Apa Itu Ilmu Kimia? Apa Saja yang Termasuk Cabang Ilmu Kimia?

Bacaan Umum
Universitas123 | 07 December 2021
Apa Itu Ilmu Kimia? Apa Saja yang Termasuk Cabang Ilmu Kimia?

Banyak orang yang belum sepenuhnya paham mengenai apa itu ilmu kimia dan pembagian cabang ilmunya. Padahal ilmu kimia sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kamu membutuhkan ilmu kimia secara tidak langsung agar bisa menjalankan aktivitas sebagaimana biasanya.

Apakah Pembelajaran dalam Ilmu Kimia?

Pengertian ilmu kimia adalah salah satu cabang ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, perubahan materi, dan sifat sebuah benda. Secara umum, ilmu kimia juga mempelajari rekayasa materi, sehingga ia berubah menjadi materi lain. ilmu kimia mencakup topik-topik seperti sifat-sifat atom, caranya membentuk ikatan kimia, dan interaktif beberapa zat melalui gaya antarmolekul.

Ilmu tentang kimia sudah dipraktikkan sejak tahun 3500 SM. Di kawasan Mesir Kuno sudah mengenal reaksi kimia yang umum, seperti cara membuat anggur dan pengawetan mayat. Hal ini menjadi salah satu penguat bahwa ilmu kimia sudah mendarah daging dalam kehidupan manusia, meski tanpa disadari.

Cabang Ilmu Kimia yang Perlu Kamu Pahami

Jika ingin belajar mengenai apa itu ilmu kimia lebih dalam, maka kamu juga harus mengerti tentang cabang pembagian ilmu kimia yang ada di dalam masyarakat. Bidang yang dipelajari dalam keilmuan satu ini cukup luas, sehingga para ahli membaginya dalam beberapa bidang ilmu yang penting.

1. Ilmu Kimia Fisika

Cabang ilmu Kimia Fisika menjadi bagian dari ilmu kimia yang mempelajari tentang sebuah zat dalam skala mikroskopik, atomik, dan sub atomik pada sistem kimia dengan memakai hukum dan konsep fisika. Biasanya, hal-hal yang dipelajari di dalamnya mengenai prinsip dan konsep fisika seperti pergerakan, gaya, energi, waktu, statistika dan lainnya.

2. Kimia Analitik

Pengertian Bidang Kimia Analitik adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari tentang cara memisahkan dan mengindentifikasi sebuah zat penyusun dalam suatu bahan tertentu serta menentukan kadarnya secara spesifik. Oleh karena-nya, kimia analitik dibedakan menjadi dua bagian pokok, yakni analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Secara umum, Kimia Analitik meliputi proses dalam identifikasi zat tertentu, melakukan pengelompokan zat, dan pembentukan zat baru. Setelahnya akan dilakukan analisis agar jelas dan terang mengenai zat yang sedang diteliti.

Memahami apa itu ilmu kimia analitik tentu akan bersinggungan dengan fokus penelitian dan pengembangan diri pada desain eksperiman. Tak hanya itu saja, konsep tentang pengukuran kimia, pembuatan teknik baru, tentu menjadi salah satu pokok bahasan yang cukup intens diterapkan.

3. Kimia Organik

Cabang dalam Kimia Organik merupakan ilmu yang akan memberikan pembelajaran tentang sintesis dan sifat-sifat senyawa organik. Secara umum, senyawa organik yang dimaksud adalah terdiri dari senyawa-senyawa hidrokarbon dan turunannya. Bidang Kimia Organik memiliki peranyang amat vital dalam sintesis senyawa, analisa gugus karbon dan penelitian yang berhubungan dengan atom karbon sejenisnya.

Materi dasar yang akan dipelajari dalam Kimia Organik yakni tentang Hidrokarbon, serta tata nama senyawa hidrokarbon. Jika kamu berkuliah di jurusan kimia, maka pembelajaran akan terikat pada beberapa senyawa organik halogen dan beberapa hidrokarbon lainnya. di sini kamu akan diajak untuk melakukan riset di bidang kimia organik, kemudian mengarah pada topik yang berkaitan dengan organometalik, termasuk lantanida dan logam transisi.

4. Kimia Anorganik

Salah satu cabang ilmu dalam kimia yang akan berguna untuk kehidupan manusia adalah Kimia Anorganik. Di dalamnya, kamu akan belajar tentang sintesis dan sifat-sifat senyawa anorganik seperti garam, mineral, logam, serta senyawa organometalik. Tak hanya itu saja, bidang satu ini juga akan mempelajari tentang pembentukan kristal, pemisahan senyawa anorganik, pelapisan materialm dan masih banyak lagi.

Karena kegunaan dan pengertian apa itu ilmu kimia anorganik yang memiliki cakupan yang luas, bidang ini kerap dipakai untuk keperluan industri. Seperti dalam industri cat, gelas dan kaca, industri tekstil, plastik dan lainnya.

5. Biokimia

Pengertian cabang ilmu biokimia yakni cabang ilmu kimia yang mempelajari segala proses kimiawi dalam tubuh makhluk hidup, kemudian menganalisis senyawa-senyawa yang terlibat dalam reaksi tersebut. Bidang ini erat kaitannya dengan komponen kimia sel, pembuatan obat, penelitian genetik, penelitian rangkaian reaksi dalam tubuh manusia dan hewan, penelitian enzim, serta penelitian lain dalam kaitan ilmu kimia dan biologi.

Secara umum, biokimia mempelajari tentang struktur, fungsi, dan interaksi biologis secara lebih detail. Unsur tersebut didapat dari suatu makromolekul: karbohidrat, asam nukleat, lemak baik, dan protein.

Dalam aplikasinya, biokimia merupakan topik yang cukup dekat kaitannya dengan ilmu botani, medisinal, hingga biologi molekular ketika meneliti zat dan sel hidup. Adapun fokus penelitian biokimia yang dilakukan beberapa tahun terakhir yakni berkaitan dengan kondisi suatu molekul yang dapat mempercepat proses kimiawi dalam suatu makhluk hidup.

Baca juga : Peran penting kimia dalam kehidupan sehari - hari 

Setelah memahami apa itu ilmu kimia dan peluang kerjanya, kini saatnya kamu mulai memutuskan. Pilihan dan passion-mu akan menjadi penentu baik ketika mengambil keputusan. Usahakan bahwa kamu melakukan sesuatu yang berharga dan kamu sukai. Hal itu akan membuka peluang untuk hasil yang lebih maksimal.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait