Tips lolos SNMPTN berikut membantu supaya kamu bisa ikut pendaftaran SNMPTN tahun ini dan lolos sampai perguruan tinggi negeri yang kamu inginkan. SNMPTN tentu berbeda dengan UTBK, perlu strategi agar kamu bisa lolos SNMPTN. Nilai rapor saja tidak cukup sebagai tolak ukur.

Agar kamu bisa lolos SNMPTN dan masuk pada perguruan tinggi negeri sesuai jurusan pilihan, kamu dapat menyimak tips berikut:

1. Cek Grafik Nilai Rapor

Dari sekian banyak faktor, nilai rapor semester satu hingga semester lima harus kamu perhatikan. Tidak selalu nilai tinggi jadi jaminan lolos SNMPTN. Kamu harus punya grafik nilai stabil atau selalu meningkat dari semester tersebut. Jika grafik nilai stabil atau meningkat, peluang lolos SNMPTN jadi lebih besar.

2. Perbanyak Prestasi

Selalu giat belajar saat masih SMA sehingga kamu bisa meningkatkan jumlah sertifikat, atau piagam. Piagam akademik serta non-akademik adalah poin tambahan dalam seleksi masuk pada PTN. Jika kamu punya kelebihan pada bidang tertentu, selalu ambil peluang tersebut untuk ikut kompetisi. Ingat, semakin banyak sertifikat juga piagam, semakin besar peluang ke PTN.

3. Bawa Portofolio Prestasi

Saat mendaftar, selalu bawa piagam penghargaan. Atau, bisa juga bawa sertifikat perlombaan, kompetisi, dan kejuaraan yang pernah kamu ikuti.

Panitia seleksi biasanya tidak hanya fokus pada nilai rapor, tapi bagaimana aktifnya kamu dalam mengikuti kegiatan sekolah. Adanya portofolio prestasi menjadikan kamu sebagai peserta SNMPTN lebih unggul dibandingkan pendaftar lain yang punya nilai rapor sama.

4. Pelajari Jurusan Pilihan

Mencari informasi tentang jurusan pilihan membantu kamu untuk lebih dari sekedar memahami perkuliahan. Kamu juga dapat belajar tentang bagaimana prospek karir dan lainnya. Bahkan, dengan mencari tahu lebih lanjut, kamu bisa paham bagaimana penerimaan mahasiswa pada jurusan tersebut.

Contohnya adalah mencari informasi kuota jurusan, berapa jumlah pendaftar pada jurusan tersebut, berapa jumlah mahasiswa yang diterima.dengan cara ini, kamu jadi lebih bijak memilih jurusan pada perguruan tinggi negeri pilihan.

5. Pilih Alternatif Jurusan

Kalau kamu merasa bahwa grafik nilai rapor juga portofolio belum cukup membantu untuk bersaing, karena peminat jurusan tersebut tinggi dan kuotanya sangat terbatas, pilih jurusan lain.

Pelajari dan pahami tentang jurusan lain dengan peminat sedikit, terutama kalau kamu masih ingin kuliah di universitas yang sama. Cara ini boleh kamu coba, asal jurusan alternatif tersebut sesuai dengan minat dan kapasitas.

6. Pilih Universitas Lain

Poin ini sangat tepat kalau kamu justru lebih mengutamakan jurusan, tapi tidak masalah menjatuhkan pilihan pada universitas lain. Hal ini penting sebagai strategi kalau kamu ingin jurusan yang sama, pada universitas dengan peminat lebih sedikit.

Tidak masalah kalau harus kuliah di universitas lain, selama jurusan yang kamu pelajari juga sama. Materi yang disampaikan juga tidak jauh berbeda, tentunya.

7. Jangan Ikut Pilihan Teman

Bisa lolos SNMPTN itu menyenangkan, dan bisa kuliah pada perguruan tinggi negeri memang impian semua lulusan SMA. Terkadang, teman-teman kamu juga menjatuhkan pilihan perguruan tinggi yang sama dengan pilihanmu. Apalagi jika memilih universitas sama disengaja agar tetap kompak.

Cara seperti ini justru membuat peluang kamu lolos SNMPTN semakin kecil. Jadi, jika ingin lolos, baiknya pilih kampus atau PTN dengan calon pendaftar minim.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja tips lolos SNMPTN. Jika belum berhasil lolos SNMPTN, jangan kuatir. Kamu bisa menghadapi SBMPTN. Sedangkan bagi pelajar SMA kelas X dan XI, perjuangan masih panjang. Cek dulu rapor dan terus tingkatkan kegiatan supaya bisa masuk universitas melalui jalur SNMPTN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *