Apa itu Jurusan Akuntansi? Yuk Simak Penjelesanya di Sini!

Bacaan Umum
Universitas123 | 22 March 2022
Apa itu Jurusan Akuntansi? Yuk Simak Penjelesanya di Sini!

Pernah terlintas di benak kamu tentang apa itu jurusan Akuntansi? Apakah kamu pernah mendengar jurusan dengan peminat tertinggi dalam kalangan sosial humaniora? Atau apakah kamu pernah mendengar jurusan yang kerjaannya berkecimpung dengan uang dan memiliki jenjang karir yang bagus? Yap, jurusan tersebut adalah jurusan akuntansi.

Berdasarkan data peserta yang mengikuti SBMPTN pada tahun 2021 terdapat rata-tata peminat untuk jurusan akuntansi sebesar 2500 peminat dengan total daya tampung sekitar 60 peminat pada setiap universitas di Indonesia. Angka ini termasuk dalam kategori tinggi apabila kamu sejajarkan dengan jurusan lain dijajaran sosial humaniora.

Yuk mari kita mengenal apa itu akuntansi dan jurusan akuntansi serta mengapa sangat penting untuk memahami akuntansi.

Mengenal Apa itu Jurusan Akuntansi

1. Definisi

Akuntansi secara definisi merupakan sistem untuk mengolah transaksi menjadi informasi keuangan dengan tujuan memberikan sumber pengetahuan bagi para pemilik kepentingan. Dalam penerapannya akuntansi dapat dijadikan sebagai sebuah sistem dengan fungsi dasar sebagai input, proses, maupun output. Dalam teknisnya input dapat berupa transaksi-transaksi yang melibatkan bisnis atau perusahaan misalnya transaksi berkaitan dengan pembelian dan penjualan maupun transaksi-transaksi operasional lain yang menyebabkan perubahan pada aset, utang, dan modal perusahaan.

2. Proses dalam Akuntansi

Proses dalam akuntansi berkaitan dengan pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam rangka penyediaan informasi. Langkah-langkah yang termasuk dalam proses ini di antaranya adalah penjurnalan, pembuatan buku besar, pembuatan jurnal penutup dan lain sebagainya.

Landasan yang menjadi pilar utama

Selanjutnya adalah penyusunan proses akuntansi, ada tiga landasan yang menjadi pilar utama yaitu matematika, prinsip-prinsip dasar, dan rancang-bangun.

  • Pilar Matematika: Hukum dasar yang berlaku di akuntansi berpijak pada ilmu matematika khususnya aljabar.
  • Prinsip-prinsip Dasar: memiliki arti akuntansi memiliki aturan yang telah ditetapkan pelaksanaannya contohnya adalah Standar Informasi Keuangan (SAK)
  • Pilar Rancang-Bangun: rancang-bangun memiliki arti pengolahan setiap informasi akuntansi harus berdasarkan kebutuhan pengguna informasi.

Terakhir adalah output yaitu berupa sebuah laporan keuangan sebagai hasil dari proses pengolahan transaksi dan pembuatan beberapa jurnal yang menjadi pendukung proses akuntansi.

Laporan keuangan ini secara umum berisi tentang informasi arus kas, utang, dan modal dalam suatu perusahaan, kemudian memuat informasi tentang laba dan rugi suatu perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan inilah perusahaan dalam hal ini pemilik kepentingan dapat memutuskan pilihan yang akan diambil untuk mengembangkan perusahaan.

Memahami Apa itu Jurusan Akuntansi

Penjelasan berikutnya mengenai apa itu jurusan Akuntansi selanjutnya dengan memahaminya. Jurusan akuntansi merupakan salah satu program studi yang tersedia pada  sebagian besar universitas di Indonesia maupun dunia sebagai salah satu program studi dengan peminat terbanyak dengan  passing grade yang tinggi untuk lulusan pada setiap tahunnya. Jurusan akuntansi merupakan salah satu dari tiga program studi yang disediakan oleh fakultas ekonomi dan bisnis pada setiap universitas dan tergabung di jajaran sosial humaniora.

1. Jenjang Karir Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi juga termasuk salah satu jurusan yang memiliki jenjang karir yang bagus. Hal ini dapat dilihat dari permintaan atau penawaran kerja terhadap setiap lulusannya yang tinggi. Banyak sektor yang membutuhkan para lulusan jurusan akuntansi, tidak hanya sektor swasta dalam hal ini perusahaan yang membutuhkan tenaga lulusan akuntansi bahkan sektor pemerintahan pun memiliki permintaan yang tinggi terhadap lulusan akuntansi.

Selain dua sektor tersebut para akuntan (sebutan untuk lulusan akuntansi) dapat berkarier pada sektor lain misalnya menjadi eksternal auditor, konsultan keuangan dan perpajakan, pengembang sistem informasi akuntansi maupun pada bidang akuntansi forensik

2. Keahlian yang Harus Dimiliki Akuntan

Lulusan jurusan akuntansi pada umumnya memiliki kualifikasi untuk membaca, menyusun, dan menganalisis laporan keuangan yang menjadi sumber informasi yang dibutuhkan baik sektor swasta maupun sektor pemerintahan. Keahlian ini menjadi nilai utama dari lulusan jurusan akuntansi yang menunjang dalam memperoleh jenjang karir yang baik dimasa depan. Dengan keahlian ini para lulusan jurusan akuntansi juga dapat mengembangkannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi tergantung pada minat dalam spesifikasinya misalnya pada keahlian audit, keahlian akuntansi pada sektor publik, keahlian akuntansi dalam menyusun sistem informasi akuntansi, maupun beberapa bidang yang terkait dengan akuntansi manajemen pada perusahaan.

Keahlian yang dimiliki oleh lulusan jurusan akuntansi sangat dihargai oleh setiap sektor swasta dan pemerintah yang menjadikan nilai imbal jasa yang diterima oleh para akuntan tergolong tinggi pada setiap sektor sesuai dengan kualifikasinya masing-masing. Dan yang paling penting dari jurusan akuntansi adalah setiap lulusannya dapat berkontribusi memberikan jasa dalam bentuk ide untuk mengembangkan perekonomian negaranya dengan cara memberikan informasi yang relevan dan andal sebagai pertimbangan suatu negara dalam mengambil setiap keputusan keuangan.

Itulah pembahasan singkat mengenaii apa itu jurusan Akuntansi? Apakah kamu tertarik menjadi salah satu orang yang beruntung menjadi bagian dari lulusan jurusan akuntansi? Tentukan pilihanmu! Agar kamu lebih yakin dengan pilihanmu, kamu bisa mengunjungi halaman web universitas123 untuk mengetahui semua informasi rincinya ya!

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait