Apa Itu Profesi? Ini Pengertian Menurut Ahli dan Karakteristik

Bacaan Umum
Universitas123 | 11 March 2022
Apa Itu Profesi? Ini Pengertian Menurut Ahli dan  Karakteristik

Apa itu profesi? Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin sering mendengar kata profesi namun tidak memahami istilah tersebut dengan baik. Masih banyak orang yang menganggap bahwa profesi dan pekerjaan ini memiliki arti yang sama. Namun kedua hal tersebut tentu berbeda. 

Istilah profesi ini dapat mengacu pada siapa saja yang menjadi nafkah dalam melakukan kegiatan  membutuhkan tingkat pendidikan keterampilan maupun pelatihan tertentu. Memahami istilah profesi dengan baik  bisa membantu kamu untuk mengetahui bagaimana sebaiknya menemukan pekerjaan yang sesuai dengan peminatan.

Pengertian Profesi Menurut Ahli

Jadi profesi adalah bidang pekerjaan yang dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan didalamnya. Biasanya akan ada standar tersendiri pada profesi tertentu. Jadi profesi ini merupakan pekerjaan yang memiliki kaitan dengan profesionalisme dan menjadi salah satu karakteristik. 

Profesi dapat diperoleh seseorang dengan penghasilan dari pengetahuan maupun pengalaman khusus mereka. Contohnya, profesi seperti petani, pengacara, akuntan, dan banyak beberapa jenis profesi lainnya. Indikator di dalam profesi ini adalah integritas, kepercayaan, keahlian, dan etika.

Ada Pengertian profesi menurut beberapa ahli, seperti berikut. 

  • Profesi merupakan pekerjaan dari kelompok terbatas orang-orang yang memiliki keahlian khusus yang diperoleh melalui training maupun pengalaman lain. Penyandang profesi ini dapat membimbing atau memberi nasehat, bahkan digunakan untuk melayani orang lain dalam bidangnya. (Kanter)
  • Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai nafkah hidup dengan mengandalkan keahlian dan keterampilan yang tinggi dan melibatkan komitmen pribadi Orang profesional merupakan orang yang menekuni pekerjaan dengan purna waktu, mereka hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan keahlian tersebut sebagai keterampilan dengan komitmen pribadi yang tinggi. (Sonny Keraf)
  • Profesi merupakan suatu kombinasi fitur, kewajiban dan hak yang dibingkai dalam seperangkat nilai  profesional yang umum. (Brooks)

Namun jika dilihat dari arti secara umum, profesi  memiliki asal usul dari bahasa Yunani yaitu Epangelia dengan arti janji untuk memenuhi kewajiban dan melakukan tugas khusus secara permanen. 

Profesi merupakan karir yang membutuhkan perhatian khusus atau gelar berkelanjutan. Biasanya akan ada standar kompetensi tersendiri pada pengetahuan, atau bidang pendidikan yang ditunjukkan serta memenuhi kode etik dan standar etika. Profesi merupakan pekerjaan yang dibayar Terutama ketika melibatkan pelatihan berkepanjangan dan kualifikasi formal. 

Karakteristik Profesi

Profesi ini memiliki kata karakteristik yang memiliki hubungan dengan pekerjaan. Kamu tidak semua jenis pekerjaan merupakan profesi. Ada beberapa karakteristik yang bisa membedakan antara profesi dan pekerjaan, seperti berikut. 

  • Memiliki keahlian berdasarkan pengetahuan teoritis. Para profesional akan memiliki pengetahuan teoritis dan ekstensif pada keahlian untuk mempraktekkan pengetahuan tersebut.
  • Memiliki pendidikan yang ekstensif, merupakan proses pendidikan yang cukup lama dengan jenjang pendidikan tinggi bagi profesi yang prestisius. 
  • Memiliki ujian kompetensi atau ujian pengetahuan di bidang tertentu di mana biasanya ada syarat untuk lulus tes yang menguji pengetahuan teoritis.
  • Adanya pelatihan institusional untuk mendapatkan pengalaman praktis Sebelum menjadi anggota penuh organisasi profesi.
  • Biasanya akan ada asosiasi profesional atau organisasi sebuah profesi dengan tujuan untuk meningkatkan status para anggotanya.
  • Profesi juga memiliki lisensi, sertifikasi di bidang tertentu sehingga seseorang bisa dianggap profesional dalam  keahlian tertentu dan dianggap bisa dipercaya.
  • Kode etik profesi merupakan prosedur dari organisasi profesional yang mengatur para anggotanya agar bekerja sesuai dengan aturan 
  • Memiliki otonomi kerja yaitu pengendalian kerja dan pengetahuan teoritis untuk menghindari intervensi dari luar. 
  • Dapat mengatur diri sendiri dan seseorang yang profesional diatur oleh organisasi profesi tanpa adanya campur tangan pemerintah. 
  • Memiliki layanan publik dan altruisme yaitu sesuatu yang bisa menghasilkan dan dipertahankan selama hubungan dengan keperluan masyarakat.
  • Seseorang yang profesional bisa mendapatkan status yang tinggi prestise, dan imbalan yang layak sebagai pengakuan terhadap pelayanan yang diberikan kepada publik. 

Karakteristik tersebut menunjukkan profesi tidak didapatkan secara sembarangan melainkan dengan pemahaman dan aturan yang tertentu. Bahkan seseorang bisa melewati ujiannya terlebih dahulu untuk dapatkan profesinya.

Penutup

Apa itu profesi? Profesi dapat dianggap sebagai karir yang membutuhkan perhatian khusus atau gelar berkelanjutan. Untuk bisa mendapatkan profesi seseorang harus melanjutkan pendidikan atau mengikuti kursus khusus, sehingga profesi tersebut bisa didapatkan dan dipercaya oleh publik untuk memberikan sebuah layanan.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait