6 Contoh Inovasi Di Bidang Teknologi

Bacaan Umum
Universitas123 | 20 March 2023
6 Contoh Inovasi Di Bidang Teknologi

Di era yang serba canggih ini, tidak heran apabila teknologi terus mengalami pembaharuan dan kemajuan. Tentu hal ini dikarenakan manusia terus berinovasi. Adapun contoh inovasi di bidang teknologi memang sudah banyak. Termasuk di Indonesia. Ada beberapa karya anak bangsa ini patut diapresiasi. Bahkan, memiliki manfaat untuk masyarakat sekitar.

Contoh Inovasi Di Bidang Teknologi

Tidak hanya orang luar yang dapat membuat sebuah inovasi yang berbasis teknologi. Orang Indonesia pun ternyata bisa. Hal tersebut terbukti oleh karya-karya yang dipersembahkan oleh anak-anak bangsa. Inilah beberapa contoh inovasi di bidang teknologi.

1. Robot RAISA

Robot ini merupakan hasil kolaborasi antara ITS ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan Universitas Airlangga. Dua kampus ini saling bekerja sama untuk membuat Robot medis yang diberi nama RAISA ( Robot Medical Assistant).

Dimana teknologi dapat membantu pasien dalam memenuhi kebutuhannya. Seperti obat, makanan, alat pelindung diri, dan lain sebagainya. Selain itu, robot ini pun dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan joystick.

2. Swab Chamber

Teknologi ini dibuat oleh ITSS atau Institut Teknologi Telkom Surabaya. Dimana teknologi ini untuk membantu para petugas medis untuk melakukan swab pada pasien. Sehingga, para petugas medis tidak bersentuhan langsung dengan mulut para pasien. 

Teknologi ini sendiir terdiri dari dua bilik dan dibatasi oleh dinding akrilik yang diberikan lubang. Selain itu, alat ini pun dilengkapi oleh sarung tangan berbahan karet. Alat ini sendiri telah diserahkan kepada pemerintah Kota Surabaya sebagai bantuan teknologi dari kampus tersebut

3. Robot KECE

Robot buatan UNESA ini dilengkapi dengan tujuh fitur keunggulan. Dimana fitur-fitur tersebut dapat membantu para petugas medis data menangani pasien Covid-19. Adapun fungsi dari robot ini sendiri yaitu dapat berkomunikasi dua arah, dapat mengukur suhu dengan jarak 5 meter (maksimal), terapi music, rak pembawa logistic, dan oxymeter wireless.

4. I-Car

Alat ini memiliki fungsi untuk menjadi prototipe mobil listrik otonom. Dimana mobil dapat berjalan dengan sendiri tanpa bantuan sopir atau pengemudi. Hal ini dikarenakan teknologi ini menggunakan AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet of Things).

 Sehingga dapat mengidentifikasi resiko kecelakaan, potensi bahaya, dapat mencegah tabrakan, dan dapat mengoptimalkan daya. Pembuatan teknologi ini pun melibatkan 30 orang pakar yang mencakup doctor, professor, maupun master di ITS.

5. Radar Pasif Pendeteksi Pesawat

Teknologi ini merupakan karya mahasiswa ITB jurusan Teknik Elektro, mahasiswa yang tergabung dalam KK atau Teknik Telekomunikasi ini bekerjasama dengan Balitbang Kementerian Pertahanan RI dan PT LAPI ITB. Alat yang dibuat bernama Radar.

Dimana ini merupakan kepanjangan dari Radio Detection and Ranging. Alat ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan pesawat asing yang berada atau melewati perbatasan negara dengan illegal

6. Atraktor Cumi-Cumi

Teknologi ini merupakan hasil pengembangan Dosen Ilmu Kelautan dan Fakultas Perikanan IPB. Dimana alat ini memiliki fungsi sebagai tempat cumi-cumi untuk melepaskan telurnya. Kemudian telur ini akan menempel dan menetas pada atraktor.

Adapun untuk konstruksi dan desainnya sendiri menggunakan kawat harmonica, pipa paralon, dan bahan lainnya yang sangat mudah ditemukan oleh para nelayan.

Contoh inovasi di bidang teknologi ini memberikan dampak yang baik bagi. Khususnya bagi warga yang tinggal di Indonesia. Berbagai Inovasi lainnya diprediksi akan terus berkemabnag. Sejalan dengan kemajuan zaman yang terus berubah.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait