Universitas S2 Teknologi Pangan di Luar Negeri dan Prospek Kerja

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 October 2021
Universitas S2 Teknologi Pangan di Luar Negeri dan Prospek Kerja

Apakah kamu sedang merencanakan perkuliahan S2 teknologi pangan di luar negeri dan ingin mencari universitas terbaik? Jurusan teknologi pangan merupakan program studi berhubungan dengan bahan makanan. Kamu akan belajar banyak hal, termasuk sifat kimia ataupun sifat fisik bahan makanan dan mikrobiologis.

Jika ingin mengambil jurusan ini untuk tingkat pendidikan S2, kamu bisa memilih beberapa universitas terbaik pada bidang tersebut sebagaimana berikut:

  • London South Bank University – Inggris
  • University of Wyoming – Amerika Serikat
  • University of Otago – Selandia Baru
  • New York University – Amerika Serikat
  • Victoria University – Australia

Dengan menggunakan bekal kemampuan dan pengetahuan sebagai alumni teknologi pangan, kamu punya peran luar biasa. Banyak perusahaan besar membutuhkan kamu untuk mengisi pekerjaan pada bidang industri makanan.

Prospek Kerja Lulusan S2 Teknologi Pangan Luar Negeri

Apa saja prospek kerja yang akan kamu peroleh dengan menyelesaikan program jurusan teknologi pangan? Berikut adalah informasi yang wajib kamu tahu tentang pekerjaan setelah lulus jurusan tersebut:

1. Wirausahawan

Kamu bisa menjadi seorang pengusaha, tidak harus menguasai jurusan Ekonomi. Akan ada banyak hal yang kamu pelajari tentang teknologi pangan dan ilmu bermanfaat lainnya yaitu manajemen industri selama mengambil jurusan S2 teknologi pangan di luar negeri.

Selama kuliah, kamu akan menambah wawasan tentang pembuatan, pengemasan, juga pendistribusian produk. Dari materi tersebut, meskipun kamu bukan lulusan teknologi pangan, tapi kamu juga punya wawasan tentang mikro ekonomi. Sehingga, kamu sudah punya modal dasar menjadi pengusaha.

2. Bekerja Pada Lembaga Pemerintah

Pemerintah Indonesia punya banyak sektor yang membutuhkan lulusan teknologi pangan dengan riwayat pendidikan pascasarjana. Kamu bisa berperan penting dalam mengatasi masalah supply pangan nasional yaitu Kementerian Pertanian. Tugasnya yaitu mengurus semua bahan pangan nasional.

Atau, kamu juga bisa bekerja di BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Lingkungan kerja ini membutuhkan para ahli bidang teknologi pangan, dan terakhir adalah LIPI atau dikenal dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

3. Konsultan Pangan/Gizi Perusahaan

Bidang satu ini sangat berhubungan dengan jurusan ilmu dan teknologi pangan. Sebagai seorang konsultan, kamu harus mampu menyediakan konsultasi produk makanan.

Konsultasi yang harus kamu lakukan adalah terkait kualitas makanan buatan perusahaan tersebut, kandungan gizinya, keamanannya, dan lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga harus mampu menyajikan konsultasi produksi, pemasaran, juga jeli terhadap market trend tentang makanan.

4. Product Development

Setiap perusahaan pasti mempunyai bagian khusus untuk mengurusi produk. Hal tersebut juga penting untuk perusahaan industri makanan. Dengan ilmu yang telah kamu pelajari di bangku kuliah selama mengambil jurusan S2 teknologi pangan di luar negeri, maka kamu bisa mengisi posisi tersebut.

Sebagai product development, tugas kamu sangat penting. Tidak hanya punya tanggung jawab besar terkait mutu produk, kamu juga harus mampu menjaga sebuah resep rahasia dari produk tersebut. Itulah mengapa kamu pun dibayar mahal untuk pekerjaan ini.

5. Quality Control Food Industry

Quality control merupakan posisi pekerjaan yang sedang tren saat ini bagi lulusan teknik pangan. Berhubungan erat dengan produk makanan, quality control faktanya punya tugas pekerjaan berbeda dengan product development.

Product development lebih pada membuat sebuah produk yang baik. Sedangkan posisi pekerjaan quality control adalah memastikan aspek produksi dan menjamin mutu produk yang telah dihasilkan product development.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja universitas terbaik untuk kuliah jurusan teknologi pangan di luar negeri, terutama S2 dan bagaimana prospek pekerjaan yang akan kamu peroleh setelah lulus nanti. Prospek kerja di atas tentu bisa menjawab pertanyaan seputar mengapa harus mengambil jurusan tersebut.

Rantai produksi merupakan bagian penting dan semua itu dapat berjalan dengan adanya peran dari teknologi pangan. Sebagai jurusan dalam kelompok saintek atau lebih condong pada kesehatan, kamu bisa belajar teknik mengolah makanan secara baik dan benar, termasuk membuat makanan lebih sehat ataupun aman untuk dikonsumsi khalayak umum.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait