Cara Daftar di Universitas Pattimura Kota Ambon Maluku

Bacaan Umum
Universitas123 | 31 October 2021
Cara Daftar di Universitas Pattimura Kota Ambon Maluku

Universitas Pattimura Kota Ambon Maluku adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di kawasan Indonesia bagian Timur. Kampus ini didirikan sejak tahun 1962 dan saat ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan mendapatkan akreditasi B.

Saat ini Universitas Pattimura atau Unpatti telah memiliki 57 program studi dan hampir semuanya memiliki mendapatkan akreditasi terbaik dari BAN-PT. Setiap tahunnya banyak mahasiswa yang mendaftar di kampus ini dan rasio selalu bertambah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kampus ini menyediakan pendidikan berkualitas yang nyaman bagi setiap mahasiswa. Tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa di universitas Pattimura? Kamu harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari agar bisa diterima di kampus ini.

Cara Daftar Universitas Pattimura Ambon

Masuk di Universitas Pattimura Ambon memang tidak mudah karena termasuk salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diminati. Tidak jauh berbeda dengan beberapa PTN lain di Indonesia yang menyediakan jalur seleksi cukup beragam. Namun, proses seleksi berjalan dengan ketat karena persaingan tinggi.

Cara untuk masuk di Universitas Pattimura sebenarnya bisa disesuaikan dengan jalur seleksi yang kamu pilih. Seperti berikut.

1. Seleksi Masuk SNMPTN

Jika kamu tertarik untuk masuk Universitas Pattimura melalui jalur SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, maka harus bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan pendaftaran.

SNMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan. Jadi setiap sekolah memiliki kuota undangan dari beberapa perguruan tinggi negeri. Kesempatan tersebut diberikan pada pelajar berprestasi yang bisa dibuktikan melalui nilai rapor dari kelas X-XII di SMA/sederajat.

Jika tertarik untuk masuk melalui jalur SNMPTN maka silahkan mengikuti beberapa tahapan pendaftaran seperti berikut.

  • Setiap sekolah harus mengisi PDSS
  • Akan dilakukan verifikasi PDSS
  • Setiap pelajar bisa pendaftaran secara online
  • Mencetak kartu peserta
  • Tunggu proses seleksi
  • Lihat hasil pengumuman.

Melakukan pendaftaran di Universitas Pattimura melalui jalur SNMPTN Kamu tidak akan mengikuti tes jika berhasil lolos. Selain itu proses pendaftaran tidak dipungut biaya apapun. Biasanya waktu pelaksanaan pada awal tahun jadi kamu harus mempersiapkan diri dengan baik ya.

2. Jalur seleksi SBMPTN

Selain jalur SNMPTN kamu juga bisa mengikuti SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Melalui jalur ini kamu akan menghadapi tes UTBK yang sudah diselenggarakan oleh kampus terkait.

Nah, ini kesempatan bagi kamu yang tidak memiliki prestasi bagus di SMA tetapi ingin masuk perguruan tinggi negeri. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati, seperti berikut.

  • Setiap siswa bisa melakukan pendaftaran secara online
  • Memilih program studi dan kampus tujuan
  • Melakukan ujian secara tertulis
  • Mengikuti ujian keterampilan sesuai dengan program studi pilihan

Jika kamu lolos tes maka kesempatan untuk masuk Universitas Pattimura terbuka lebar. SBMPTN ini dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000. Sedangkan waktu pelaksanaan biasanya dilakukan pada bulan April-Juni.

3. Seleksi Mandiri Unpatti

Universitas Pattimura Ambon adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang memberikan kesempatan bagi pelajar untuk melakukan pendaftaran melalui seleksi Mandiri. Melalui seleksi Mandiri kamu tetap akan melewati serangkaian tes agar bisa diterima.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh pelajar seperti berikut.

  • Setiap pelajar melakukan pendaftaran awal melalui website resmi PMB Universitas Pattimura.
  • Mencetak slip pembayaran pendaftaran.
  • Melakukan proses pembayaran ke bank BNI
  • Login di website resmi PMB Universitas Pattimura untuk melengkapi formulir pendaftaran.
  • Mengikuti serangkaian uji
  • Pengumuman hasil kelulusan

Untuk biaya pendaftaran beragam mulai dari sarjana reguler 1 - reguler 3. Biaya pendaftaran mula dari Rp. 250.000 - Rp.300.000. Waktu pelaksanaan diperkirakan mulai dari bulan Juli - Agustus.

Kesimpulan

Cara daftar universitas Pattimura Kota Ambon Maluku tidak jauh berbeda dengan PTN lainnya yang ada di Indonesia. Waktu pelaksanaan juga hampir sama sehingga memudahkan pelajar untuk mencari informasi. Jika ingin diterima Silahkan mempersiapkan diri dan berbagai macam Persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kampus.


Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait