Berkenalan dengan Mata Kuliah Keperawatan S1 dalam Perguruan Tinggi di Indonesia

Bacaan Umum
Universitas123 | 21 July 2021
Berkenalan dengan Mata Kuliah Keperawatan S1 dalam Perguruan Tinggi di Indonesia

Mata kuliah Keperawatan S1 banyak menyorot tentang seluk beluk ilmu keperawatan, teori yang paling banyak dijadikan pedoman, serta bisa mengasah emosi dan empati. Seorang perawat tak hanya mengganti infus pasien, karena tugasnya lebih dari itu. Seorang perawat harus bisa menjadi sosok yang menyenangkan, sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada pasien.

Mata kuliah keperawatan S1

Apa saja yang bisa dipelajari jika kamu memutuskan untuk menjadi mahasiswa Keperawatan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Dasar Keperawatan

Dalam materi keperawatan satu ini, kamu akan belajar tentang teori keperawatan, tokoh yang berkaitan, etika perawatan, juga nilai-nilai keperawatan. Kamu nggak akan cuma belajar teori, tetapi juga akan praktik. Dari sini, kamu akan mendapati the real definition about nursing.

2. Asuhan Keperawatan

Kalau dinamakan perawat, maka tugasnya adalah merawat dong? Iya betul, pada materi Asuhan Keperawatan, kamu akan belajar tata laku seorang perawat. Kamu juga akan belajar mengenai teknik keperawatan secara langsung kepada pasien.

3. Komunikasi

Tak hanya berkaitan dengan pelayanan, mata kuliah keperawatan S1 juga membahas tentang komunikasi. Cara berkomunikasi yang baik kepada pasien juga akan mempercepat proses healing, lho! Jadi, jangan dikira bahwa ners itu tidak belajar materi selain tentang ilmu merawat orang lain.

4. Manajemen Keperawatan

Materi perkuliahan Manajemen Keperawatan akan lebih mendalami tentang asuhan keperawatan yang diperhitungkan berdasarkan beberapa faktor. Cara menghitung kebutuhan perawat,  manajemen kasus keperawatan, hingga cara untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan lebih baik.

5. Stase Keperawatan

Dalam stase keperawatan lebih diperinci lagi pembelajarannya. Kamu akan mempelajari berbagai ilmu keperawatan berdasarkan jenjang dan tahapan hidup manusia. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Keperawatan anak

Materi pembelajaran Keperawatan Anak akan banyak memberikan pengetahuan tentang keperawatan anak, teori dan konsep tentang kesehatan dan penyakit anak-anak. materi lainnya berkaitan dengan pemenuhan nutrisi bayi dan anak yang sehat, perawatan bayi baru lahir yang berkaitan dengan prematur, kelahiran berat badan rendah, hiperbilirubin, dan lainnya.

Tak hanya itu saja, mata kuliah keperawatan S1 juga mempelajari tentang sepsis dan dampaknya. Keperawatan anak berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia seperti pernapasan, sistem saraf, dan lainnya juga dipelajari.

  • Keperawatan jiwa

Pembelajaran di Keperawatan Jiwa akan membahas lebih detail tentang definisi jiwa yang sehat, ciri-ciri jiwa yang sehat, dan berbagai paradigma dan teori tentang kesehatan jiwa. Kamu juga akan diajak untuk belajar tentang falsafah keperawatan jiwa yang berhubungan dengan makhluk holistik, humanistik dan universal.

Kamu juga akan lebih banyak praktek dari pemodelan yang dicontohkan untuk pasien gangguan jiwa, berdasarkan konsep keperawatan yang dianut. Dengan demikian, diharapkan lulusannya bisa lebih banyak memahami personal secara pribadi, juga psikologinya.

  • Keperawatan medikal bedah

Mata pelajaran yang berkaitan dengan medikal bedah akan membahas pembedahan secara umum. Calon perawat yang mempelajari materi ini akan diberikan ilmu terkait tentang pemenuhan kebutuhan pasien, mulai dari sistem pernapasan, kardiovaskuler, hematologi, endokrin, imun, pencernaan dan perkemihan, persepsi sensori, dan persarafan.

  • Keperawatan gawat darurat

Mata kuliah keperawatan S1 pada stase keperawatan gawat darurat di dalamnya mencakup tentang materi konsep, perencanaan, dan praktik keperawatan yang etis, legal, dan peka. Kamu juga akan diajarkan mengenai penanganan pasien kritis dari berbagai konteks dan situasi keadaan yang mengancam jiwa.

  • Keperawatan maternitas/maternal

Perawat di rumah sakit atau klinik bersalin, umumnya memang diberikan pemahaman tentang memperhatikan bayi yang baru lahir dan bundanya. Melalui bidang satu ini calon perawat dapat mempelajari konsep dan teori keperawatan maternitas, serta kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil dan menyusui.

Kamu juga akan diarahkan untuk belajar tentang berbagai masalah sistem reproduksi perempuan, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tak hanya itu, edukasi yang benar kepada perawat juga akan memberikan dampak baik untuk ibu melahirkan agar bisa merawat anaknya dengan baik setelah keluar dari rumah sakit.

Peluang Kerja Ilmu Keperawatan  

Berbagai materi yang bisa kamu pelajari di dunia keperawatan membuat pekerjaan pun terbuka sangat lebar. Apa saja prospek kerjanya ya?

  • Pengasuh bayi
  • Instruktur Perawat
  • Pekerja Sosial Medis
  • Perawat Kesehatan Mental
  • Teknisi Radiologi Medis
  • Terapis Wicara

Kesimpulan

Dengan mempelajari ilmu dari mata kuliah keperawatan S1, memungkinkanmu untuk menjadi seseorang yang lebih peka dan simpati. Hal ini akan membangun sebuah paradigma baru bahwasanya semua lulusan ners akan jadi pribadi yang baik dan perhatian untuk pasien. Jadi, jangan ketinggalan informasi terkait jurusan satu ini ya! Klik Universitas123 untuk informasi kuliah dan beasiswa lebih lanjut.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait