Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri? Mari Kita Ulas dari Hitungan hingga Perencanaan

Bacaan Umum
Universitas123 | 13 October 2021
Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri? Mari Kita Ulas dari Hitungan hingga Perencanaan

Berbagai mata kuliah jurusan teknik industri mungkin terpandang sebagai pelajaran yang susah. Apalagi jika anda memang tidak menyukai hal-hal berbau ilmu SAINTEK atau IPA. Teknik industri sendiri juga merupakan jurusan yang memiliki banyak peminat. Daya tarik dari jurusan ini terletak pada prospek pekerjaannya, memiliki pendapatan yang tinggi sehingga dinilai menyejahterakan.

Jika anda tertarik masuk ke jurusan ini maka lebih baik mengetahui hal-hal yang ada di dalamnya terlebih dulu. Misalnya seperti mata kuliah yang akan diambil atau berbagai kegiatan studi lainnya. Hal tersebut dikarenakan agar anda memiliki gambaran jelas perihal jurusan yang dipilih dan juga mempersiapkan diri.

Mata Kuliah 

Selama 4 tahun menempuh studi, anda akan mempelajari sebanyak 28 mata kuliah. Diantaranya ialah matematika, teori probabilitas, kalkulus, matrix, ruang vektor, fisika dasar, kimia dasar, material teknik, gambar teknik, mekanika teknik dasar, statistika industri, elektronika industri, psikologi industri, praktikum sistem perancangan terintegrasi, pemodelan sistem, analisis biaya, dan proses manufaktur.

Anda juga akan mempelajari rekayasa sistem kerja, pengendalian dan penjaminan mutu, perancangan dan pengendalian produksi, otomasi sistem produksi, ekonomi teknik, sistem produksi, organisasi dan manajemen perusahaan industri, keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja, proyek rekayasa interdisiplin, perancangan tata letak pabrik, sistem ERP, dan pemodelan stokastik.

Selain mata kuliah jurusan teknik industri yang sudah kami jelaskan di atas, ada beberapa mata kuliah wajib atau disebut dengan mata kuliah nasional. Misalnya seperti bahasa Indonesia, agama, dan pendidikan kewarganegaraan. Umumnya semua mata kuliah tersebut bisa ditempuh selama 4 tahun atau 8 semester titik namun anda juga bisa memperpendek masa kuliah tergantung dengan kebijakan kampus.

Ruang Lingkup

Secara garis besar teknik industri memiliki tiga ruang lingkup yaitu manufaktur, manajemen, dan tekno ekonomi. Pada bidang manufaktur teknik industri berperan dalam peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem yang ada pada Produksi Industri. Sedangkan ilmu teknik industri dalam bidang manajemen digunakan penciptaan dan peningkatan nilai sistem.

Mata kuliah jurusan teknik industri juga digunakan dalam bidang tekno ekonomi. Penggunaannya meliputi peningkatan daya saing sistem integral yang tentu tersusun atas bahan baku, energi, teknologi, infrastruktur, informasi, dan tenaga kerja.

Dalam keberlangsungan pembelajarannya, beberapa mata kuliah yang ada ada diberikan kepada mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan kompetensi di bidang keahlian lain. Beberapa bidang keahlian lain yang dimaksud ialah seperti sistem logistik logika pemrograman statistika industri sistem basis data, dan operasional riset.

Kualifikasi Karakter Mahasiswa

Sebagai mahasiswa teknik, tentu ada beberapa karakter yang harus anda miliki. Semua karakter tersebut akan membantu Anda menjalani kuliah dengan lancar dan juga berpengaruh dalam dunia kerja nanti.

Beberapa karakter dalam pengambilan mata kuliah jurusan teknik industri yang harus anda miliki adalah seperti teliti, suka kalkulasi, kritis, dan pandai menemukan solusi. Anda juga harus bekerja secara independen dan sistematis untuk menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Tingkat efisiensi dalam pekerjaan juga akan teruji melalui jurusan ini sehingga anda pun harus menjadi orang yang detail dan teratur.

Demikian penjelasan tentang mata kuliah jurusan teknik industri yang bisa kami berikan kepada anda. Jika ingin mengetahui mata kuliah atau jurusan lainnya, Anda bisa langsung mengunjungi situs universitas 123.com. situs tersebut juga menyimpan banyak informasi tentang universitas favorit, biaya studi, dan juga beasiswa.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait