Daftar Lengkap Macam-Macam Jenis Tanaman Hortikultura

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 June 2022
Daftar Lengkap Macam-Macam Jenis Tanaman Hortikultura

Pengelompokan jenis tanaman hortikultura berawal dari munculnya buah dan sayur tumbuh liar secara alami tanpa ada campur tangan manusia. Saat bangsa Eropa mulai masuk ke Indonesia, maka muncullah perkembangan sayur pada dataran tinggi mulai dari kentang, wortel, kubis dan lainnya juga bunga khas bangsa Eropa seperti Mawar, Gelbera, Anyelir dan lainnya.

Pengembangan berlangsung pada beberapa wilayah termasuk Semarang, Malang, Bali, Yogyakarta, Wonosobo dan beberapa wilayah lainnya. Pada saat itu, belum ada buah-buahan subtropis masuk ke Indonesia sampai pada akhirnya bangsa Belanda mulai belajar berbagai macam syarat ekologi pada tanaman buah Indonesia.

Hortikultura mulai dikembangkan pasca Indonesia merdeka, walaupun belum ada peningkatan secara signifikan karena tingginya impor buah. Tahun 1981, pemerintah menyadari pentingnya perkembangan pertanian dan muncul kebijakan tentang pembatasan impor pada buah-buahan. Kebijakan ini berbuah manis karena dapat meningkatkan apresiasi pada berbagai macam buah tropis di Eropa dan negara maju lainnya.

Klasifikasi Tanaman Hortikultura

Jenis tanaman hortikultura kemudian digolongkan menjadi beberapa apa 4 golongan yaitu tanaman sayur, tanaman buah, tanaman hias, dan tanaman obat.

1.  Tanaman sayur

Tanaman sayur atau olerikultura adalah salah satu bahan makanan yang mudah dijumpai karena merupakan makanan untuk konsumsi sehari-hari. Terdapat dua macam tanaman sayuran yaitu sayuran musiman dan sayuran tahunan.

Dalam tanaman sayur, terdapat dua kelompok yaitu klasifikasi Botani dengan beberapa divisi yaitu:

  • Alga dan jamur
  • lumut dan kerakap
  • paku-pakuan
  • tumbuhan berbiji

Klasifikasi tanaman sayur yang dapat kamu konsumsi mulai dari sayuran akar (singkong, lobak, atau wortel), sayuran batang (asparagus, kentang, ataupun talas), sayuran daun (bawang merah, Bawang Putih, kubis, selada, bayam), sayuran buah (timun, kacang-kacangan, terong, labu siam, tomat), sayuran bunga (kubis, brokoli), jamur (jamur merang, jamur kayu, jamur kuping).

2. Tanaman Buah

Jenis tanaman hortikultura berikutnya ya itu vertikultur atau tanaman buah. Jika melihat jumlah ovari penyusunnya, tanaman buah dikualifikasikan pada beberapa kelompok yaitu buah sederhana berdaging (tomat, anggur, apel, jeruk, cherry), buah sederhana tidak berdaging (buah kacang-kacangan, buah eucalyptus sp., buah mustard, buah hazelnut, buah Maple, buah jagung).

3. Tanaman Hias

Disebut juga dengan florikultura yang merupakan tanaman tidak bisa dikonsumsi dan hanya dapat dinikmati keindahannya saja. Tanaman hias tersebut merupakan bunga untuk pot atau bunga potong misalnya bunga pada jenis krisan, anggrek, mawar, kembang sepatu, nanas hias, dan lainnya.

Ada juga tanaman hias yang tidak berbunga seperti lidah buaya, pinus, bambu, beringin, hanjung dan lainnya. Sedangkan tanaman hias jenis rumput-rumputan yaitu rumput gajah, rumput Australia, rumput pait, dan rumput Manila.

4. Tanaman Obat

Tanaman obat adalah jenis tanaman hortikultura yang disebut dengan biofarmaka. Jenis tanaman tersebut mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan. Contohnya mampu menyembuhkan penyakit atau mampu mencegah supaya penyakit tidak muncul lagi. Sehingga jenis tanaman obat juga terkenal sebagai sebutan tanaman herbal.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja jenis tanaman hortikultura yang wajib kamu ketahui lengkap dengan klasifikasinya. Dengan mempelajari seluruh informasi tentang tanaman hortikultura menjadi lebih tahu apa saja daftar tanaman yang termasuk dalam hortikultura.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait