Cara Menjadi Ketua Osis yang Baik

Bacaan Umum
Universitas123 | 11 January 2022
Cara Menjadi Ketua Osis yang Baik

Pernah tertarik untuk menjadi ketua OSIS? OSIS merupakan organisasi siswa yang ada di sekolah. Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi tingkat sekolah di Indonesia untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan. 

Bergabung dengan organisasi tersebut bisa membantu kamu mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran. Bahkan beberapa pelajar tertarik untuk bisa menjadi ketua OSIS. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan Jika kamu berhasil menjadi ketua OSIS.

Keuntungan Menjadi Ketua Osis

Keuntungan bergabung dengan OSIS memang bisa dirasakan di masa depan. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kamu berhasil menjadi seorang ketua, seperti berikut.

  • Menjadi pengurus OSIS akan memiliki banyak teman dan lebih dekat dengan huruf. Hal tersebut membuat kamu lebih up to date terhadap berita-berita di sekolah.
  • Pengurus OSIS mampu melatih dan berpikir kreatif untuk mencari solusi. Selama menjadi ketua OSIS kamu akan dituntut untuk menyelesaikan beberapa masalah maupun tantangan yang ada dalam organisasi tersebut bersama dengan struktur anggota lainnya.
  • Memiliki pengalaman berorganisasi dan bekerjasama dalam tim. Hal tersebut akan membuat kamu lebih mudah bergaul dengan orang dari sangat bermanfaat Ketika nanti masuk perguruan tinggi maupun dunia kerja.
  • Lebih banyak pengalaman dan memiliki kemampuan untuk menggerakkan siswa berperan dalam kegiatan sekolah. Hal tersebut adalah salah satu ciri-ciri dari pemimpin.
  • Peluang kuliah lewat jalur OSIS juga bisa didapatkan. Jadi kasih besar terhadap sekolah membuat beberapa Universitas memberikan kemudahan Bagi pengurus OSIS untuk mendapatkan beasiswa.

Banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan jika berhasil menjadi seorang ketua OSIS. Lantas Bagaimana cara menjadi ketua OSIS yang baik dan benar?

Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik

Cara menjadi ketua OSIS sebenarnya sangat sederhana, biasanya pelajar yang sudah memiliki jiwa kepemimpinan akan lebih mudah untuk menjalani. Nah, berikut ini cara menjadi ketua osis.

1. Bisa Berkomunikasi dengan Baik

Hal pertama yang harus dimiliki jika kamu tertarik menjadi ketua OSIS adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Seseorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik maka akan mudah untuk mendapatkan banyak teman. Kamu juga lebih mudah untuk dekat dengan guru.

Memiliki banyak teman adalah modal awal untuk bisa menjadi seorang ketua OSIS. Tidak perlu membedakan antara kakak kelas, adik kelas, maupun teman sekelas. Berkomunikasi dengan baik juga bisa membantu kamu untuk mengungkapkan pendapat dengan mudah tanpa ada kesalahan. Nantinya menjadi seorang ketua OSIS kamu juga akan diminta untuk sering memberikan sambutan pada berbagai macam kegiatan sekolah.

Jika kamu memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik maka memberikan sambutan kegiatan sekolah bukanlah sesuatu hal yang susah. 

2. Bijaksana dan Tegas

Selanjutnya kamu harus memiliki sikap bijaksana dan tegas. Sebagai calon ketua OSIS cobalah untuk selalu bersikap bijaksana kepada seluruh siswa dalam lingkungan sekolah. Sikap tersebut bisa membuat kamu memiliki Wibawa.

Sikap bijaksana dengan sebab ada berbagai macam tugas yang harus dilakukan dengan benar. Memang semua tugas tersebut tidak selalu mudah sebab ada beberapa tantangan yang harus dilewati oleh ketua OSIS. Melalui sikap tegas kamu bisa menentukan pilihan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Bertanggung Jawab

Calon ketua OSIS juga harus berani bertanggung jawab. Kamu harus bertanggung jawab dengan organisasi yang akan kamu bawa. Nantinya sebagai ketua OSIS kamu akan bertanggung jawab terhadap berbagai macam keputusan.

Kamu juga bertanggung jawab untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan dalam OSIS bersama dengan anggota lainnya. Sebagai ketua, kamu akan memimpin setiap anggota untuk bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing. 

4. Ramah 

Menjadi seorang ketua OSIS juga harus ramah. Kamu harus Ramah murah tersenyum kepada anggota sekolah. Itu kepada murid lain, guru, atau staff sekolah lainnya. Jangan sampai setelah menjadi OSIS kamu merasa memiliki kedudukan cukup tinggi atau sombong. Hal tersebut justru bisa membuat murid lain, guru, maupun staf sekolah lainnya merasa kecewa dan menganggap kamu tidak layak menjadi seorang pemimpin.

Rendah Hati

Seorang ketua OSIS juga harus  memiliki sikap rendah hati. Dengan sikap rendah hati kamu akan disenangi semua orang sekalipun memiliki jabatan tinggi. Jangan selalu merasa bahwa kamu memiliki kuasa terhadap organisasi penting di sekolah tersebut.

Cara menjadi ketua OSIS sebenarnya tergantung pada diri kamu sendiri. Kamu bisa menjadi ketua OSIS apabila mampu berkomunikasi dengan baik, bijaksana, tegas, bertanggung jawab, ramah, dan rendah hati.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait