Please Wait
Logo
Ekonomi & Bisnis

Jurusan Akuntansi (Accounting)

Akuntansi

Accounting atau jurusan Akuntansi berhubungan dengan bagaimana mencatat dan menyusun laporan keuangan. Fungsinya supaya dapat membantu perusahaan atau pemilik kepentingan agar dapat mengambil keputusan. Akuntansi juga berhubungan erat dengan angka dan tingkah manusia. Pilihan utama mahasiswa akuntansi adalah berkarir di sektor keuangan. Tugasnya mengisi berbagai industri non-keuangan, nirlaba, dan pemerintahan. Secara umumnya, Jurusan ini mendidik para mahasiswanya agar mampu menguasai laporan keuangan sesuai standar perusahaan sekaligus mampu menganalisis laporan tersebut.

Universitas123 - Karakter - Akuntansi

Karakter siswa yang sesuai

Teliti
Suka berhitung
Suka menganalisis
Membuat Rekomendasi
Melakukan Evaluasi
Kemampuan manajerial
Terstruktur
Apakah karakter kamu sesuai? Cari tau disini
Universitas123 - Mengapa Akuntansi

Mengapa Akuntansi

Jika suka membantu orang lain, buka kantor konsultan pajak atau jadi pengacara pajak.

Tingkatkan keunggulan diri dengan memperoleh sertifikasi profesional bidang Akuntansi.

Jika ingin lebih dari sekedar staf kantor, kamu bisa membuat kantor sendiri, misalnya kantor akuntan untuk membuka lapangan pekerjaan.

Jurusan Akuntansi juga sesuai bagi para mahasiswa yang ingin berkarir pada industri bisnis.

Jenjang karir mahasiswa Akuntansi pada bagian keuangan sangat tinggi.

Hampir semua sektor memerlukan staf akuntansi, sehingga prospek kerjanya bagus. Lulusan jurusan Akuntansi berpeluang bekerja pada sektor apapun.

Universitas123 - Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan Keahlian

Selama kuliah, kamu dituntut untuk teliti, apalagi untuk urusan perhitungan. Kamu juga harus mampu menganalisis untuk melengkapi kemampuan lainnya seperti ketika menyajikan laporan keuangan, menilai, dan menginterpretasikan angka. Dari seluruh skill tersebut, mahasiswa Akuntansi dituntut mampu membuat rekomendasi, mengelola, juga mengevaluasi keuangan termasuk anggaran. Skill ini membuat mahasiswa jurusan Akuntansi banyak dicari.

Universitas123 - Kehidupan di Kampus

Kehidupan di Kampus

Selama kuliah jurusan Akuntansi, membutuhkan waktu 8 semester atau 4 tahun. Setelah lulus, kamu akan menyandang gelar Sarjana Ekonomi dan Sarjana Akuntansi. Selain belajar laporan keuangan termasuk pembuatan laporan keuangan sesuai standar perusahaan, kamu juga harus belajar melakukan analisis laporan keuangan, memperhatikan apakah sebuah usaha sudah dapat dikatakan layak atau tidak melalui laporan keuangan. Belajar audit juga penting untuk mempelajari apakah laporan keuangan sudah tepat atau tidak. Selama perkuliahan, kamu akan bertemu beberapa materi seperti Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Pemerintahan, dan lainnya.

Universitas123 - Prospek & Karir

Rekomenasi Kampus

User Profile

Universitas123