Wajib Tahu! Begini Cara Memimpin Briefing yang Baik

Bacaan Umum
Universitas123 | 19 May 2022
Wajib Tahu! Begini Cara Memimpin Briefing yang Baik

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi pemimpin briefing yang baik? Pelaksanaan briefing yang baik dan efektif tentu saja bergantung dengan kemampuan pemimpin untuk memimpin berjalannya briefing. Tapi tak semua orang mengetahui bagaimana cara memimpin briefing kerja dengan baik.

Apabila kamu ingin menjadi pemimpin briefing yang baik, maka kamu bisa menyimak artikel ini dengan seksama. Sebab pada pembahasan kali ini kami akan memaparkan apa saja hal yang perlu kamu lakukan untuk menjadi pemimpin briefing yang baik. Karena skill memimpin briefing adalah skill yang sangat penting untuk dimiliki.

Seperti Apa Pemimpin Briefing yang Baik?

Briefing adalah meeting singkat yang dilakukan untuk mengkoordinasikan pekerjaan dan mengevaluasi kinerja. Umumnya briefing dilaksanakan di pagi hari, sebelum karyawan memulai melaksanakan tugas masing-masing. Kegiatan briefing ini sangat penting untuk meningkatkan komunikasi, menyamakan persepsi, dan meningkatkan semangat kerja.

Seorang pemimpin briefing yang baik harus bisa memimpin briefing dengan efektif. Pemimpin briefing harus memikirkan cara terbaik untuk membuat briefing menjadi seefektif mungkin. Selain itu, karyawan juga harus merasa nyaman dan termotivasi setiap kamu memimpin. Sehingga tujuan dilaksanakannya briefing dapat terpenuhi secara optimal.

Cara Memimpin Briefing yang Baik

Memimpin briefing dengan baik diperlukan latihan yang tidak sebentar. Kamu mungkin butuh mencoba hingga beberapa kali untuk bisa menjadi pemimpin briefing yang baik. Selain dibutuhkan latihan, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting.

Berikut merupakan hal penting yang harus kamu lakukan untuk menjadi pemimpin briefing yang baik:

1. Pre-Kondisi

Beberapa hari sebelum briefing sudah harus ditentukan siapa yang akan memimpin briefing. Materi untuk pelaksanaan briefing juga harus sudah ditetapkan. Sehingga seluruh peserta briefing bisa mempersiapkan materi dan data masing-masing. Pastikan pula untuk memberitahukan waktu dan tepat briefing kepada semua.

2. Lakukan Briefing tepat Waktu

Briefing harus segera dimulai tepat waktu, meskipun belum semua karyawan datang. Hal ini dilakukan untuk membiasakan disiplin tepat waktu. Dengan pembiasaan seperti itu maka karyawan lain akan menganggap bahwa briefing yang kamu pimpin pasti selalu dilaksanakan tepat waktu.

3. Dengarkan Pendapat Orang Lain

Didalam briefing tidak hanya pemimpin briefing saja yang berbicara dan menyampaikan pendapat. Seluruh peserta briefing juga dapat menyampaikan pendapat mereka. Bila orang lain menyampaikan pendapat, maka kamu harus mendengarkannya dengan baik. Pertimbangkan pula pendapat yang sudah dilontarkan orang lain saat briefing.

4. Ajak Semua Untuk Aktif Terlibat

Semua yang terlibat dalam briefing harus aktif. Kamu bisa mengajak karyawan yang ikut dalam briefing untuk aktif memberikan pendapat. Semakin aktif maka akan semakin banyak ide-ide baru yang bisa didapatkan. Briefing akan berkesan bagi jika seluruh karyawan aktif dalam mengikuti briefing.

5. Follow Up Hasil Briefing

Kamu bisa menunjuk satu orang untuk menjadi notulen. Minta notulen untuk mencatat poin-poin penting dalam briefing. Pada akhir briefing nantinya kamu harus melakukan follow up. Follow up poin penting dalam briefing kepada penanggung jawab dan pelaksanaanya. 

6. Ringkas dan Jelas

Briefing tidak boleh memakan banyak waktu. Sebisa mungkin kamu harus membuat briefing menjadi ringkas namun tetap jelas. Umumnya briefing yang efektif hanya berlangsung selama 10 sampai 15 menit. Agar tidak memakan banyak waktu, maka agenda dan materi yang dibahas harus jelas. 

Tidak semua orang bisa langsung memimpin briefing dengan baik saat mereka pertama kali mencoba memimpin briefing. Tak apa bila briefing tak berjalan sesuai dengan kemauanmu Kamu bisa melakukan evaluasi dan terus belajar dari kesalahan.

Penutup

Semakin sering kamu memimpin briefing, maka kamu akan semakin terbiasa. Jika sudah terbiasa maka akan sangat mudah untuk bisa memimpin briefing dengan baik. Briefing yang dipimpin dengan baik akan menghasilkan output yang baik pula.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait