Please Wait
Logo

Fungsi Dari Keterangan Waktu Future Continuous Tense

Bacaan Umum
Universitas123 | 23 juni 2022

Future continuous tense merupakan sebuah kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa mendatang. Namun, keterangan waktunya sangat spesifik. Sehingga, dapat diketahui dengan jelasnya waktunya itu kapan.

Fungsi Future Continuous Tense

Kalimat seperti ini pasti pernah kamu buat atau mendengarnya, bukan? Selain itu, keterangan waktu dari kalimat ini pun memiliki fungsi. Sehingga informasi yang dapat kamu ketahui itu jelas. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut?

1. Menyatakan Kegiatan Terjadi Dengan Spesifik Waktu

Sebuah kalimat yang masuk dalam kategori ini adalah dengan menyatakan sebuah peristiwa yang ada di masa depan maupun akan datang dilengkapi dengan waktu yang spesifik. Contohnya seperti,

I'll pick you up tomorrow at 08.00 Am!

Artinya: aku jemput besok pukul 08.00 pagi!

2. Menunjukan Sebuah Peristiwa Yang Akan Terjadi Ketika Peristiwa Lain Terjadi

Hal ini berlangsung ketika ada sebuah kegiatan atau kejadian di masa mendatang berbarengan dengan kejadian lainnya yang terjadi. Untuk contohnya sendiri, seperti berikut ini!

I will be cooking when you come.

Artinya : Saya akan memasak, ketika Anda datang.

3. Untuk Mengajukan Pertanyaan Yang Dilontarkan Secara Formal Dan Sopan

Fungsi yang ketika adalah untuk menyampaikan niat kepada seseorang dengan sebuah pertanyaan yang sopan maupun formal. Untuk contohnya sendiri adalah sebagai berikut!

Would you like to hangout with me tonight?

Artinya: maukah kamu persgi denganku malam ini? 

Rumus Keterangan Waktu Dari Future Continuous Tense

Apabila kamu ingin membuat kalimat ini, maka kamu perlu memahami rumus dari future continuous ini. Selain itu, kalimat yang bisa kamu gunakan adalah kalimat interogatif, kalimat negatif, dan kalimat positif. Untuk lebih jelasnya yuk simak informasi berikut ini!

1. Rumus Kalimat Interogatif

Untuk membuat kalimat ini , maka cobalah untuk mengikuti rumus berikut ini!

Will + subjek + be + verb-ing

2. Rumus Kalimat Negatif

Subjek + will + be+not + verb-ing

3. Rumus Kalimat Positif

Subject+ will+ be+ verb- ing

Keterangan Waktu Yang Bisa Digunakan

Ada beberapa contoh keterangan waktu yang bisa digunakan untuk kalimat ini. Sehingga, keterangan waktunya pun pada masa mendatang jelas. Tidak menggantung, Adapun keterangan tersebut adalah sebagai berikut!

  • Tomorrow morning: besok pagi
  • At seven o’clock tonight : pada pukul tujuh malam ini
  • Next year on December : tahun depan pada bulan Desember

Selain memahami mengenai fungsi dari keterangan waktu future continuous tense ini. Kamu pun dapat belajar mengenai penggunaan waktu yang bisa digunakan dalam Kalimat jenis ini. Selain itu, terdapat rumus yang nantinya bisa kamu perhatikan ketika membuat kalimat future continuous. Sehingga, kamu akan lebih mudah membuatnya.

User Profile

Universitas123