5 Departemen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB

Bacaan Umum
Universitas123 | 26 July 2021
5 Departemen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yang sering dikenal dengan sebutan FPIK ini nyatanya punya segudang prestasi yang diraih mahasiswanya. Dan boleh jadi inilah juga salah satu alasanmu mendaftar selain prospeknya yang cukup gemilang.

Namun, sudahkah menentukan departemen apa yang akan menjadi fokus perkuliahan? Meskipun belum mulai tahun ajaran baru, ada baiknya ketahui lebih dalam bidang mana yang kamu minati dari sekarang.

Supaya ada gambaran sekilas mengenai setiap departemen, berikut ini adalah informasi pentingnya. Simak baik-baik, ya.

Departemen Budidaya Perairan

Jika tertarik mengetahui tentang budidaya perikanan dari banyak sisi keilmuan, kamu bisa mengambil departemen ini. Tentu saja bukan hanya belajar soal perikanan dan tanaman laut dari sudut pandang tradisional.

Dalam proses pembelajaran nantinya menggunakan pendekatan teknologi, sains, dan manajemen yang berguna sekali di segala jenis perairan. Sehingga setelah lulus, kamu akan cukup menguasai bagaimana menyelesaikan permasalahan dengan lebih efektif tapi juga ramah lingkungan.

Bagaimana dengan kualitas departemen ini? Tidak usah diragukan lagi!

Kamu akan semakin berkembang bersama dosen-dosen berpengalaman yang sudah melakukan lebih dari 140 penelitian. Jadi, bisa dipastikan materi yang didapat selalu up to date dan sejalan dengan perkembangan di dunia Internasional.

Ketika jenjang S1, hanya ada satu prodi yang bisa dipilih jika berminat bergabung dengan departemen ini, yaitu Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya. Bahkan prodi ini sudah terakreditasi internasional oleh AUN-QA.

Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP)

Departemen ini mungkin menarik perhatianmu dari lingkupnya yang bisa dipastikan mempelajari tentang manajemen. Hanya saja materi perkuliahan akan lebih aplikatif dalam permasalahan perairan.

Bukan cuma soal ikan-perikanan, kamu juga akan memahami bagaimana mengelola ekosistem perairan itu sendiri. Mulai dari melakukan perencanaan hingga tindakan evaluasi yang mengadopsi konsep dasar manajemen.

Untuk menunjang eksekusi sebagai karir profesional, dalam proses belajar kamu juga akan dibekali dengan berbagai keilmuan. Diantaranya adalah tentang konservasi, ekologi, pengontrolan pencemaran, dinamika stok perikanan, bahkan ekowisata perairan.

Sama bagusnya dengan Departemen Budidaya Perairan, MSP juga berhasil meraih akreditasi internasional dari AUN-QA. Terlebih dengan sertifikasi ISO 9001 yang pernah didapat tahun 2015-2018, kualitasnya tentu tidak perlu dipertanyakan.

Asyiknya lagi, menjadi mahasiswa departemen ini kamu juga bisa berpartisipasi dalam Summer Course, lho!

Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP)

Senang menghasilkan sesuatu yang baru sekaligus ingin belajar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB? Siapa bilang mustahil! Keduanya sangat bisa didapatkan bila bergabung dengan departemen THP. Mengapa?

Di sinilah wadahnya jiwa inovatifmu tersalurkan, karena akan mendalami tentang pengembangan teknologi sekalian industri perikanannya. Menghasilkan produk-produk baru dalam bidang bioenergi dan bioteknologi sehingga bisa berguna secara langsung tanpa harus merusak ekosistem.

Belum lagi THP termasuk salah satu yang paling inovatif dalam hal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) hingga didanai oleh Kemenristek DIKTI. PKM mungkin masih asing di telingamu. Tapi sebetulnya ini adalah kompetisi untuk mahasiswa merealisasikan idenya menjadi produk bernilai guna yang belum pernah ada sebelumnya.

Partisipasi dalam Pekan Ilmiah Nasional pun juga bisa kamu coba setelah menjadi mahasiswa yang pastinya memacu dirimu lebih berkembang. 

Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Bila ingin lebih fokus mengembangkan potensi perikanan Indonesia, departemen ini jadi pilihan yang paling tepat. Menariknya lingkup belajarmu nanti justru lebih luas dan mendetail dari sekadar cara memanfaatkan hasil perikanan.

Seperti keilmuan dalam bidang teknik, arsitektur angkatan laut, biologi perikanan, meteorologi, pengolahan ikan, sampai tahap pemasaran semuanya akan dipelajari. Bisa dibilang pemahaman mahasiswa tergolong lebih komprehensif karena menilai semua aspek.

Untuk memastikan materi perkuliahan tetap terkini, kamu bisa cek sejumlah penelitian yang sudah dipublikasikan oleh dosen-dosen pengajar. Baik yang berskala nasional maupun internasional ternama. So, tak salah ya jika departemen ini juga sukses mencapai akreditasi A dari BAN-PT.

Jika kamu tahu Mustafa Abubakar, mantan Menteri BUMN Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, beliau adalah salah satu alumnusnya, lho.

Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan 

Terakhir yang juga tak kalah banyak peminat adalah Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK). Dari namanya saja sudah terlihat kalau fokus pembelajaran departemen ini cenderung mengarah ke persoalan sumberdaya laut. 

Tentunya bidang yang akan didalami sedikit berbeda daripada departemen-departemen sebelumnya. Yaitu meliputi hal-hal yang berkaitan dengan fenomena geologi kelautan, biologi, kimia, dan fisika.

Mahasiswa juga akan dikonsentrasikan untuk menguasai teknologi mengeksplorasi sumberdaya bawah laut. Dengan begitu mahasiswa pun siap mengaplikasikannya secara praktik ketika berkarir di banyak instansi. Seperti LIPI, BPPT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, LAPAN, dan masih banyak lagi.

Yakin masih belum tertarik mendaftar prodi ITK? Padahal jenjang sarjana prodi ini telah diakui secara internasional dari akreditasi Institute of Marine Engineering, Science & Technology (IMarEST).  

Nah, itulah 5 departemen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yang bisa kamu pilih setelah resmi menjadi mahasiswa. Perlu diingat pembagian tersebut masih terbagi lagi ke dalam beberapa prodi untuk seluruh strata. Oleh karenanya, gali informasi setiap prodi lebih lanjut untuk konsentrasi bidang kuliahmu, ya.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait