Prospek kerja lulusan S2 Linguistik yang menjanjikan membuat jurusan ini tidak pernah sepi peminat. Ilmu linguistik adalah ilmu yang mengkaji bahasa-bahasa tertentu dengan tujuan untuk menghasilkan deskripsi bahasa secara lengkap dan akurat. Ilmu linguistik dipecah menjadi beberapa bagian, seperti fonetik, fonologi, sintaksis, morfologi, semantik, dan pragmatik.

Di awal perkuliahan, biasanya kamu akan belajar mengenai materi dasar, yaitu pengantar linguistik umum. Setelah itu, kamu akan mempelajari bagian-bagian dari ilmu linguistik. Jurusan S2 linguistik menjadi jurusan yang cukup populer, karena memiliki prospek kerja cukup luas. Ada pun prospek kerja lulusan linguistik, yaitu sebagai berikut.

1. Pengajar

Salah satu prospek kerja untuk lulusan S2 linguistik yaitu menjadi seorang pengajar, baik guru maupun dosen. Seorang lulusan linguistik tentu memahami lebih detail tentang bahasa, sehingga bisa mengajarkan kepada siswa untuk memahai konteks bahasa secara tepat. Kemampuan mengajarkan bahasa secara detail tentu hanya dimiliki oleh lulusan linguistik. Sehingga banyak peluang bagi lulusan S2 linguistik untuk menjadi pengajar.

2. Ahli Bahasa Komputasi

Selain sebagai pengajar, prospek kerja yang bisa dipilih oleh lulusan S2 Linguistik yaitu sebagai ahli bahasa komputasi. Saat menempuh pendidikan, tentu kamu akan diajarkan bahasa dalam komputasi. Selain itu, kamu juga tentu memahami tentang terjemahan mesin, bahasa yang dibantu komputer, serta pemeriksaan tata bahasa dan gaya.

Adanya kemampuan ini bisa digunakan untuk bekerja di laboratorium atau perusahaan yang bergerak di perangkat lunak. Agar bisa menjadi ahli bahasa komputasi, sebaiknya perdalam kembali ilmu linguistik komputasi dan keterampilan bahasa asing.

3. Leksikograf

Prospek kerja selanjutnya untuk lulusan S2 Linguistik yaitu menjadi leksikograf. Leksikograf adalah orang yang ahli dalam menyusun kamus. Seorang yang berprofesi sebagai leksikograf bertugas menyusun, menulis, dan menyunting kamus.

Bahkan tidak jarang seorang leksikograf menjadi ahli kamus bilingual. Selain menyusun kamus, pekerjaan ini juga fokus pada memeriksa keakuratan teks, editorial, dan melakukan pemantauan serta perekaman kata-kata baru.  

4. Editor

Profesi sebagai editor merupakan salah satu pekerjaan ahli bahasa, seperti Magister Linguistik. Hal ini karena lulusan linguistik tentu sangat paham mengenai bahasa, seperti kaidah bahasa, tata cara penggunaan, dan lain sebagainya.

Seorang editor bertanggung jawab terhadap semua fungsi penyuntingan, mulai dari mencari, memperbaiki, dan memilah apakah naskah layak dierbitkan atau tidak. Sebagai editor, kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan media, seperti surat kabar, majalah, dan situs website.

5. Penulis Teknis

Selain sebagai editor, seorang lulusan linguistik juga bisa bekerja sebagai penulis teknis atau technical writer. Seorang penulis teknis bertanggung jawab untuk menghasilkan penulisan yang berhubungan dengan desain, melakukan standarisasi konten seluruh platform, dan lain sebagainya.

Agar bisa menjadi penulis konten, kamu harus memiliki keterampilan menulis, melakukan riset, bekerja tim, berpikir kritis, dan berorientasi pada detail. Pekerjaan ini tentu sangat cocok bagi lulusan linguistik yang memiliki pemahaman mendalam tentang bahasa.

6. Penulis

Penulis merupakan salah satu profesi yang cocok dan prospek bagi gelar Magister Linguistik. Hal ini karena seorang lulusan linguistik pasti memiliki keterampilan menulis dan memahami tata bahasa dengan baik, sehingga bekerja sebagai penulis adalah profesi yang tepat.

Sebagai penulis, Pekerjaan penulis bukan hanya menulis buku saja, tapi bisa sebagai copywriter atau content writer. Baik menjadi copywriter atau content writer, keduanya sama-sama dibutuhkan oleh banyak perusahaan, apalagi di era digital seperti sekarang.

Seorang copywriter bertanggung jawab menulis berbagai konten yang diperlukan perusahaan. Sedangkan content writer bertanggung jawab menulis berbagai teks untuk iklan, seperti brosur, papan iklan, dan lain sebagainya. Jika tidak ingin bekerja di perusahaan, maka kamu bisa menjadi penulis lepas, sehingga bisa bekerja tanpa terikat. 

7. Reporter

Profesi sebagai reporter juga menjadi pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan linguistik. Seorang reporter bertanggung jawab dalam proses pembuatan berita yang meliputi mencari informasi, memastikan kejadian, dan dokumentasi.

Selain itu, reporter juga bertanggung jawab menulis berita secara sistematis, mulai dari menetapkan sudut pandang sesuai berita hingga menyunting berita. Agar bisa menjadi reporter berkualitas, maka kamu harus memiliki kemampuan observasi, rasa ingin tahu yang tinggi, dan kemampuan komunikasi.

8. Penerjemah

Pekerjaan ini cukup menjanjikan dan banyak dibutuhkan, sehingga banyak lulusan Linguistik memilih pekerjaan ini. Seorang penerjemah bertanggung jawab dalam banyak hal, mulai dari membuat teks terjemahan hingga berdiskusi dengan editor.

Penerjemah banyak dibutuhkan di pengadilan, pemerintahan, sekolah, dan lain sebagainya. Agar bisa menjadi penerjemah berkualitas, maka kamu harus sepenuhnya fasih menguasai berbagai bahasa. Selain itu, kamu juga harus mampu memahami bacaan dengan baik dan mampu memahami budaya agar tidak ada kesalahan dalam terjemahan yang ditulis.

Ilmu Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa secara lengkap dan akurat. Jurusan Linguistik banyak diminati oleh mahasiswa S1 pendidikan atau sastra, karena prospek kerja yang menjanjikan. Dari prospek kerja lulusan S2 Linguistik di atas, manakah pekerjaan yang kamu inginkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *