Fasilitas Terbaik Di Library Sunway University, Malaysia

Berita Universitas
Universitas123 | 04 July 2022
Fasilitas Terbaik Di Library Sunway University, Malaysia

Perpustakaan adalah salah satu fasilitas penting bagi setiap perguruan tinggi untuk mempermudah proses belajar mengajar para mahasiswa maupun dosen. Kuliah di luar negeri, kamu pasti menemukan perpustakaan kampus yang lengkap dengan koleksi buku terbaik dan menyediakan berbagai macam fasilitas. 

Kamu juga bisa menemukan Library Sunway University sebagai fasilitas yang bisa dirasakan oleh setiap mahasiswa di kampus tersebut. Sunday University adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang unggul di Malaysia dengan berbagai macam fasilitas terbaik dan kualitas pendidikan terjamin. 

Perpustakaan milik kampus Sunway adalah perpustakaan yang didasarkan pada konsep learning commons dan merupakan lingkungan kolaboratif untuk mendukung dan meningkatkan pembelajaran mahasiswa. Perpustakaan tersebut juga bisa membantu keunggulan akademik serta proses pembelajaran bagi para dosen. Dengan berbagai macam keunggulan tersebut ternyata perpustakaan milik Sunway University ini menyediakan berbagai macam layanan, sumber daya, serta keahlian bagi siswa yang tertarik untuk menulis, meneliti, maupun menggunakan teknologi agar bisa mencapai tujuan.

Library Sunway University terdiri dari tiga tingkat bangunan, dengan total luas lantai sekitar 72000 kaki persegi dan menyediakan 1300 kursi. Perpustakaan ini juga dilengkapi akan sumber daya dan berbagai macam koleksi cetak, audio visual, dan sumber daya elektronik. Para pengguna dapat mengakses sumber daya elektronik di dalam kampus bahkan dari jarak jauh melalui komputer dan perangkat seluler. 

Seperti yang kita tahu bahwa perpustakaan adalah salah satu bagian penting bagi para mahasiswa untuk bisa menyelesaikan proses pembelajaran. Ada beberapa siswa yang memilih untuk mencari buku di perpustakaan ketika mereka mendapatkan tugas dari dosen atau ketika melakukan penelitian. 

Peranan perpustakaan ini sangat besar, sehingga tempat tersebut dibuat nyaman bagi para penggunanya. Menariknya lagi, Ini perpustakaan milik Sunway University ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas terbaik yang dapat digunakan seperti berikut:

Collaborative Zones

Pertama ada collaborative zones atau zona kolaborasi terletak di lantai M dan lantai B1. Sana collaborative ini akan digunakan untuk tempat berdiskusi dan memiliki kaitannya dengan tugas khusus mahasiswa. Jadi para mahasiswa dapat menggunakannya untuk belajar bersama, namun perlu diingat, tidak boleh berisik agar tidak mengganggu kelompok belajar yang lain.

Pada zona kolaborasi ini juga tidak diperkenankan membawa makanan maupun minuman kecuali air putih. Hal tersebut diterapkan agar tidak ada sampah atau kotoran yang justru membuat zona kolaborasi ini menjadi kurang nyaman.

Silent Zone

Cukup unik, perpustakaan Sunway University ini memiliki fasilitas zona senyap. Jadi fasilitas warna senyap ini memang dikhususkan bagi para mahasiswa atau dosen yang tertarik untuk belajar sendiri tanpa gangguan orang lain. Keheningan di area ini harus tetap dijaga setiap saat dan tidak boleh ada percakapan yang diizinkan.

Bahkan perangkat seluler maupun komputer laptop juga harus dibuka menggunakan headphone. Zona senyap ini berada di tingkat basement dan mezzanine library. Pada lantai basement, para pengguna diperbolehkan untuk mendapatkan minuman dari mesin penjual secara otomatis yang disediakan. Namun perlu diketahui bahwa Dilarang makan di area tersebut dan minum dari vending machine hanya boleh dikonsumsi dalam area saja ya.

Group Project Pods

Apakah kamu termasuk salah satu mahasiswa yang tertarik  dengan Group Project Pods? Perpustakaan milik Sunway University ini menyediakan 11 Group Project Pods ada di level B1 dan terbuka untuk pemesanan para pengguna yang ingin berkolaborasi dalam proyek, membantu memberikan presentasi ke dalam grup, dan membutuhkan untuk melihat materi audio visual.

Untuk bisa membuat kelompok tersebut, harus ada minimal tiga orang hingga maksimal 10 orang dan harus memahami pedoman dan peraturan. Jadi untuk fasilitas yang satu ini juga tidak diizinkan ada makanan maupun minuman yang boleh dikonsumsi dalam Group Project Pods kecuali air. 

Instructional Lab

Selanjutnya ada instruksional laboratorium sebagai salah satu fasilitas di perpustakaan Sunway University. Jadi perpustakaan memiliki laboratorium instruksional dengan 40 PC dan dapat digunakan untuk mengadakan kelas keterampilan informasi serta mengadakan sesi orientasi pada staf dan mahasiswa. 

Bila tidak tersedia kelas atau sesi aktif, maka para pengguna library Sunway University ini dapat menggunakan PC di dalam lab. Namun, pemesanan akan dibatasi untuk staf. 

IT Facilities

Fasilitas yang dapat diandalkan dan dibutuhkan oleh mahasiswa maupun staf adalah fasilitas IT. Perpustakaan memiliki 18 PC di komputer Cluster 1 dan lokasinya ada di level G, sedangkan 56 PC ada di cluster 2 ada di level B1. Para pengguna dapat menggunakan pita tersebut untuk mengurusi email, mengerjakan tugas atau menjelajahi internet.

Selain itu pada lap instruksional, ada 40 PC yang dapat digunakan untuk kelas aktif. Bagi mahasiswa maupun staf yang membutuhkan printer kau malah tersedia pada setiap perangkat perpustakaan untuk mencetak sesuai dengan keperluan. 

Library Sunway University ini sebenarnya memberikan kepada para mahasiswa dan staf untuk proses belajar mengajar. Ada banyak fasilitas yang dapat digunakan, tetapi harus dipahami berbagai macam peraturannya. Dengan disiplin menjaga perpustakaan kesempatan untuk belajar dengan nyaman akan lebih mudah.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait