5 Daftar Perpustakaan Terkeren di Bandung

Bacaan Umum
Universitas123 | 19 November 2021
5 Daftar Perpustakaan Terkeren di Bandung

Mencari perpustakaan di Bandung artinya kamu membutuhkan tempat dimana kamu bisa menikmati membaca buku maupun mencari berbagai koleksi buku yang sudah lama. Perpustakaan juga merupakan lingkungan kondisi dimana kamu bisa mengerjakan tugas perkuliahan.

Bandung bukan hanya terkenal sebagai Kota Fashion. Menariknya, Bandung mempunyai perpustakaan nyaman dengan fasilitas yang telah diakui dunia.

Daftar Pilihan Perpustakaan di Bandung

Agar kamu tidak penasaran dengan apa saja pilihan perpustakaan yang ada di Kota Bandung dengan desain keren, berikut adalah informasi yang bisa kamu simak.

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung

Terkenal dengan sebutan DISPUSIP, perpustakaan umum tersebut berada di bawah pengelolaan Pemerintah Bandung. Letak perpustakaan ini ada pada jantung kota, yaitu Kecamatan Citarum, Kota Bandung.

Perpustakaan ini menyediakan hingga 7000 buku yang bisa kamu pinjam secara gratis apabila sudah mempunyai kartu anggota. Pada akhir tahun 2019, DISPUSIP meluncurkan aplikasi, yaitu e-pustaka dimana masyarakat Bandung bisa langsung pinjam buku elektronik dengan batas waktu peminjaman hanya 2 minggu tanpa harus datang ke perpustakaan. Artinya cara ini lebih praktis untuk meningkatkan akses perpustakaan.

2. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat

Sebutan perpustakaan ini adalah DISPUSIPDA yang berada di Jalan Kawaluyaan Indah III No.4 Soekarno Hatta, Bandung sekaligus menjadi perpustakaan sangat besar. Walaupun letaknya terbilang sedikit jauh dari pusat kota, koleksi bukunya lengkap karena mencapai ratusan ribu.

Perpustakaan tersebut mempunyai 4 lantai dan 4 ruang baca, terdiri dari 1 ruang baca anak, 1 ruang baca remaja, dan 2 ruang baca dewasa.

Sedangkan ruang di lantai atas merupakan Graha Pustaloka, yaitu tempat khusus pertemuan pada berbagai acara seminar. Bagian yang tidak kalah menariknya adalah terdapatnya koneksi wi-fi gratis.

3. Micro Library Bandung

Pilihan berikutnya untuk perpustakaan di Bandung adalah Micro Library Bandung, sebuah perpustakaan di Kota Bandung yang mempunyai desain unik, menggunakan 2000 ember seluruh Indonesia disusun menggunakan kode biner yang apabila diterjemahkan akan muncul kalimat "buku merupakan jendela dunia".

Perancang Micro Library Bandung adalah Florian Heinzelmann dan Daliana Suryawinata dari SHAU Archictecture&Urbanism. Perpustakaan ini mempunyai luas mencapai hingga 159,8 m persegi. Bangunan ini sekaligus berhasil menyabet  dua penghargaan sekaligus, yaitu Penghargaan Komunitas Arsitektur Dunia tahun 2016 dan Penghargaan Architizer A+ tahun 2017.

4. Perpustakaan Gasibu

Lapangan Gasibu bagi masyarakat Bandung merupakan tempat dimana mereka bisa berolahraga, akan tetapi tahukah kamu bahwa di sana juga terdapat sebuah perpustakaan?

Perpustakaan Gasibu mempunyai beberapa koleksi buku yang terbilang lengkap dengan pembagian pada masing-masing kategori buku, yaitu kategori anak-anak sampai remaja dan dewasa.

Selain buku, perpustakaan tersebut juga memiliki fasilitas komputer yang dapat kamu gunakan untuk berselancar di Internet. Selain itu, tersedia meja untuk mendukung para pengunjung yang harus membawa laptop pribadi. Selain itu, perpustakaan Gasibu juga mempunyai penyejuk ruangan sehingga membuatnya sebagai tempat terbaik dan nyaman untuk belajar.

5. Perpustakaan Asia Afrika

Kamu mungkin sudah merasa familiar dengan keberadaan Museum Konferensi Asia-Afrika. Apabila berkunjung ke lokasi tersebut, kamu juga wajib mampir ke perpustakaannya.

Di dalam perpustakaan tersebut, kamu bisa menemukan berbagai koleksi buku, termasuk dalam bidang sejarah, budaya politik, dan juga sosial tentang negara-negara Asia-Afrika. Selain itu ,terdapat pula koran, jurnal, maupun komik yang bisa meningkatkan pengetahuan tentang sejarah Asia-Afrika.

Penutup

Itulah informasi lengkap tentang daftar perpustakaan di Bandung yang sangat keren dan sudah terkenal di berbagai tempat. Bagi kamu yang sering akses perpustakaan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait