Apa Itu Hortikultura, Ciri-Ciri, Manfaat dan Contohnya

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 June 2022
Apa Itu Hortikultura, Ciri-Ciri, Manfaat dan Contohnya

Apa itu hortikultura? Hortikultura adalah sebuah cabang ilmu di mana kamu bisa belajar tentang pertanian mulai dari tanaman buah, sayur dan tanaman hias. Hortikultura diambil dari bahasa Latin yaitu dari kata hortus, artinya yaitu taman dan kata colere yang berarti menumbuhkan.

Jika diterjemahkan secara umum, hortikultura adalah pembahasan secara menyeluruh tentang bagaimana mengelola taman. Tetapi juga bisa berhubungan dengan produksi komersial pertanian secara intensif.

Manfaat Dan Pentingnya Hortikultura

Setelah mengetahui apa itu hortikultura, kamu juga harus tahu apa saja manfaat maupun peran penting hortikultura dalam kebutuhan manusia. Hortikultura sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi misalnya sayuran maupun buah-buahan.

Selain itu juga dapat mendongkrak perekonomian karena dapat membantu meningkatkan hasil pertanian hingga ke luar negeri. Bagi negara dengan sistem hortikultura yang baik, maka sudah pasti akan lebih memperoleh apresiasi terkait sektor obat-obatan dan juga sandang pangan.

Tanaman hortikultura mempunyai nilai jual cukup bagus dan seimbang dengan usaha yang dapat kamu lakukan dalam meningkatkan hasil pertanian sekaligus membantu negara Indonesia dalam meningkatkan devisa. Hal ini karena masing-masing negara pasti mempunyai persaingan dalam hal menawarkan produk unggulan pada sektor pertanian.

Sedangkan manfaatnya bagi masyarakat yaitu hortikultural mampu memberikan stok makanan sehat dan bermanfaat sekaligus untuk menghilangkan stres bagi masyarakat yang berada pada area perkotaan. Tanaman hortikultura yang tertata rapi justru membuat kesan alami dan menenangkan.

Ciri-Ciri Tanaman Hortikultura

Kamu bisa membedakan antara tanaman hortikultura dan tanaman lainnya kamu bisa menggunakan informasi tentang Apa saja ciri-ciri tanaman hortikultura sebagai berikut:

  1. Tanaman hortikultura cepat rusak ataupun layu karena adanya kandungan air yang cukup tinggi
  2. Mutu dan kualitas pada produk tanaman hortikultura bisa dilihat dari kondisinya. Jika tanaman tampak segar, maka masih dalam kualitas yang baik
  3. Harga tanaman hortikultura bergantung pada kualitas keadaan masing-masing tanaman
  4. Tanaman hortikultura juga mempunyai kandungan vitamin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan karbohidratnya.

Perbedaan Hortikultura Dan Perkebunan

Perbedaan paling mendasar tentang hortikultura dan perkebunan adalah pada hasil tanaman. Tanaman hortikultura merupakan hasil bercocok tanam yang bisa langsung dimanfaatkan.

Sedangkan tanaman dari hasil perkebunan harus melewati proses atau tahap produksi terlebih dahulu, atau harus melewati pengolahan supaya dapat dimanfaatkan.

Contoh tanaman hasil perkebunan yaitu karet, Kakao, teh, kopi dan lainnya. Sedangkan contoh tanaman hortikultura, buah, sayuran, tanaman hias, dan tanaman obat. Contoh tanaman hortikultura dari jenis buah yaitu rambutan, mangga, semangka atau buah jeruk. Sedangkan contoh tanaman sayuran yaitu kacang-kacangan, sawi, dan juga tomat. Contoh tanaman hortikultura pada jenis tanaman hias yaitu bunga mawar, lidah buaya, bunga anggrek dan lainnya. Apa itu hortikultura dari tanaman obat contohnya adalah kunyit, jahe, cabe jawa, dan lainnya.

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa itu hortikultura, perbedaannya dengan hasil perkebunan, manfaatnya, dan ciri-ciri maupun contoh tanaman tersebut. Dengan informasi ini kamu jadi lebih paham tentang tanaman hortikultura yang jelas sudah berbeda dengan tanaman pada hasil perkebunan.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait