Informasi Kuliah dan Akreditasi Jurusan di UNSWAGATI Cirebon

Bacaan Umum
Universitas123 | 31 December 2021
Informasi Kuliah dan Akreditasi Jurusan di UNSWAGATI Cirebon

UNSWAGATI Cirebon atau Universitas Swadaya Gunung Jati pada tahun 2019 berganti singkatan. Kamu bisa menyebutnya sebagai UGJ saat ini. Perguruan Tinggi Swasta tersebut berada di Kota Cirebon, Jawa Barat dengan tokoh penyebaran Agama Islam, Sunan Gunung Jati yang bermakam di Cirebon.

Universitas Swadaya Gunung Jati berdiri tahun 1961, merupakan upaya pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pembangunan sumber daya manusia melalui pelaksanaan pendidikan perguruan tinggi. Hal ini penting karena Cirebon membutuhkan banyak lulusan SMA yang selalu memilih Yogyakarta, Bandung, juga Jakarta untuk studi perguruan tinggi.

Pada tahun 1961, Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati pun berdiri, diprakarsai oleh masyarakat Cirebon. Dari sinilah, respon positif dari pemerintah pun muncul, termasuk dari sipil dan militer. Tanpa adanya ruang kuliah tetap, UGJ terus menyelenggarakan pendidikan hingga pada tahun 1967 berhasil mendapatkan kampus tetap dari bekas pembangunan SMA Garuda atau SMA Negeri 2 Cirebon.

Informasi Fakultas, Jurusan dan Akreditasi UGJ

Sampai tahun 2014, UGJ akhirnya mempunyai gedung baru di Kampus Utama UGJ, dengan total 10 kelas, gedung Tunas Gunung Jati (Kampus IV) mempunyai tiga lantai dengan total 6 kelas untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Ketika kamu ingin mendaftar kuliah di UNSWAGATI Cirebon, kamu bisa memperoleh informasi tentang fakultas, jurusan, dan akreditasi sebagaimana berikut:

1. Fakultas Hukum

Menyediakan Program studi Ilmu Hukum untuk jenjang pendidikan S1. Prodi tersebut telah terakreditasi dari BAN-PT dengan predikat A.

2. Fakultas Ekonomi

Menyediakan Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi untuk jenjang pendidikan S1. Prodi tersebut telah terakreditasi A dari BAN-PT. Sedangkan untuk Program Studi Akuntansi UGJ masih memperoleh predikat B dari BAN-PT.

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Program studi yang tersedia adalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jenjang pendidikan yang tersedia adalah S1. Prodi tersebut telah terakreditasi A menurut BAN-PT. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga untuk S1 telah terakreditasi A. Sedangkan program studi Pendidikan Matematika S1 masih terakreditasi B.

Ada juga program studi pendidikan Ekonomi S1 yang terakreditasi A. Jika kamu tertarik kuliah jurusan PGSD S1 di UGJ, kamu bisa menikmati pengalaman belajar pada prodi PGSD yang terakreditasi B dari BAN-PT.

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Program studi Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi adalah dua pilihan jurusan tersedia. Keduanya untuk jenjang pendidikan S1. Sedangkan untuk akreditasi, Program studi Administrasi Negara telah memperoleh predikat A dan program studi Ilmu Komunikasi memperoleh predikat B dari BAN-PT.

5. Fakultas Pertanian

Program studi Agroteknologi dan Agribisnis tersedia untuk mahasiswa S1. Kedua program jurusan tersebut telah terakreditasi A menurut BAN-PT pada tahun 2020.

6. Fakultas Teknik

Pada fakultas ini, kamu bisa memilih kuliah pada jurusan teknik sipil, teknik elektro, dan perencanaan wilayah dan kota. Seluruh jurusan tersebut tersedia pada jenjang pendidikan S1. Program studi teknik elektro, juga program studi perencanaan wilayah dan kota telah terakreditasi menurut BAN-PT. Sedangkan untuk teknik sipil masih terakreditasi B.

7. Fakultas Kedokteran

Program studi yang tersedia pada fakultas ini adalah Ilmu Pendidikan Dokter dan jurusan Profesi Dokter. Kedua Jurusannya untuk mahasiswa S1 dan telah memperoleh predikat B dari BAN-PT.

Sekolah Pascasarjana di UNSWAGATI Cirebon

Pada program studi Pascasarjana di UGJ, kamu bisa memilih jurusan studi Ilmu Hukum, Agronomi, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Administrasi Negara. Seluruh program sudah terakreditasi oleh BAN-PT. Program jurusan Ilmu Hukum dan Agronomi telah terakreditasi B, sedangkan program jurusan Bahasa Indonesia dan Ilmu Administrasi Negara telah terakreditasi A.

Itulah informasi lengkap tentang UGJ. Unswagati Cirebon mengembangkan nilai dan budaya-budaya dengan menjunjung tinggi standar moral, etika, sains, penelitian, dan profesi tertinggi serta membantu mengembangkan SDM secara optimal dalam lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat.

Keberadaan lembaga perguruan tinggi ini adalah untuk mengembangkan ilmu secara berkelanjutan untuk falsafah hidup. Selain itu, juga mengamalkan ilmu untuk kesejahteraan dan kepetningan umat manusia, tanpa adanya perbedaan suku bangsa dan agama.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait