Apa Itu Akbid? Ini Informasi Lengkap dan Prospek Kerjanya

Bacaan Umum
Universitas123 | 06 April 2022
Apa Itu Akbid? Ini Informasi Lengkap dan Prospek Kerjanya

Apa itu akbid? Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang akbid, namun tidak mengetahui banyak tentang jurusan tersebut. Akbid ini banyak dipilih oleh mahasiswa yang ingin bergabung dengan jurusan bidan. Jadi, jurusan kebidanan ini merupakan program studi yang akan membantu untuk mengajarkan mahasiswa menolong persalinan.

Memutuskan untuk masuk Akbid, kamu akan dilatih melakukan pemeriksaan kehamilan, melakukan perawatan pada ibu hamil, dan memberikan asuhan pada ibu hamil. Di Indonesia saat ini banyak sekali Akbid yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi dalam bidang kebidanan. 

Apa itu Akbid?

Akbid atau Akademi Kebidanan adalah pendidikan kesehatan pada tingkat Akademi yaitu program Diploma 3 yang memiliki kekhususan untuk mempelajari bidang kebidanan. Bidan merupakan seorang wanita yang sudah menyelesaikan program pendidikan kebidanan dengan telah diakui negara dengan memenuhi kualifikasi daftar dan memiliki izin untuk menjalankan praktik kebidanan. 

Profesi kebidanan merupakan proses yang sudah diakui dunia internasional sebagai salah satu profesi yang memiliki  kedekatan dengan perempuan selama siklus kehidupannya. Sebagai salah satu profesi dalam bidang kesehatan atau saja bidang ini memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan kebidanan yaitu memeriksa kesehatan reproduksi pada perempuan remaja putri, calon pengantin, ibu-ibu hamil, ibu bersalin, masa nifas, masa interval, dan lain sebagainya. 

Selain itu, seorang bidan juga memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan masyarakat. Perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan nasional dan internasional juga begitu cepat. 

Prospek Pekerjaan Lulusan Akademi Kebidanan

Bagaimana dengan prospek pekerjaan setelah lulus dari akademi kebidanan? Prospek pekerjaan dari lulusan kebidanan sangat luas dan terus dibutuhkan di masa depan. Nantinya mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dengan cara cepat, kemampuan melakukan observasi, kemampuan analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan interpersonal. 

Berbagai macam kemampuan tersebut, tentu mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Pekerjaan utama bagi lulusan kebidanan adalah menjadi seorang bidan. Apabila kamu memiliki Sertifikasi Kompetensi Bidan, secara otomatis akan memberikan nilai tambah. 

Secara umum, rata-rata gaji lulusan kebidanan ini sekitar 4 juta sampai 6 juta dan hal tersebut juga ditentukan dari lokasi tempat kamu bekerja. 

Selain bekerja sebagai bidan, kamu juga bisa berperan sebagai penyuluh kesehatan maupun Keluarga Berencana loh. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan dirimu dalam hal lain. Misalnya, menjadi instruktur prenatal Yoga maupun instruktur senam ibu hamil. Menjadi seorang bidan, ada juga bersifat pekerjaan lain yang bisa dipilih oleh lulusan Akademi Kebidanan, seperti berikut;

  • Menjadi dosen
  • Menjadi pengasuh anak maupun bayi
  • Pekerja sosial media
  • Perawat lansia 
  • Penyuluh kesehatan masyarakat
  • Research and development
  • System analyst

Semua pekerjaan tersebut bisa kamu dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Kebidanan.

Setelah mengetahui apa itu update kamu memiliki rasa tertarik untuk menjadi seorang bidan yang profesional untuk membantu proses melahirkan ibu dan bayi, maka bergabung dengan Akademi Kebidanan yang berkualitas bagus di daerahmu. Pastikan bahwa kamu mendapatkan pendidikan terbaik dan upayakan setelah lulus bisa memiliki karir sesuai dengan bidangnya. 

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait