Pernah dengar jurusan Business International? Program studi ini adalah sebuah prodi yang fokus pada pembelajaran tentang tantangan yang dihadapi oleh dunia bisnis di pasar internasional. Jurusan ini umumnya akan mempelajari etika dan hukum bisnis dalam skala internasional.

Etika dan hukum bisnis yang dimaksud di sini tentu berbeda dengan etika dan hukum bisnis di dalam negeri sendiri. Setiap siswa akan dilatih untuk berpikir secara global dalam menciptakan ide dan solusi dalam permasalahan ekonomi dan bisnis dalam lingkup internasional.

Mengenal Jurusan Business International

Pada jurusan ini, setiap siswa akan mempelajari bisnis internasional menggunakan dasar-dasar konsep ekonomi sekaligus terapannya. Seperti ekonomi makro dan mikro, standar praktik bisnis, etika dan ditambah dengan fokus akuntansi, keuangan dan marketing.

Di sini, setiap siswa juga diharuskan untuk menggunakan metode pengambilan keputusan yang relevan dalam persiapan menghadapi transaksi antar negara, aturan perdagangan internasional, atau investasi di pasar saham asing.

Apa Saja yang Dipelajari?

Jurusan Business International, biasanya mempelajari mengenai pengembangan etika, profesionalisme, dan jiwa kepemimpinan. Kamu juga akan mempelajari mengenai strategi bisnis international, lintas negara, dan lintas daerah dengan menggunakan metode tertentu.

Setiap siswa di jurusan ini juga akan mengaplikasikan teori, model ekonomi, metode dan prosedur pekerjaan pada aktivitas bisnis internasional. Hal lain yang juga akan dipelajari adalah mengidentifikasi permasalahan dan peluang serta membuat rekomendasi pemecahan masalah pada aktivitas bisnis dalam skala internasional.

Mengapa Business International?

Dalam pembelajarannya, biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan. Tapi, bukan berarti kamu harus mahir dalam berbahasa Inggris untuk bisa masuk ke jurusan ini.

Di jurusan ini justru kamu akan dilatih untuk mahir melakukan komunikasi bisnis dengan bahasa Inggris. Jurusan Business International biasanya juga bekerja sama dengan perusahaan multinasional yang menyediakan program magang untuk mahasiswa, sehingga kamu akan memperoleh pengalaman kerja sebagai modal awal untuk direkrut oleh perusahaan yang bersangkutan.

Jurusan ini akan mengembangkan sifat kepemimpinan, pengendalian diri, percaya diri, inisiatif, komunikatif dan pembelajar. Jadi, tak hanya kemampuan berbisnis yang akan dilatih, namun juga softskill penting yang berguna saat kamu meniti karir.

Perkuliahan

Jurusan Business International memiliki beberapa mata kuliah yang harus dikuasai, atau setidaknya dipelajari oleh para siswa, seperti misalnya Cross Culture Management, Business Law, International Law, dan beberapa mata kuliah lainnya.

Cross Culture Management biasanya dipelajari untuk memahami perbedaan budaya yang biasa terjadi dalam bisnis internasional. Sementara, Business Law dan International Law akan mempelajari mengenai dasar pengetahuan hukum internasional. Lalu, International Business akan memberikan gambaran tentang dunia bisnis internasional.

Prospek Kerja & Karir

Lulus dari jurusan Business International membuatmu memiliki prospek karir yang menjanjikan dan bisa bergabung di berbagai perusahaan multinasional, organisasi internasional, perusahaan investasi dan berbagai jenis perusahaan lain. Berikut beberapa prospek kerja dan karir setelah lulus dari jurusan ini.

  • Analis Keuangan
  • Akuntan
  • Konsultan Keuangan
  • Analis Anggaran
  • Konsultan Valuta Asing
  • Perwakilan Penjualan Internasional
  • Spesialis Operasi Bisnis

Kesimpulan

Menjadi mahasiswa di jurusan ini, berarti kamu akan belajar mengenai dasar-dasar konsep ekonomi dan terapannya untuk bisa memecahkan masalah yang terjadi pada dunia bisnis di pasar internasional.

Setiap siswa di jurusan Business International juga akan mempelajari mengenai strategi bisnis baik dalam lingkup internasional maupun lintas negara dan daerah, tentunya dengan menggunakan metode-metode tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *