Alasan Masuk OSIS dan Mengenal Tugasnya Lebih Jauh

Bacaan Umum
Universitas123 | 16 March 2023
Alasan Masuk OSIS dan Mengenal Tugasnya Lebih Jauh

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi yang ada di Sekolah Menengah (SMP dan SMA) yang memiliki tugas dan wewenang sesuai ketentuan sekolah. Orang-orang yang tergabung dalam OSIS memang dipilih sendiri oleh siswa OSIS pada angkatan sebelumnya agar bisa mengembangkan program yang telah dijalankan.

OSIS memang menjadi organisasi incaran para siswa siswi karena dinilai sangat berguna untuk perkembangan karakter di dalam lingkungan sekolah. Hal tersebut menjadi salah satu alasan masuk OSIS oleh banyak siswa. Karena itu, tak heran pendaftaan kepengurusan OSIS selalu ramai dan selalu ketat. Karena memang OSIS merupakan organisasi inti yang ada di lingkungan sekolah.

Sejarah OSIS

Dalam sejarahnya, setiap sekolah baik Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas memiliki tujuan yang baik demi berkembangnya sekolah tersebut baik di dalam lingkup sekolah maupun di luar sekolah. OSIS tercipta atas dasar kepentingan bersama untuk menghindari perpecahan yang bisa terjadi pada tahun 1970 hingga 1972.

Oleh dasar tersebut, hadirlah keinginan pemimpin organisasi siswa untuk menghindari perpecahan yang kerap terjadi di dalam lingkungan maupun di luar sekolah. Dibentuknya organisasi OSIS ini juga merupakan usulan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dan hal tersebut menjadi alasan masuk OSIS pada saat itu.

Alasan Masuk OSIS

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengikuti kegiatan OSIS, antara lain :

  • Untuk mengembangkan kemampuan berorganisasi

Alasan masuk OSIS yang pertama adalah untuk mengembangkan kemampuan berorganisasi di lingkungan sekolah. Nantinya kamu akan mengerti bagaimana lingkup organisasi karena hal ini sangatlah penting sebagai bekal di pendidikan selanjutnya atau bahkan di dunia kerja nantinya. Sehingga OSIS bisa dikatakan tempat untuk mengembangkan diri dalam lingkungan sekolah.

  • Mencari pengalaman

Selain untuk mengembangkan kemampuan berorganisasi, alasan masuk OSIS  berikutnya adalah untuk mencari pengalaman. Pasalnya, OSIS merupakan organisasi yang kerap menjadi wadah untuk menyukseskan acara yang dibuat oleh sekolah. Sehingga kamu berkesempatan untuk bisa mendapatkan pengalaman yang banyak dari OSIS.

  • Menggarap program kerja

Dan alasan masuk OSIS yang terakhir adalah adanya program kerja yang kamu miliki. Jika kamu memiliki program kerja dan ingin menerapkannya dalam lingkungan sekolahmu, kamu harus menjadi ketua atau wakil ketua. Nantinya jika program kerjamu sesuai dengan ketentuan dari pihak sekolah, maka program kerja kamu bisa diterapkan.

Terkait:
5 Pertanyaan Out Of The Box Untuk Diajukan Kepada Calon Ketua OSIS

Tugas OSIS

OSIS secara harfiah memiliki tugas untuk mengelola aktivitas yang berkaitan dengan pihak sekolah dan pihak siswa agar mencapai tujuan yang positif. Siswa yang bergabung di dalam OSIS juga memiliki tugas masing-masing untuk bisa membangun OSIS lebih baik lagi. Siswa siswi yang telah tergabung di dalam OSIS tersebut disebut dengan pengurus OSIS.

Selain pengurus OSIS, ada juga pembina OSIS yang memegang penuh kendali OSIS tentang aktivitas dan program kerja yang akan dilakukan oleh OSIS. Pembina OSIS biasanya merupakan seorang guru yang memiliki tanggung jawab untuk membina organisasi OSIS tersebut.

 

Simak terus informasi lainnya tentang OSIS dan rekomendasi universitas terbaik lengkap dengan alur pendaftarannya hanya di website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait