Biaya Kuliah di Kampus IAIN Samarinda dan Pilihan Fakultas

Bacaan Umum
Universitas123 | 29 September 2021
Biaya Kuliah di Kampus IAIN Samarinda dan Pilihan Fakultas

Kampus IAIN Samarinda menjadi salah satu tujuan perguruan tinggi berkualitas di Kalimantan. Kampus ini berhasil mendapatkan akreditasi B yang menjadi salah satu bukti bahwa pendidikan di Kalimantan mulai berkualitas. 

Perguruan tinggi ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan budaya keislaman sesuai dengan perkembangan juga kebutuhan masyarakat. Sampai saat ini sudah banyak upaya untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut. Bahkan kampus ini juga menghasilkan lulusan yang kritis, kreatif, juga berdaya saing kuat di dunia kerja.

IAIN Samarinda yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki basis pendidikan Islam. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh kampus ini sehingga membuat beberapa mahasiswa dari daerah lain memutuskan untuk merantau dan melanjutkan pendidikan.

Fakultas di IAIN Samarinda

Sebagai seorang pelajar kamu dituntut untuk menentukan perguruan tinggi memiliki berbagai macam fakultas. Dengan begitu akan semakin mudah bagi kamu untuk memilih mata perkuliahan sesuai dengan minat. Berikut ini fakultas di IAIN Samarinda yang dapat dipilih.

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk belajar tentang perkembangan penyiaran Islam, studi Al-Quran, dan pemberdayaan masyarakat. Jadi jika kamu ingin menjadi seorang pendakwah yang baik maka bisa memilih fakultas ini.

Ada beberapa program kuliah yang bisa kamu pilih mulai dari sarjana atau S1 dan master atau S2. Beberapa jurusan juga tersedia dalam Fakultas ini seperti, Ilmu Alquran dan Tafsir Manajemen Dakwah dan  Bimbingan Konseling Islam.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Tertarik tentang dunia ekonomi dan bisnis namun sesuai dengan pandangan Islam? Kamu dapat mencoba untuk bergabung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam kampus IAIN Samarinda. Fakultas ini berhasil mencetak lulusan yang mampu bersaing, entah itu tingkat nasional maupun internasional.

Program studi yang diberikan Sarjana atau S1 dan Magister (S2). Tetapi ada dua jurusan yang dapat dipilih, yaitu Perbankan Syari’ah dan Ekonomi Syariah. Dengan dua jurusan tersebut semakin mudah bagi lulusan fakultas ini untuk mendapatkan pekerjaan.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan memiliki tujuan untuk mencetak lulusan yang ahli dalam wawasan keislaman dan berkompetensi sebagai tenaga pendidik bertaqwa dan berakhlak. Setiap lulusan dari fakultas ini juga diharapkan mampu berdedikasi terhadap pembangunan agama, bangsa, dan negara. 

Kamu dapat mengambil program S1 atau S2 di fakultas ini. Jurusan yang disediakan ada Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Bahasa Inggris. 

Fakultas Syariah

Fakultas Syariah akan membuat setiap mahasiswa belajar bagaimana tata hukum secara umum tetapi tetap sesuai dengan agama Islam. Fakultas ini memiliki tujuan melahirkan sarjana muslim secara akademis dengan akhlak dalam ranah Syariah.

Program yang ditawarkan juga ada S1 dan S2. Sedangkan jurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswa ada Hukum Tata Negara Islam dan Hukum Keluarga Islam. Dari kedua jurusan tersebut kamu dapat memilih salah satunya.

Biaya Kuliah dan Beasiswa di Kampus IAIN Samarinda

Setelah mengetahui apa saja fakultas dan jurusan yang bisa dipilih oleh setiap mahasiswa di kampus Institut Agama Islam Negeri Samarinda, saat ini kamu juga harus mengetahui rincian biaya kuliah.

Memutuskan untuk kuliah di Institut Agama Islam Negeri Samarinda tidak membutuhkan biaya mahal. Karena termasuk salah satu perguruan tinggi negeri, sehingga biaya kuliah menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Menggunakan uang kuliah Tunggal ini ini dapat disesuaikan dengan kelompok 1 sampai  3 untuk IAIN Samarinda. 

Untuk kelompok 1 paling murah sekitar Rp. 400.000 sedangkan untuk kelompok 3 sekitar Rp. 1.200.000. Perbedaan biaya disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa dan jurusan yang diambil. 

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan beasiswa maka bisa mencari informasi lengkap di website resmi kampus www.iain-samarinda.ac.id. Kampus ini menyediakan Beasiswa bagi mahasiswa setiap tahunnya. Beasiswa tersebut berasal dari pemerintah maupun instansi swasta.

Kamu dapat mencoba mendapatkan kesempatan beasiswa Bidikmisi, beasiswa mahasiswa berprestasi, atau dari sektor perbankan dan BP Migas. Tentu saja untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut setiap mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan pihak kampus dan penyelenggara.

Kesimpulan

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi membuat setiap pelajar harus menemukan kampus terbaik. Kamu dapat mencoba untuk mendaftarkan diri di Institut Agama Islam Negeri Samarinda.

Kampus ini sudah memiliki akreditasi bagus dan menyediakan berbagai macam fakultas sesuai dengan keinginan pelajar. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam beasiswa yang bisa dilihat secara resmi di kampus IAIN Samarinda.

Banner Konsultation
+62
Beasiswa Dalam Negeri Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait