Culinary arts adalah jurusan dimana kamu akan bertemu dengan mahasiswa lain yang punya passion dalam hal makanan. Saat ini, jurusan tersebut sangat populer di bidang industri. Kamu mungkin ingin membuat berbagai menu enak setiap hari.

Atau, gemar bereksperimen dengan berbagai kombinasi rasa, dan sangat suka melihat perubahan ekspresi ketika seseorang menikmati makanan yang kamu suguhkan, jurusan ini dapat menjadi pilihan tepat.

Mengenal Jurusan Culinary Arts

Kamu bisa mengekspresikan dan menggunakan kreativitas untuk presentasi makanan. Sama seperti seniman, kamu mengeksekusi makanan dengan memperhatikan kombinasi, potongan, warna makanan, dan rasa.

Jurusan ini juga mengajarkan bagaimana memasak dengan berbagai gaya, bagaimana mengatur waktu untuk menghadapi tekanan saat di dapur, bagaimana mendapatkan posisi kerja yang baik, dan menyediakan berbagai peluang kerja yang menarik.

Apa Saja yang Dipelajari?

selama mempelajari program studi Culinary arts, mahasiswa akan belajar tentang rasa. Selain itu, kamu juga belajar bagaimana menyelesaikan objektif atau tujuan saat di dapur. Seluruh mahasiswa yang mengambil jurusan ini juga akan belajar bagaimana memilih pilihan menu sehat.

Kemampuan lainnya adalah untuk belajar bertanggung jawab, meningkatkan kemampuan bahasa, matematika dasar, serta ilmu pengetahuan. Kamu juga bekerja bersama tim dan menjaga komunikasi yang baik.

Mengapa Culinary Arts?

Prodi ini menjadi pilihan tepat, mengingat industri perhotelan dan pariwisata adalah salah satu industri paling cepat berkembang di dunia. Ketika bidang lain mengalami masalah ekonomi sulit, industri makanan terus ada. Sehingga, memberikan peluang pekerjaan yang sangat besar.

Sebagai lulusan jurusan seni kuliner, maka kamu bisa mendapatkan banyak peluang pekerjaan. Kamu akan dimanjakan dengan banyak pekerjaan tersedia sesuai gaya hidup dan minat.

Jurusan ini juga memiliki industri yang sangat dinamis. Untuk menjadi koki, kamu akan memasak berbagai menu untuk pelanggan berbeda. Bahkan, kamu juga bisa membuat inovasi aneka menu untuk mengikuti tren makanan terkini.

Artinya, bekerja menjadi seorang koki tidak akan membosankan. Selalu ada hal baru dalam industri makanan, sehingga kamu dapat menggunakan kreatifitas dengan konsep dan ide baru. Cara ini juga dapat mengembangkan pengalaman dan kemampuan kamu.

Perkuliahan

Perkuliahan pada program studi ini sangat menyenangkan, mengapa? Kamu bisa langsung praktek. Termasuk, kamu dapat mengikuti pelatihan kuliner dan meningkatkan kemampuan pada bidang tersebut.

Kamu juga dapat mempelajari berbagai teknik kuliner dan bertemu para chef atau tokoh lainnya yang sudah ahli dalam bidang industri makanan. Program yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari sekolah selama satu tahun hingga empat tahun. Kamu bisa mendapatkan gelar diploma, D3, atau Sarjana S1.

Jurusan culinary arts ada di berbagai tempat, seperti vocational school atau community college. Lembaga-lembaga tersebut menyediakan materi belajar masak atau belajar di bidang manajemen restoran. Bahkan, sekolah juga menyediakan jaringan bagi para alumni atau jaringan mitrakerja. Sehingga, setelah lulus nanti, mahasiswa yang unggul dapat langsung bekerja.

Prospek Kerja dan Karir

Culinary arts menawarkan prospek kerja yang sangat baik. Bagi mahasiswa unggul, sangat mungkin untuk mendapatkan promosi kerja di sebuah restoran internasional. Menjadi seorang chef adalah karir favorit dalam jurusan ini, tapi kamu bisa mendapatkan karir lainnya sebagaimana berikut:

  • Pemilik restoran
  • Humas restoran
  • Direktur operasi makanan dan minuman
  • Penulis buku resep
  • Ahli nutrisi
  • Instruktur sekolah masak
  • Koki pelayaran
  • Koki penginapan
  • Konsultan food truck
  • Buka bisnis catering
  • Koki pribadi
  • Koki restoran
  • Manajer restoran

Kesimpulan

Kalau kamu ingin mempelajari banyak hal lebih dari sekedar menjadi seorang profesional chef, dan ingin menghargai lebih dalam tentang makanan sebagai budaya, serta seni, kesehatan, dan lainnya, maka Culinary arts adalah jurusan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *