Di Masa Pandemi, Gunakan Aplikasi Ini untuk Belajar Online

Bacaan Umum
Universitas123 | 18 desember 2021

Kegiatan belajar-mengajar antara siswa dan guru biasanya dilakukan secara langsung di sekolah. Namun hal itu berubah ketika pandemi Covid-19 menyerang yang menyebabkan kegiatan memberi dan menimba ilmu ini terpaksa harus dilakukan di rumah.

Lantaran hal tersebut, baik guru maupun siswa dituntut harus bisa menyesuaikan diri dengan memanfaatkan media belajar online yang tersedia demi tetap berlangsungnya proses belajar-mengajar secara efektif.

Bagi kamu yang masih bingung harus menggunakan media atau aplikasi apa untuk belajar online, berikut informasinya untukmu.

Aplikasi Belajar Online Bagi Siswa

Beberapa aplikasi yang akan kami ulas di bawah ini, mungkin ada di antaranya sudah pernah kamu dengar atau bahkan gunakan. Namun jangan beranjak dulu, karena beberapa aplikasi yang lain mungkin belum kamu ketahui. Yuk, simak hingga akhir!

1. Quipper

Dilansir dari situs resminya, Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil. Dalam layanan Quipper School, kamu bisa bergabung untuk mendapatkan materi belajar secara gratis dan berbayar. Untuk mengakses layanan ini, kamu cukup mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store dan membuat akun.

2. Ruang Guru

Dikutip dari laman resminya, Ruangguru memiliki lebih dari 300 ribu pengajar yang siap memberikan materi pelajaran untuk anak SD, SMP, SMA dan SMK. Selain yang berbayar, kamu juga dapat mengakses layanan gratis di Ruangguru, seperti Roboguru dan Ruanguji.

3. Brainly Indonesia

Aplikasi pendidikan ini memungkinkan setiap orang untuk bertanya dan menjawab pertanyaan terkait pelajaran sekolah. Brainly Indonesia dapat digunakan secara gratis di Android ataupun iOS untuk jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Di aplikasi ini terdapat 25 kategori mata pelajaran yang bisa kamu akses.

Atau jika kamu tidak ingin atau kesulitan mengunduh aplikasinya di ponsel, kamu bisa mengaksesnya melalui website. Untuk menikmati layanannya, kamu bisa mendaftar secara gratis dengan menghubungkan alamat e-mail atau akun Facebook.

4. Sekolahmu

Sekolahmu berisi bermacam materi untuk jenjang PAUD hingga SMA dan SMK. Aplikasi belajar yang satu ini dapat diakses di website atau diunduh di Google Play Store dan App Store. Melalui aplikasi ini, kamu dapat menikmati paket belajar berbayar dan gratis. Di samping itu, tersedia juga fitur konsultasi gratis yang dihubungkan dengan aplikasi WhatsApp. Menarik, bukan?

5. Kelas Pintar

Kamu dapat menikmati layanan satu ini dengan mengakses website resminya. Tak kalah dengan aplikasi belajar online lainnya, Kelas Pintar juga menyediakan layanan gratis untuk belajar selain fitur berbayar. Kamu dapat menikmati beragam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan, seperti latihan soal, tanya jawab, belajar bareng guru pendamping hingga animasi pelajaran.

6. Kipin School 4.0

Aplikasi ini berisi pustaka pembelajaran lengkap dan sistem ujian yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Di dalamnya, tersedia beragam materi pelajaran seperti 2500+ Buku Pelajaran Sekolah (terbitan Kemdikbud), 1500+ Video Pendidikan, 25.000+ Soal Latihan Tryout dan 200+ Komik Literasi untuk seluruh tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang dapat kamu unduh.

Menariknya, aplikasi Kipin School 4.0 ini juga difasilitasi dengan fitur "Download & Go" yang memungkinkan konten data untuk diunduh sehingga kamu dapat menikmatinya secara offline atau tanpa perlu jaringan internet lagi.

Untuk menggunakan aplikasi belajar online satu ini, kamu dapat mengunduhnya di ponsel maupun komputer.

7. ICANDO

Aplikasi belajar online berikutnya adalah mitra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang cocok untuk anak berusia 0-6 tahun.

Mengutip dari situs resminya, ICANDO terdiri dari ahli kurikulum, tenaga pengajar serta para pemikir dan kreator kreatif yang berkolaborasi untuk menghasilkan pembelajaran berbasis digital terbaik. 

8. Media Belajar Online (MBO)

Guru dan siswa diharapkan bisa memeroleh media pembelajaran berupa video dan buku melalui aplikasi ini. Selain itu, pembelajaran secara daring (e-learning) juga didukung melalui aplikasi ini.

9. Meja Kita

Meja Kita merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh sekumpulan pelajar. Dalam situs resminya dijelaskan bahwa Meja Kita digunakan di 316 kota di seluruh Indonesia.

Di dalam aplikasi ini, terdapat fitur Berbagi Catatan, Diskusi PR, Tryout, UTBK, SBMPTN, Belajar Bersama dan Rumus. Di dalamnya juga berisi latihan soal beserta kunci jawaban. Di samping itu, ada juga beberapa materi belajar untuk anak SD hingga SMA / SMK dengan tema yang beragam.

10. Rumah Belajar

Untuk menikmati layanan di Rumah Belajar untuk siswa PAUD hingga SMA, kamu dapat mengaksesnya secara gratis. Rumah Belajar sendiri dibuat oleh pemerintah untuk mendukung kelancaran belajar online selama masa pandemi ini. 

Aplikasi Pembelajaran Online untuk Guru

Selain siswa, guru juga memerlukan media dan aplikasi tertentu untuk tetap terhubung dan dapat membagikan ilmunya kepada para siswa, khususnya di masa pandemi seperti sekarang.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan :

1. Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi pembelajaran daring berbasis web yang dibuat untuk memudahkan kegiatan pembelajaran antara pengajar dengan peserta didik tanpa harus bertatap muka secara langsung. Melalui aplikasi ini, guru dapat memantau tugas-tugas siswa yang dikumpulkan di sana serta memberikan nilai langsung. 

2. Edmodo

Aplikasi selanjutnya merupakan layanan berbasis pendidikan yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Aplikasi ini dapat digunakan oleh guru untuk berbagi konten materi, membagikan kuis, membagikan tugas serta mengelola komunikasi antara pengajar, siswa hingga menyampaikan laporan langsung kepada orang tua siswa. 

3. Zoom

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pembelajaran daring yang satu ini, bukan?

Zoom adalah aplikasi yang mendukung pembelajaran jarak jauh secara daring dengan penyampaian materi pelajaran oleh pengajar yang dapat tersampaikan kepada siswa, sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara dua arah dan siswa bisa langsung memberikan umpan balik terhadap materi yang disampaikan. Tersedia berbagai fitur canggih, salah satunya adalah screen record yang dapat merekam layar sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi ketinggalan materi.

 

Demikianlah informasi terkait aplikasi belajar online yang dapat kami bagikan untukmu setelah merangkum dari berbagai sumber. Untuk mendapatkan artikel informatif lainnya, kunjungi website Universitas123, ya.

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo