Informasi Lengkap Mengenai Uang Kuliah Tunggal

Bacaan Umum
Universitas123 | 22 September 2021
Informasi Lengkap Mengenai Uang Kuliah Tunggal

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sebuah sistem pembayaran di perguruan tinggi. Penggunaan sistem pembayaran UKT ini sudah dimulai sejak  tahu 2013 slan dan sebenarnya merupakan bentuk penjabaran dari subsidi silang di dalam dunia pendidikan. Meskipun sudah diterapkan dalam waktu yang cukup lama,nyatanya masih banyak orang yang belum tahu tentang sistem pembayaran kuliah satu ini.

Nah, jika Anda sering merasa bingung mengenai pengertian, manfaat ataupun perbedaan antara UKT dan BKT, maka bisa menyimak penjelasan kami di artikel ini. Selaku penulis, tentu berharap semoga informasi berikut dapat menjawab kebingunganmu. Tunggu apa lagi, Yuk langsung simak secara seksama!

Pengertian Uang Kuliah Tunggal

Pada awal artikel ini, sudah dijelaskan  bahwa kepanjangan dari UKT ini adalah Uang Kuliah Tunggal dimana merupakan sebuah sistem pembayaran yang diberlakukan oleh setiap PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di seluruh wilayah Indonesia. Ketentuan penetapan UKT ini sudah diatur berdasarkan Peraturan Kementrian dan Kebudayaan Nomor  55 Tahun 2013 pasal 1 ayat 3 yang berbunyi “Setiap mahasiswa hanya membayar satu kompenen saja per semester”.

Dari pernyataan tesebut, sebagai seorang mahasiswa, Anda hanya perlu membayar Uang Kuliah Tunggal hanya sekali di setiap semester dan tentunya terbebas dari segala tuntutan pembayaran tagihan untuk keperluan lainnya. Perlu Anda ketahui juga, bawa UKT menganut sistem subsisdi silang yang berarti mahasiswa akan membayar biaya kuliah sesuai dengan kemampuan ekonominya. Dengan adanya sistem ini, diarapkan akan sangat membantu para mahasiswa yang mempunyai tingkat ekonomi rendah.

Apa Manfaat Sistem Pembayaran UKT Bagi Mahasiswa?

Perlu Anda ketahui, bahwa sistem pembayaran UKT ini tentu  berfungsi untuk memberikan subsidi silang yang berdasarkan pada kondisi ekonomi orang tua masing-masing mahasiswa. Artinya, sistem UKT ini mengacu kepada jumlah penghasilan orangtua masing-masing mahasiswa. Jadi dapat disimpulkan, semakin tinggi jumlah pendapatan orang tua, maka semakin tinggi pula jumlah nominal UKT yang harus dibayaarkan di setiap semesternya.

Namun hal ini akan sebaliknya, jika penghasilan orang tua mahasiswa rendah, maka akan mendapatkan nominal UKT yang rendah pula. Dengan adanya sistem pembayaran UKT ini, diharapkan akan memberikan dampak pemerataan untuk setpa mahasiswa dan dapat membantu bagi mahsiswa yang   berasal dari keluarga tidak mampun dan berkeingiann kuat untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Mengenai penentuan biaya kuliah, dapat dilakukan melakui beberapa cara. Pertama, setelah Anda diterima di sebuah PTN, maka akan diarahkan untuk mengisi formulir secara online untuk menentukan nominal UKT. Nah, ada beberapa hal yang sangat dipertimbangakan pada proses ini, antara lain: pendapatan orang tua, luas tanah, jumlah gaji dan tunjangan, bayak rumah, banya mobil, pengeluaran selama sebulan untuk emmenuhi kebutuhan hidup, biaya pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Hal tersebut dimaksudahkan agar pembagian nominal UKT merata, dalam artian tidak terdapat ketidak adilan bagi calon mahasiswa. Untuk UKT  ini sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu pertama UKT  berkeadilan maksudnya adalah biaya yang telah ditentukan setelah mengisi formulir dengan kategori besarnya yang berbeda-beda, untuk kategori yang paling kecil sebesar 500 ribu rupiah dan yang terbesar bisa mencapai puluhan juta.

Kategori yang kedua yaitu Uang kuliah Tunggal Penuh yang berarti biaya yang diberikan kepada calon mahasiswa yang tidak ingin mengisi formulir dapat memilih lansung UKT penuh, sehingga mendapatkan kategori paling besar. Untuk kategori ini, biasanya banya dipilih oleh anak orang kaya yang tidak ingin ribet.

Apa yang Membedakan Antara UKT dan BKT?

Banyak sekali yang mersa bingung ketika membedakan anatra sistem pebayaran UKT denan BKT, karena memang kedua istilah ini hampir mempunyai kesamaan yang signifikan. Untuk biaya Uang kuliah Tunggal sudha dijelaskan bahwa keseluruhan biaya operasional Perguruan Tinggi Negeri yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa di setiap semesternya.

Sedangkan untuk BKT yaitu sistem pembayaran kuliah yang haru dikeluarkan oleh mahasiswa tanpa dikurangi bantuan dana dari pemerintah. Dapat diambil kesimpulan bahwa Ukt adalah sebagian biaya BKT yang ditanggungkan kepada setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi keluarganya.

Adapun point penting yang harus Anda ketahui supa lebih mudah membedakannya. Pertama, biaya UKT dihitung berdasarkan kemampuan masing-masing orang tua mahasiswa. Sedangkan BKT dihitung berdasarkan program studi yang diambil oleh mahasiswa.

Kedua, sistem Uang kuliah Tunggal menerapkan sistem subsidi silang pemerintah dengan tujuan memberikan keringanan bagi mahasiswa yang berekonomi rendah atau tidak mampu sedangkan untuk BKT merupakan biaya keseluruhan kuliah yang tidak mendapatkan potongan apapun dari pemerintah.

Point ketiga, BKT hanya digunakan sebaga dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada masyarakat dan pemerintah, sedangkan penetapan UKT berdasarkan dengan memperhatikan nominal BKT masing-masing program studi.

Bagaimana Cara Menghitung Besaran UKT?

Nah, mungkin dari beberapa penjelasan di atas Anda sudah dapat memahami tentang  pengertian, manfaat, hingga perbedaannya dengan BKT. Setelah mengetahui itu smeua, wajib gai Anda mengetahui tentang bagaimana cara untuk menentukan besaran UKT.

Langkah pertama yaitu, Anda harus mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan surat tanah, slip gaji orang tua, jumlah tunjangan banyak mobil, dan beberapa hal lainnya. Sekedar saran, lampirkan semua hal itu secara jujur dan sesuai dengan keadaan yang Anda alami. Mengapa demikian? jika ketahuan memalsukan data, maka dapat dipastikan Anda akan mendapatkan sanksi berat. Paling parah, Anda akan mendapatkan jumlah UKT paling besar.

Penutup

Demikian, informasi mengenai Uang kuliah Tunggal. Intinya, jangan putus asa dan tetap semangat. Apabila ingin mendapatkan informasi lainnya, bisa cek di universitas123.com

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait