Please Wait
Logo

Apa Saja Jenis Keterangan Waktu Dalam Bahasa Inggris?

Bacaan Umum
Universitas123 | 23 juni 2022

Keterangan waktu dalam bahasa inggris perlu untuk diketahui dengan detail. Hal ini kan sangat membantu kamu dalam menyajikan sebuah kalimat dengan keterangan waktu. Selain itu, keterangan waktu ini sendiri dibagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya adalah past, present, and future.

Keterangan Waktu Dalam Bahasa Inggris Secara Umum

keterangan waktu dapat membantumu mengetahui kapan hal tersebut terjadi maupun berlangsung. Selain itu, tiga jenis keterangan ini sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan keterangan waktu berikut ini!

Past

Keterangan waktu ini menunjukan waktu yang lampau. Selain itu, waktu ini sendiri terbagi menjadi ago, yesterday, dan last. Dimana ago menyatakan waktu yang lalu ( jangka waktu yang lama), yesterday menyatakan kejadian kemarin, dan last menceritakan kejadian yang baru saja terjadi ( jangka waktu yang sebentar).

Present

Keterangan waktu ini menunjukan bahwa peristiwa maupun kejadian terjadi saat ini juga atau pada masa sekarang. Selain itu, present terbagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah now atau right now, dimana hal ini menyatakan kejadian pada saat ini.

Ada pula today, keterangan ini menyatakan bahwa kejadian atau peristiwa terjadi pada hari ini. Sementara at this moment merupakan sebuah peristiwa yang terjadi pada momen saat ini.

Future

Keterangan waktu ini menunjukan sesuatu yang terjadi pada masa depan. Sehingga, hal tersebut belum terjadi. Jenis future dapat dibedakan menjadi tiga bagian. Yaitu tomorrow (besok), soon (segera), dan next ( masa yang akan datang atau masa depan).

Keterangan Waktu Menurut Kapan Terjadinya Sebuah Peristiwa

Selain keterangan waktu past, present, dan future. Adapun keterangan waktu yang berdasarkan kapan terjadinya peristiwa tersebut. Selain itu, keterangan waktu ini pun dapat kamu gunakan tanpa terikat present, future, maupun fast.

Already

Keterangan waktu ini menunjukan bahwa sebuah kejadian atau peristiwa sudah terjadi. Contoh seperti, i already have ID card ( aku sudah memiliki KTP).

Before

Waktu ini menerangkan sesuatu terjadi sebelumnya. Contohnya, before eating read the prayer first (sebelum makan baca doa terlebih dahulu).

After

Keterangan ini dinyatakan setelah terjadinya peristiwa. Contohnya, After I finish the exam, let's have lunch (setelah aku selesai ujian, ayo makan siang).

Finally

Keterangan waktu ini menunjukan sebuah momen yang dinanti-nanti akhirnya terjadi. Contohnya, Finally, the house can be tidy too. after a day of cleaning up (akhirnya, rumah bisa rapi juga. setelah seharian beres-beres).

Eventually

Keterangan waktu ini menunjukkan sebuah fakta yang melibatkan usaha dan waktu yang lama. Biasanya, waktunya pun lebih lama dibandingkan dengan finally. Contohnya, You eventually managed to graduate after four years of study (Anda akhirnya berhasil lulus setelah empat tahun belajar).

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris di atas memang terlihat mirip-mirip. Namun, kamu perlu hati-hati. Pasalanya, cara penggunaannya beda-beda. Maka, cobalah pahami terlebih dahulu definisi atau pengertian dari masing-masing jenisnya.

User Profile

Universitas123