Berapa Tahun Kuliah Kedokteran di Indonesia?

Bacaan Umum
Universitas123 | 07 February 2023
Berapa Tahun Kuliah Kedokteran di Indonesia?

Berapa tahun kuliah kedokteran di Indonesia? Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas dibenak calon mahasiswa. Banyak yang berpendapat bahwa kuliah kedokteran akan jauh lebih lama.

Sebagian dari kamu mungkin masih berpikir untuk bisa menjadi dokter hanya perlu menempuh pendidikan S1 saja. Padahal, gelar dokter diberikan pada seseorang yang sudah menempuh pendidikan kedokteran dengan serangkaian syarat.

Ada beberapa fase harus dilewati ketika menempuh pendidikan kedokteran mulai dari fase pre klinik dan fase klinik. Lantas berapa waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dokter?

Berapa Tahun Kuliah Kedokteran?

Jika kamu termasuk salah satu pelajar yang ingin lulus dan berhasil sebagai seorang dokter, maka harus siap dengan berbagai macam pelajaran dan waktu perkuliahan. Memang untuk jurusan kedokteran waktu perkuliahan jauh lebih lama dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Pertama ada fase pra klinik yang dapat dijalani pada saat masa perkuliahan di kampus selama 3,5 - 4 tahun. Jika sudah lulus maka kamu akan mendapatkan gelar sarjana kedokteran.

Kemudian lanjut sekolah kembali pada fase klinik. Biasanya Fase ini dikenal dengan masa koas atau dokter muda. Kamu akan belajar dan praktek secara langsung di rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan yang sudah ditunjuk.

Durasi untuk waktu fase klinik ini sangat beragam, tetapi hampir semua universitas di Indonesia membutuhkan sekitar 2 tahun. Setelah berhasil menjalani fase klinik, kamu harus lulus ujian kompetensi ke dokter Indonesia terlebih dahulu. Dengan begitu gelar dokter bisa disandang.

Sangat jauh berbeda jika kamu ingin membuka praktek sendiri di rumah. Setelah mendapatkan gelar dokter dan ingin membuka praktek sendiri di rumah maka harus mengikuti program internship di fasilitas layanan kesehatan selama 1 tahun.

Hal tersebut dilakukan sebagai syarat untuk mendapatkan Surat Tanda Register dan Surat Izin Praktek. Di Indonesia sendiri sudah ada kurang lebih dari 30 jenis spesialisasi kedokteran dapat kamu pilih sesuai dengan pendidikan yang sudah ditempuh.

Jadi, untuk bisa mendapatkan gelar dokter kurang lebih perkuliahan akan dilakukan 5 -6 tahun di Indonesia. Hal tersebut tentu membuat kamu lebih sering belajar dibandingkan mengambil jurusan lainnya.

Namun jangan salah, sebab mengambil pendidikan dokter membuat kamu menemukan banyak prospek kerja di Indonesia.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Kedokteran di Indonesia

Setelah mengetahui tahapan menjadi dokter mungkin membuat kamu berpikir beberapa kali untuk mengambil jurusan tersebut. Tapi, tahukah kamu bahwa jurusan pendidikan dokter yang sudah ditempuh justru membuka prospek kerja cukup besar di Indonesia.

Setelah menempuh perkuliahan Jurusan Kedokteran kamu bisa melakukan observasi, melakukan analisis, memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan terstruktur. Tidak hanya itu, peluang kerja juga terbuka cukup lebar.

Lulusan pendidikan dokter akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi jika kamu sudah sah memiliki gelar dokter. Kamu bisa mencoba praktek di rumah sakit, Puskesmas, atau membuka praktek pribadi.

Besar peluang kamu untuk diterima di pelayanan medis ataupun non medis. Apabila menginginkan pekerjaan terstruktur, maka bisa mencoba melamar pekerjaan di instansi pemerintah seperti BPOM, BNN, dan masih banyak instansi lainnya.

Tidak hanya menjadi seorang dokter tetapi kamu memiliki peluang besar untuk andil dalam bidang penelitian. Jadi kamu bisa bekerja menjadi seorang dosen sekaligus peneliti yang sudah memfokuskan pada pengobatan dari satu penyakit.

Di Indonesia sendiri tenaga kesehatan masih sangat dibutuhkan, sehingga mudah bagi beberapa dokter muda untuk mendapatkan pekerjaan. Sekalipun proses pendidikan terbilang cukup lama dan biaya mahal, tetapi lulusan kedokteran selalu menjanjikan.

Kesimpulan

Jurusan pendidikan kedokteran banyak diminati di Indonesia, namun sayangnya tidak banyak kampus yang menyediakan jurusan tersebut. Kamu juga bisa mencoba menempuh pendidikan kedokteran di luar negeri. Banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan perkuliahan ke luar negeri.

Durasi perkuliahannya memang lebih lama dari Indonesia, tetapi peluang kerjanya juga bisa sampai internasional. Berapa tahun kuliah kedokteran di luar negeri? Bisa jadi sekitar 5-6 tahun untuk S1. Berbeda 1 - 2 tahun dari kurun waktu di Indonesia.

Apakah tertarik untuk masuk jurusan pendidikan kedokteran? 

 
 
Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait