Apa Itu Teknik Geofisika Dan Mata Kuliahnya

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 June 2022
Apa Itu Teknik Geofisika Dan Mata Kuliahnya

Jika kamu penasaran dengan apa itu teknik geofisika, maka kamu akan belajar tentang semua hal yang masih berhubungan dengan fisika, matematika, juga geologi. Teknik geofisika juga merupakan ilmu gabungan antara matematika dan fisika.

Apa itu teknik geofisika juga tentang belajar ilmu yang membahas semua aspek fisik maupun dinamik bumi, bagaimana cara mengukur dan memproses data terkait berbagai macam gejala alam.

Teknik geofisika juga tidak lepas dari penggunaan teknologi untuk kebutuhan sumber daya bumi dan lingkungan alam. Jadi bukan hal yang mengejutkan apabila para mahasiswa jurusan Teknik geofisika pasti sudah jago dalam mitigasi bencana kebumian.

Mata Kuliah S1 Teknik Geofisika

Selama mengambil perkuliahan teknik geofisika di jenjang pendidikan S1 ada beberapa mata kuliah yang akan kamu temui sebagaimana berikut:

1. Matematika Dasar

Matematika dasar I atau kalkulus merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan pembelajaran tentang teorema dasar kalkulus. Dalam pembelajaran tersebut, kamu akan lebih paham tentang hubungan antara dua operasi pada pusat kalkulus yaitu integral dan diferensial.

2. Fisika Dasar

Fisika dasar I juga merupakan salah satu ilmu yang akan kamu temui saat mengambil program jurusan Teknik geofisika. Mata kuliah tersebut akan kamu temukan pada saat semester pertama.

Apa itu teknik geofisika dalam mata kuliah fisika dasar membahas mekanika benda titik maupun benda tegar, fisika termal, fluida, dan termodinamika. Selain itu mata kuliah tersebut secara umum yang juga kamu temukan pada Fakultas Sains dan teknik baik di universitas universitas negeri atau universitas swasta.

3. Kimia Dasar

Mata kuliah Kimia Dasar adalah salah satu mata kuliah yang akan kamu temui pada semester pertama perkuliahan jurusan Teknik Geofisika. Selama mempelajari mata kuliah tersebut, kamu jadi lebih tahu banyak hal tentang larutan, sifat periodik atom, stoikiometri asam basa, ikatan ion, dan redoks. Selain itu kamu juga belajar tentang kepolaran, ikatan kovalen, dan juga VSEPR.

4. Biologi Umum

Pada mata kuliah biologi umum, mahasiswa jurusan teknik geofisika akan belajar berbagai macam dasar biologi sebagai ilmu seperti contoh fungsi sel, fotosintesis, struktur sel, metabolisme mencakup transpor, respirasi, nomenklatur, genetika, dan keanekaragaman hayati.

5. Perpetaan

Mata kuliah selanjutnya pada jurusan teknik geofisika yang cukup penting yaitu perpetaan. Kamu akan belajar bagaimana proses memetakan wilayah dengan hasil sumber daya alam tinggi, wilayah dengan rawan gempa, atau pemetaan lainnya.

6. Algoritma Dan Pemrograman

Biasanya mahasiswa pada jurusan teknik geofisika ini menyebut sebagai mata kuliah Alpro yang muncul pada semester genap atau semester dua. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana membuat program menggunakan algoritma dan juga bahasa benar.

Pembelajaran algoritma dan pemrograman pada teknik geofisika sangat penting terutama jika nanti kamu akan bekerja pada perusahaan minyak dan gas. Selain itu, ilmu tersebut juga sangat berguna jika kamu nantinya akan melamar pada perusahaan geothermal.

7. Elektronika Dasar

Jika kamu tertarik dengan semua hal dan sudah memahami tentang apa itu teknik geofisika, maka kamu juga akan menemukan materi kuliah elektronika dasar pada mata kuliah tersebut, kamu akan belajar lebih banyak tentang apa saja komponen dasar elektronika serta fungsi dan simbolnya.

Misalnya kamu jadi lebih tahu tentang apa itu resistor, induktor, transistor, kapasitor, dan juga dioda. Seluruh simbol tersebut seringkali muncul pada peralatan elektronika.

8. Geolistrik

Mata kuliah geolistrik merupakan materi perkuliahan yang membahas tentang metode untuk mengetahui berbagai macam sifat kelistrikan pada lapisan batuan bawah permukaan tanah. Selama mempelajari ilmu ini, kamu juga akan mengetahui bagaimana cara injeksi arus listrik dalam tanah.

9. Geostatistika

Geostatistika adalah materi kuliah yang merupakan gabungan antara ilmu matematika, geologi, statistika, dan juga teknik. Geostatistika merupakan ilmu dimana kamu bisa memperoleh data spasial yang muncul pada posisi geografis suatu objek, berhubungan dengan lokasi dan juga uang bumi.

10. Geologi Kelautan

Terakhir, jurusan teknik geofisika juga mempelajari tentang geologi kelautan dengan fokus penelitian geokimia, paleontologi, juga sedimentologi pada dasar samudra dan juga pada wilayah pesisir. Mata kuliah geologi kelautan juga berhubungan erat dengan oseanografi fisik maupun tektonik lempeng.

Itulah informasi lengkap tentang apa itu teknik geofisika dan apa saja mata kuliah yang akan kamu temui pada jenjang pendidikan S1 teknik geofisika. Dengan mengetahui seluruh mata perkuliahannya, maka kamu akan lebih siap menghadapi perkuliahan sebelum jadwal masuk dimulai.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait