Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 December 2021
Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Kamu tahu tidak kalau ternyata musik itu dapat membantu mental kita lebih kuat dan membuat emosi menjadi tenang? Bahkan cukup banyak orang yang mendengarkan musik untuk menyemangati mereka. Mungkin kamu juga salah satu dari orang-orang tersebut.

Pembuatan musik ini tentunya memerlukan alat musik yang akan digunakan. Alat musik tersebut terbagai menjadi alat musik modern dan tradisional. Alat musik modern pasti sering kamu jumpai, seperti gitar elektrik, biola, keyboard, dan yang lainnya.

Tapi, apa kamu tahu mengenai alat musik tradisional di Indonesia? Negara kita juga memiliki beragam alat musik yang tak kalah kerennya, lho. Yuk, kita simak beberapa alat musik tradisional di Indonesia yang terkenal sampai mancanegara!

Alat Musik Tradisional Indonesia

1. Gamelan

Alat musik yang satu ini sudah dikenal sampai ke luar negeri. Menariknya, gamelan ini merupakan gabungan dari beberapa alat musik tradisional yang ada di Indonesia yang dimainkan secara bersamaan. Menurut falsafah masyarakat Jawa, harmonisme irama pada musik gamelan merupakan lambang dari keselarasan hidup.

Gamelan juga sudah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO sejak tahun 2014. Beberapa negara di luar sana bahkan memasukkan gamelan menjadi kurikulum pembelajaran.

2. Angklung

Selain gamelan, angklung juga merupakan salah satu warisan budaya. Angklung sempat menarik perhatian masyarakat internasional karena terdapat sekitar 5.000 orang di Washington DC yang berkumpul untuk memainkan lagu Michael Jackson "We Are The World" dengan diiringi angklung. Mereka pun berhasil memecahkan Guinness Book of World Record di tahun 2011.

3. Kolintang

Di daftar selanjutnya, terdapat alat musik pukul kebanggaan masyarakat suku Minahasa di Sulawesi Utara. Kolintang memamerkan keindahannya pada tahun 2016 yang dibawa oleh 7 orang pemain musik ke Australia, tepatnya di gedung Sydney Opera House. Menyusul angklung, alat musik tradisional ini juga diajukan ke UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 2018 silam.

4. Sasando

Berbeda dengan alat musik lainnya, alat musik asal Pulau Rote, NTT ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu terbuat dari bambu. Walau bentuknya hampir mirip dengan harpa, sasando memiliki hasil nada yang berbeda dan khas.

Keunikan itu membuat sasando menjadi cukup terkenal di ranah internasional. Bahkan terdapat beberapa pemain sasando yang sukses dan tampil di berbagai negara, yaitu Jacob Hendrich dan Djitron.

5. Tifa

Alat musik tradisional berikutnya adalah Tifa. Alat musik ini merupakan jenis alat musik tabuh dan identik dengan suku-suku di Indonesia bagian timur, terutama Maluku dan Papua.

Tifa umumnya digunakan pada upacara adat, pertunjunkan musik, dan pengiring tarian tradisional. Namun, secara bentuk, terdapat perbedaan antara Tifa Papua dan Tifa Maluku. Di Maluku, Tifa memiliki bentuk tabung dan tidak diberi pegangan. Sedangkan di Papua, bagian tengahnya dibuat lebih melengkung dan terdapat pegangan.

Tifa sendiri pernah mendapatkan sertifikat penghargaan hak cipta atas musik sebagai miliki suku Malind di Merauke oleh Belanda. Ditambah lagi, Tifa pernah dipajang di museum budaya dunia yang terletak di Jerman.

Sekarang kamu sudah tahu kan alat musik tradisional Indonesia yang mendunia? Yuk, kita turut lestarikan budaya lokal ini!

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait