Alasan Masuk MPK yang Harus Siswa SMA Tahu

Bacaan Umum
Universitas123 | 15 December 2021
Alasan Masuk MPK yang Harus Siswa SMA Tahu

Alasan Masuk MPK sangat wajib dan penting untuk anda ketahui sebagai siswa di SMA. Hal ini karena akan membantu anda dalam pengembangan dan eksplorasi potensi yang ada dalam diri anda. Maka dari itu, inilah beberapa alasan mnegapa anda harus masuk dalam ekstra kurikuler MPK saat masuk dalam jenjang bangku SMA, simak info selengkapnya ya.

Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan yang Bermanfaat yakni Kepemimpinan dan Pengembangan Diri

Alasan yang pertama mengapa anda harus masuk MPK ialah untuk Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat yakni kepemimpinan dan pengembangan diri. Walaupun anda sebenarnya masih berada dalam status pelajar, maka bukan menjadi suatu yang salah untuk anda bisa mengasah soft skill khusunya dalam melatih kepemimpinan sedini mungkin.

Alasan Masuk MPK yang satu ini juga dapat menjadi suatu kegiatan organisasi yang dapat menjadi selingan yang memiliki manfaat di sela-sela kgiatan utama anda yaitu belajar di sekolah tentunya. Dengan begitu inilah alasan mengapa mengisi waktu menjadi sebuah hal yang penting untuk anda masuk MPK.

Dengan begitu guru dan orang tua akan sangat senang jika murid atau anaknya ini lebih memilih untuk mengisi waktu luang yang dimiliki untuk kegiatan yang bermanfaat baik untuk diri sendiri dan orang lain tentunya.

Melatih Beragam Kemampuan Mulai dari Kerja Sama, Komunikasi dan Kedisiplinan

Alasan Masuk MPK yang berikutnya ialah melatih kemampuan dalam kerja sama, kominikasi hingga kedispilinan. Ketiga hal tersebut ialah soft skill yang baik untuk anda pelajari dan terapkan dalam kehidupan keseharian anda. Banyak diantara teman teman yang memilih untuk memulia beroganisasi saat kuliah.

Namaun yang perlu anda percaya dan ketahui, mereka yang cenderung memilih untuk berorganisasi ketika masih pelajar akan otomatis melanjutkannya nanti ketika telah berada di bangku perkuliahan. Hal ini karena manfaat dan berbagai pengalaman yang akan anda dapatkan sangat banyak, mulai dari kemampuan untuk menjalin kerja sama dengan orang lain.

Selain itu melatih komunikasi dengan berbagai pihak yang memiliki keterkaitan dalam organisasi MPK. Setelah itu, juga kedisiplinan untuk menyelesaikan amanaha dan tanggung jawab tepat waktu, mendatangi rapat tepat waktu dan lain sebagainya. Inilah kenapa melatih soft skills dapat anda jadikan alasan untuk masuk organisasi MPK yang satu ini.

Menyalurkan Ide dan Bekontribusi Pada Sekolah

Alasan Masuk MPK yang berikutnya ialah menyalurkan ide dan kontribusi pada sekolah. Bagi anda yang memiliki ide untuk peraturan yang ada di sekolah berubah menjadi lebih baik. Lalu, juga memiliki saran dan ide kegiatan supaya antar angkatan bisa lebih mengenal antar satu dengan yang lainnya.

Nah, dengan anda memutuskan untuk gabung dengan organisasi MPK, maka anda akan menyalurkan ide dan kontribusi untuk berperan dalam rangka memajukan sekolah anda. Nah, dengan begitu anda akan lebih dikenal oleh para guru, khususnya para pembina dari organisasi MPK.

Dengan begitu anda bisa menyampaikan keresahan dan saran yang membangun untuk sekolah anda. Nah, saran dan masukan serta kersahan akan lebih mudah untuk didengar dan ditindak lanjuti oleh pihak sekolah di kemudian hari.

Begitulah Alasan Masuk MPK mengapa jika anda memiliki banyak ide dan ingin memajukan sekolah maka anda tepat sekali untuk masuk ekstra kurikuler dan organisasi MPK yang satu ini.

Menambah Relasi dalam Koneksi dan Pertemanan

Alasan masuk organisasi MPK yang berikutnya ialah menambah relasi dalam koneksi dan pertemanan. Dengan begitu anda akan kenal dengan teman seangkatan bahkan hingga lintas angkatan yang ada diatasa atau dibawah anda. Hal ini akan lebih baik bagi anda karena kamu bisa melakukan kerja sama dengan mereka ketika menjadi pengurus didalam MPK.

Alasan Masuk MPK yang satu ini akan membuat anda menganl tak hanya teman dan guru saja lho. Namun, anda juga bisa mengenal dan berjejaring dengan para alumni yang masih aktif dalam ikatan alumni, terlebih jika anda memiliki program kerja berupa perhelatan acara antar sekolah. Maka anda akan mendapat teman yang berasal dari sekolah yang lainnya.

Menambah Pengalaman

Alasan masuk ekstra kurikuler MPK yang berikutnya ialah menambah pengalaman. Hal ini bukan alasan yang mengherankan, karena di dalam MPK akan ada banyak kegiatan yang akan anda selenggarakan.

Kegiatan tersebut bisa berupa lomba antar kelas, perayaan HUT (Hari Ulang Tahun) sekolah serta berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan kegiatan yang disusun oleh anak MPK dan guru pembina MPK. Dalam penyelenggaraan kegiatan tentu dalam jangka waktu satu tahun periode kepengurusan.

Membuat Anda Lebih Percaya Diri

Alasan Masuk MPK yang berikutnya ialah membuat anda memiliki rasa percaya diri yang lebih dari sebelumnya. Hal ini dapat terjadi karena lolos dari seleksi yang diselenggarakan aja bukan suatu hal yang mudah.

Selain itu, dalam event-event atau kegiatan sekolah yang diadakan oleh MPK tidak jarang memaksa anda untuk berbicara di depan umum. Nah, dengan begitu ras apercaya diri akan semakin tertanam dalam kepribadian anda. Ini juga akan melatih kemapuan soft skill berupa public speaking yang ada di dalam diri anda.

Alasan Masuk MPK yang telah dipaparkan diatas semoga dapat menjadi info yang bermanfaat untuk anda baca dikala mengisi waktu luang. Nah, anda masih ingin mengisi waktu luang dengan baca artikel? Yuk bisa cek langsung nih di universitas123.com yaa.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait