Cara Dapat Beasiswa Kuliah Penuh di Singapura

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 November 2023
Cara Dapat Beasiswa Kuliah Penuh di Singapura

Singapura adalah negara di pulau kecil, pada bagian selatan Semenanjung Malaya. Salah satu alasan mengapa Singapura begitu terkenal adalah karena memiliki ranking-4 negara dengan stabilitas ekonomi terbaik di dunia. Mencari beasiswa kuliah di Singapura adalah langkah tepat, karena pemerintah Singapura memiliki perhatian besar terhadap dunia pendidikan.

Dengan sistem pendidikan berkualitas di Asia, terdapat hingga 80.000 pelajar asing yang belajar di negara tersebut. Apalagi sebagai negara tetangga dengan kondisi politik dan ekonomi stabil, kamu bisa belajar dengan tenang. Tatanan kota di Singapura juga indah, bersih, aman, dan rapi.

Untuk kamu yang ingin kuliah di Singapura, berikut adalah beberapa cara memperoleh beasiswa penuh di Singapura.

Singapore Government Scholarships

Pemerintah Singapura memberikan beasiswa khusus ini bagi negara-negara dalam anggota Asean. Beasiswa tersebut merupakan program bantuan penuh, dari awal berangkat sampai kamu meraih gelar S1 di pilihan universitas di Singapura berikut:

Beasiswa tersebut tidak mengikat, sehingga setelah lulus nanti kamu harus segera kembali serta melakukan kontribusi pembangunan yang positif di Indonesia.

Tidak hanya beasiswa penuh, kamu juga akan memperoleh tunjangan hingga SG$ 4.300 setiap tahun. Serta, terdapat pula biaya akomodasi di setiap universitas per semester. Satu tiket pesawat Ekonomi juga tersedia untuk berangkat ke Singapura.

NUS Graduate Student Scholarship

Program beasiswa ini hanya tersedia untuk pelajar internasional dari negara ASEAN. Penerima beasiswa akan kuliah di National University of Singapore untuk program studi Master atau PhD. Bahkan, kamu bisa kerja di Humaniora serta Ilmu Sosial.

Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa kuliah di Singapura ini mendapatkan tunjangan hingga SG$ 1.000, bantuan perumahan SG$ 250 per bulan, dan kebutuhan lain SG$250.

Science and Technology Scholarship

Mahasiswa baru dari Asia juga dapat kuliah di Singapura. Program beasiswa ini tersedia untuk mendukung mahasiswa berprestasi dengan nilai dan hal menarik lainnya sesuai surat lamaran.

Bagi peserta penerima beasiswa, maka akan memperoleh MOE Tuition Grant Subsidy serta biaya wajib. Setiap tahunnya, kamu juga akan memperoleh tunjangan hingga S$ 6.000 serta tunjangan menetap satu kali ketika pendaftaran sebesar SG$ 200.

Fasilitas lainnya adalah dua tiket pesawat kelas ekonomi gratis. Kamu bisa menggunakannya ketika hendak ke Singapura untuk masuk kuliah serta hendak kembali ke Indonesia setelah lulus kuliah.

Beasiswa tersebut khusus bagi mahasiswa yang ingin kuliah jurusan Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Lingkungan, Ilmu Teknik, Ilmu Komputer, Teknik Sipil, Analisis Bisnis, Teknik Biomedis, Teknik Kimia, Studi Lingkungan Hidup, Industri Mesin, Teknik Mesin, serta Sains. Durasi beasiswa ditentukan oleh NUS dan hanya bagi mahasiswa dengan IPK 3,5.

Beasiswa Kuliah Singapura – Dr Goh Keng Swee

Beasiswa tersebut disediakan oleh pihak swasta dan dikelola Asosiasi Bank Singapura. Lembaga Keungan tersebut memberikan beasiswa sebagai tanda penghormatan terhadap mantan Wakil Perdana Menteri yang dinyatakan berhasil membangun ekonomi Singapura.

Beasiswa tersebut hanya dibuka untuk mahasiswa berprestasi yang berasal dari 15 negara Asia-Pasifik  dan setiap tahunnya hanya tersedia sebanyak tiga sampai empat program. Artinya, selain kamu harus bersaing dengan pelajar Indonesia, kamu juga harus bersaing dengan pelajar berprestasi dari Thailand, Filipina, Malaysia, Myanmar, dan lainnya.

Beasiswa yang memberikan bantuan pendidikan selama 4 tahun ini juga memberikan tunjangan sebesar S$ 6.500 per tahun. Ketika mendaftar dan dalam tahap penyisihan, kamu akan memperoleh S$ 200.  Bantuan biaya hostel sesuai kampus, tiket pesawat, serta biaya kuliah dan biaya wajib juga tersedia.

Setelah lulus nanti, kamu harus bekerja sekitar 3 tahun di salah satu perusahaan di Singapura atau Indonesia.

Itulah informasi tentang apa saja beasiswa kuliah di Singapura. Dengan semua peluang tersebut, jangan kamu sia-siakan kesempatan dan mulailah terus mencoba.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait