu agar masalahnya bisa terselesaikan. Kamu bisa menjadi temannya agar membantu orang itu membuka diri kepada lingkungannya.

5. Membantu Memahami Diri Sendiri

Mempelajari psikolog tidak hanya berguna untuk orang lain saja, tapi juga untuk diri kamu sendiri. Kamu bisa lebih memahami diri sendiri karena mencoba menganalisis perilaku seseorang yang mungkin sama sepertimu. Selain itu, hal ini bisa membantu kamu membuka gerbang terhadap pengetahuan yang kamu miliki tentang diri sendiri.

Saat kamu tahu seperti apa karaktermu, maka kamu bisa lebih mencintai diri sendiri. Kamu mulai menerima kekurangan diri sendiri. Hal inilah yang membuat kamu menjadi berbeda saat memberikan solusi terhadap masalah orang lain. Karena kalau kamu sendiri berantakan, bukankah kamu tidak ada hak untuk memperbaiki masalah mereka?

6. Latar Belakang yang Bagus untuk Melanjutkan Kuliah

Mengapa memilih jurusan psikolog? Karena jurusan ini mempunyai latar belakang bagus bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah pascasarjana. Dengan kata lain, jurusan psikolog dapat menjadi penunjang studi lanjut dalam bidang hukum, ilmu kehidupan, dan kedokteran. Tidak heran jika banyak yang memilih jurusan ini saat kuliah.

7. Mengejar Minat di Bidang Khusus

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memilih jurusan psikologi adalah mengejar minat di bidang khusus. Contohnya, kamu suka menulis, maka kamu bisa menjadi penulis buku tentang ilmu psikologi. Atau kamu suka mengajar jadi guru? Maka kamu bisa menjadi guru BK.

Dengan kata lain, gelar psikologi yang kamu dapatkan bisa membantu kamu mengejar jalur karier yang baik. Pekerjaan yang sesuai dengan minat biasanya akan terasa lebih menyenangkan. Kamu juga akan lebih fokus dalam bekerja.

8. Membantu Berpikir Kritis

Salah satu alasan memilih jurusan psikologi adalah memantu kamu berpikir kritis. Hal ini karena metode yang diajarkan berfokus pada cara berpikir kritis. Hal ini sangat penting jika kamu ingin menjadi orang yang teredukasi. Berpikir kritis bisa membantu kamu menilai masalah dari berbagai sudut pandang.

Itulah beberapa alasan memilih jurusan psikologi untuk masa depanmu. Melihat banyaknya keuntungan yang didapat, tidak heran jika banyak yang memilih jurusan tersebut. Terlebih jurusan itu bisa digabungkan dengan skill lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *