Please Wait
Logo

Begini Contoh Biografi Diri Sendiri dan Cara Membuatnya

Tips & Trick
Universitas123 | 06 januari 2022

Pernahkah kamu membaca sebuah karangan atau buku yang berisikan biografi seseorang? Sebut saja biografi Bung Karno, Bung Hatta dan tokoh-tokoh besar di seluruh dunia lainnya. Tapi tahukah kamu bahwa siapapun juga bisa, lho, membuat biografi tentang dirinya sendiri, termasuk kamu!

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, jangan lewatkan ulasannya di artikel kali ini, ya!

Apa Itu Biografi?

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai cara dan contoh membuat biografi diri sendiri, kamu diwajibkan untuk tahu terlebih dahulu, apa sih pengertian dari biografi itu sendiri? Berikut pemaparannya :

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, biografi memiliki pengertian riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain.
  2. Menurut Wahono, biografi diartikan sebagai cerita yang bersifat faktual, yang mana cerita tersebut ditulis sesuai fakta-fakta yang disampaikan oleh penulis. 
  3. Menurut Kemendikbud (2014:37), biografi merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa dan masalah yang dihadapinya.
  4. Menurut Istiqomah (2015), biografi adalah riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat tulisan.

Berdasarkan pengertian dari sejumlah ahli di atas, dapat dipahami bahwa dalam membuat biografi, kamu akan menulis tentang seseorang lewat sudut pandang orang ketiga. Jadi, meskipun menulis biografi tentang diri sendiri, tetaplah posisikan dirimu sebagai seorang pengamat.

Cara Menulis Biografi Diri Sendiri

Untuk menulis biografi pribadi yang mengisahkan dirimu sendiri, terdapat beberapa struktur penulisan yang bisa kamu ikuti. Meskipun tidak bersifat wajib, struktur tersebut akan membantumu menyusun sebuah biografi yang utuh. Berikut caranya :

Pengenalan Diri

Di bagian pertama, kamu dapat memuat identitas pribadi. Contohnya seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir serta riwayat pendidikan. Selain itu, di bagian ini kamu juga bisa menambahkan sedikit tentang keluargamu, kamu dapat menjelaskan latar belakang keluarga, menyebutkan nama kedua orang tua dan jumlah saudara kandung yang kamu miliki.

Pengalaman Penting / Berkesan

Di bagian kedua, ceritakan pengalaman hidup yang menurutmu penting dan meninggalkan kesan. Kamu dapat ceritakan kisah di masa kecilmu atau masa sekolahmu. Akan lebih bagus lagi jika itu adalah pengalaman yang membuatmu termotivasi dalam suatu hal. Di samping itu, bisa juga kamu ceritakan penghargaan atau prestasi, baik akademik maupun non-akademik yang pernah kamu peroleh. Dengan begitu, orang yang membaca biografimu juga dapat termotivasi.

Perjalanan Karier

 Jika kamu memiliki pengalaman kerja di bidang tertentu, maka kamu dapat tuliskan hal tersebut di bagian selanjutnya. Ceritakan di perusahaan mana kamu pernah bekerja, menjadi apa dan pengalaman apa saja yang pernah kamu dapatkan di sana, mulai dari awal meniti karier hingga sekarang. Atau jika kamu memiliki badan usaha sendiri, kamu dapat ceritakan sejarah terbentuknya badan usaha milikmu.

Penutup

Di bagian akhir, kamu dapat menambahkan kesimpulan yang berisi cita-cita ataupun harapanmu di masa depan. Buatlah rangkaian kalimat tersebut dalam satuan yang singkat, padat dan jelas.

Contoh Biografi Diri Sendiri

Setelah mengikuti struktur di atas, berikut contoh biografi diri sendiri yang dapat kamu jadikan referensi :

(Pengenalan Diri)

Namanya adalah Jenny Shu. Perempuan berdarah Indo-China ini lahir di Beijing, pada 11 Februari 1995. Ayahnya, William Shu merupakan pria berkebangsaan China sementara Ibunya Clara Mardiana adalah seorang pebisnis berdarah Indonesia. Pendidikan Jenny sebagian besar ditempuhnya di China, barulah ketika memasuki perguruan tinggi di tahun 2013, Jenny memutuskan untuk pindah ke Indonesia dan memilih mengambil jurusan Sastra Indonesia di Universitas Gadjah Mada. Sementara adik laki-laki Jenny yang tujuh tahun lebih muda darinya, saat ini tengah menempuh pendidikan Manajemen Bisnis di Universitas Indonesia.

(Pengalaman Penting / Berkesan)

Sejak kecil, Jenny sudah dikenalkan dengan dengan dunia tulis menulis berkat Ayahnya yang merupakan seorang Profesor Sastra di Universitas Tsinghua, Beijing. Pernah di suatu ketika, Jenny kehilangan anjing kecil yang sudah dirawatnya sejak kecil, untuk menghiburnya, Sang Ayah kemudian meminta Jenny untuk menuliskan kesedihannya di atas lembaran kertas menggunakan alat tulis tradisional ala China yang berupa kuas dan tinta. Tak disangka-sangka, pengalaman menyedihkan di masa kecil tersebut membuat Jenny merasa tertarik dengan dunia menulis. Ia pun mulai rajin menuliskan pengalaman sehari-harinya atau menceritakan pengalaman orang lain lewat tulisan.  

Saat duduk di bangku Sekolah Menengah, Jenny mulai rajin mengikuti kompetisi menulis. Prestasi yang pernah diraihnya antara lain Juara I Kompetisi Menulis Puisi Tingkat Nasional (China) dan Juara I Kompetisi Menulis Cerita Pendek Tingkat Kota Beijing.

(Perjalanan Karier)

Selain itu, gadis berusia 26 tahun ini merupakan seorang penulis di platform cerita online dengan hampir 10 juta pengikut. Beberapa karyanya pun sudah diterbitkan dan akan segera diangkat ke layar lebar. Saat ini, Jenny telah dikontrak oleh sebuah perusahaan penerbit ternama di Indonesia dan tengah merampungkan karya terbarunya yang akan datang.

(Penutup)

Ke depannya, Jenny berharap dapat terus berkarya lewat tulisan, karena baginya menulis merupakan salah satu motivasi terbesarnya dalam hidup, ia pun merasa bersyukur dan bangga jika dapat bermanfaat bagi orang lain lewat apa yang ditorehkannya di atas kertas. 

 

Nah, itulah tadi contoh biografi diri sendiri yang dapat kamu pelajari. Perlu diperhatikan bahwa sebenarnya dalam menulis biografi diri sendiri dapat disesuaikan pula dengan gaya penulisan masing-masing, jadi kamu tidak perlu terlalu berpatokan pada apa yang telah dijelaskan di atas.

Untuk mendapatkan artikel informatif lainnya, kunjungi website Universitas123.

User Profile

Universitas123