Fakultas di UNDIP Semarang, Mana Pilihanmu?

Bacaan Umum
Universitas123 | 18 August 2021
Fakultas di UNDIP Semarang, Mana Pilihanmu?

Fakultas di UNDIP Semarang cukup banyak, loh. Hal ini karena UNDIP atau Universitas Diponegoro termasuk ke dalam kampus negeri unggulan. Terbukti dari akreditasi yang berhasil didapatkan, yakni A. Selain itu, kampus negeri ini masuk peringkat ke-5 sebagai kampus terbaik.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu rasakan dengan kuliah di UNDIP adalah mencoba banyak jenis beasiswa. UNDIP Semarang menawarkan beasiswa, mulai dari Beasiswa Bank Indonesia, KJMU, Bidikmisi, PPA, sampai Beasiswa Alumni. Wajar saja jika banyak calon mahasiswa yang merasa tertarik untuk kuliah di sini.

Sekolah Pascasarjana

Program ini cocok untuk kamu yang ingin berkarier menjadi dosen, tenaga ahli, peneliti, dan konsultan. Kamu bisa memilih jurusan Ilmu Lingkungan, Epidemiologi, Sistem Informasi, dan Energi.

Sekolah Vokasi

Program sekolah vokasi adalah penggabungan dari Program Diploma. Ada banyak sekali pilihannya yang bisa kamu pilih, antara lain:

  • Sastra Inggris
  • Sastra&Bahasa Asing
  • Teknik Industri
  • Teknik Sipil
  • Teknik Kimia
  • Teknik Mesin
  • Teknik Elektro
  • Arsitektur
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Ilmu Ekonomi
  • Manajemen
  • Perpajakan
  • Akuntansi
  • Ilmu Administrasi
  • Ilmu Perpustakaan

Apa Saja Fakultas di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Universitas Diponegoro ternyata mempunyai banyak sekali fakultas dan jurusan menarik di dalamnya. Bagi kamu yang berencana ingin kuliah di sini, ada baiknya untuk melihat apakah ada jurusan atau tidaknya.

1. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Jika kamu mengincar kelas internasional untuk Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena kampus mempunyai jaringan dengan beberapa kampus di luar negeri. Kamu bisa memilih jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan Akuntansi.

2. Fakultas Peternakan dan Pertanian

Fakultas menarik yang bisa kamu temui di Universitas Diponegoro adalah Fakultas Peternakan dan Pertanian. Di sini, kamu bisa menemukan jurusan Agribisnis, Peternakan, Teknologi Pangan, dan Agroekoteknologi. Akreditasi yang didapat dari jurusan rata-rata A, loh. Hanya jurusan Agroekoteknologi saja yang akreditasinya B.

3. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Sebelumnya, jurusan Ilmu Kelautan di UNDIP masuk ke dalam Fakultas Peternakan. Namun, sekarang kamu bisa menemukan jurusan tersebut di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Selain itu, kamu bisa memilih jurusan lainnya, seperti Akuakultur, Sumberdaya Akuatik, Perikanan Tangkap, Teknologi Hasil Perikanan, dan Oseanografi.

4. Fakultas Hukum

Jika kamu tertarik dan ingin berkuliah di Fakultas Hukum, UNDIP Semarang menyediakan program studi tersebut. Ada banyak mata kuliah yang bisa kamu pelajari. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir karena jurusan Ilmu Hukum di kampus ini sudah terakreditasi A.

5. Fakultas Sains dan Matematika

Fakultas yang tidak kalah menariknya adalah Fakultas Sains dan Matematika. Di fakultas ini, kamu bisa menemukan jurusan Kimia, Matematika, Fisika, dan Biologi akreditasi A. Sementara jurusan Teknik Informatika dan Statistika akreditasinya B. Kamu juga bisa memilih jurusan Bioteknologi, lho.

6. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Bagi kamu yang tertarik kuliah di bidang bisnis atau politik, bisa memilih Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. UNDIP Semarang menyediakan jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi, Bisnis, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Politik. Hampir semua jurusan mendapatkan akreditasi A, loh.

7. Fakultas Kedokteran

Salah satu fakultas yang cukup banyak diincar di UNDIP Semarang adalah Fakultas Kedokteran. Di fakultas tersebut, kamu bisa menemukan jurusan Farmasi, Pendidikan Dokter, Gizi, Pendidikan Dokter Gigi, dan Ilmu Keperawatan.

8. Fakultas Psikologi

Kamu tertarik untuk bekerja sebagai psikiater? Jika iya, kamu bisa memilih Fakultas Psikologi. Dengan akreditasinya yang A, kamu bisa merasakan mata kuliah Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, sampai Psikologi Industri & Organisasi.

9. Fakultas Teknik

Fakultas ini mempunyai banyak jurusan bisa ditemui pada Fakultas Teknik. Kamu bisa memilih jurusan Teknik Geologi, Teknik Lingkungan, Teknik Geodesi, Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Kimia, sampai Teknik Mesin. Selain itu, kamu juga bisa menemukan jurusan Ilmu Komputer di fakultas ini.

10. Fakultas Kesehatan Masyarakat

Pernahkah kamu mendengar Fakultas Kesehatan Masyarakat? Lulusan fakultas ini bisa menjadi seorang peneliti, instansi pemerintah, konsultan, sampai entrepreneur. Mata kuliahnya berupa Ilmu Kependudukan, Kebijakan Kesehatan, Psikologi Kesehatan, Sosio-Antro Kesehatan, dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat.

11. Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya mempunyai beberapa jurusan yang menarik, Sebut saja jurusan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra & Bahasa Asing, Ilmu Perpustakaan, Sejarah, dan Antropologi.

Penutup

Melihat fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Diponegoro, apakah ada pilihanmu? Jika ada, kamu bisa segera mendaftarkan diri. Tak perlu takut dengan biaya yang mahal, karena kamu bisa mengincar beberapa beasiswanya.

Itulah fakultas fakultas yang ada di UNDIP Semarang yang menarik untuk dicoba. Apabila kamu membutuhkan informasi seputar dunia kuliah, jangan ragu bergabung dengan Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait